Detail Cantuman

Image of RANCANGAN PELATIHAN UNTUK MENINGKATKAN KEPEDULIAN TERHADAP PEMILIHAN KARIR PADA SISWA SMK : Rancangan Program Intervensi untuk Meningkatkan Kepedulian dalam Menghadapi Pilihan Karir Siswa kelas XI Jurusan Usaha Perjalanan Wisata di SMKN 1 Bandung Mengacu pada Konsep Kematangan Karir Super

 

RANCANGAN PELATIHAN UNTUK MENINGKATKAN KEPEDULIAN TERHADAP PEMILIHAN KARIR PADA SISWA SMK : Rancangan Program Intervensi untuk Meningkatkan Kepedulian dalam Menghadapi Pilihan Karir Siswa kelas XI Jurusan Usaha Perjalanan Wisata di SMKN 1 Bandung Mengacu pada Konsep Kematangan Karir Super


Marlita Andhika, R. 190420100011. Rancangan Pelatihan Untuk Meningkatkan Kepedulian
Terhadap Pemilihan Karir Pada Siswa SMK Jurusan Usaha ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001150700193370.15 Rah r/R.19.212Perpustakaan Pusat (REF.19,212)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    370.15 Rah r/R.19.212
    Penerbit Magister Psikologi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiv, 172 hlm. ; il. ; 29 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    370.15 Rah r
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Marlita Andhika, R. 190420100011. Rancangan Pelatihan Untuk Meningkatkan Kepedulian
    Terhadap Pemilihan Karir Pada Siswa SMK Jurusan Usaha Perjalanan Wisata.

    Saat ini dunia pariwisata di Indonesia mulai berkembang pesat, memunculkan altemati£
    jenis pekerjaan di bidang pariwisata. Hal itu tentu dapat memperluas lapangan pekerjaan pada
    bidang pariwisata. Tidak mengherankan jika banyak siswa lulusan SMP /MTs/SL TP melanjutkan ke
    jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan memilih jurusan/bidang keahlian Usaha
    Perjalanan Wisata, dengan harapan setelah lulus mereka dapat bekerja di bidang pariwisata.
    Adanya keinginan tersebut, tidak diiringi sikap mencari tahu lebih jauh terhadap jurusan/bidang
    keahlian yang ditekuninya saat ini.

    Sikap kurang peduli terhadap jurusan/bidang keahlian yang ditekuninya saat ini,
    menyebabkan ia tidak merniliki beragam informasi pekerjaan di dunia pariwisata, salah satunya
    pemandu wisata. Tugas pemandu wisata tidak sekedar menginformasikan obyek wisata namun
    juga harus memiliki keterampilan menyesuaikan perasaan dan mernimpin rombongan wisata yang
    didampinginya. Oleh karena itu sangat penting bagi seorang siswa SMK jurusan/bidang keahlian
    Usaha Perjalanan Wisata memiliki kepedulian terhadap jenis pekerjaan di dunia pariwisata.

    Dalam penelitian ini, peneliti merancang pelatihan berdasarkan salah satu bagian penting
    dari orientasi terhadap pilihan karir pada kematangan karir Super yaitu kepedulian. Hal itu
    dianggap sangat penting untuk 10 subyek penelitian agar mulai menyadari dan menelusuri
    beragam pekerjaan di dunia pariwisata agar mereka lebih siap menghadapi pilihan karirnya.

    Penyusunan rancangan pelatihan dilakukan dalam tiga tahap, yaitu (1) Tahap Persiapan,
    yang dimaksudkan untuk proses asesmen kebutuhan dan perancangan pelatihan kepedulian
    terhadap pemilihan karir, (2) Tahap Intervensi, yaitu pelaksanaan pelatihan, mulai dari pemberian
    alat ukur pre-test, pelaksanaan, dan post-test, (3) Tahap Akhir, yaitu pengolahan data hasil
    pelatihan.

    Rancangan penelitian dalam rancangan pelatihan kepedulian terhadap pemilihan karir ini
    adalah quasi experimental dengan menggunakan desain one group pre test - post test untuk melihat
    peningkatan kepedulian Siswa SMK jurusan/bidang Keahlian Usaha Perjalanan Wisata dalam
    menghadapi pilihan karir setelah mengikuti pelatihan kepedulian. Subjek dalam penelitian ini
    adalah 10 siswa SMK jurusan/bidang keahlian Usaha Perjalanan Wisata yang ingin bekerja sebagai
    pemandu wisata setelah lulus sekolah. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan kuesioner
    Kepedulian, terdiri dari 3 indikator yang mengacu pada kompetensi pemandu wisata: menambah
    wawasan, penyesuaian perasaan dan menerapkan sikap kepernimpinan serta panduan observasi
    selama pelaksanaan pelatihan.

    Pengujian statitistik terhadap pengukuran peningkatan kepedulian dilakukan dengan
    menggunakan Paired Sampel I-test. Untuk hasil pengukuran kepedulian diperoleh nilai p-ualue (two
    tailed) = 0,007 dan nilai koefalpha (a) = 0.05. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa nilai koefalpha >
    p-ualue, maka dapat disimpulkan bahwa rancangan pelatihan dapat meningkatan kepedulian siswa
    SMK dalam menghadapi pemilihan karimya, untuk kesepuluh subjek penelitian
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi