Detail Cantuman

Image of Perancangan Dan Uji Coba Pelatihan Peningkatan Regulasi gerak melalui Latihan Gerak Shadow : Studi Mengenai Perancangan Dan Uji Coba Pelatihan Peningkatan Regulasi gerak melalui Latihan Gerak Shadow Pada Anak Usia 9 Tahun Yang Mengalami Attention Deficit- Hyperactivity Disorder (ADHD)

 

Perancangan Dan Uji Coba Pelatihan Peningkatan Regulasi gerak melalui Latihan Gerak Shadow : Studi Mengenai Perancangan Dan Uji Coba Pelatihan Peningkatan Regulasi gerak melalui Latihan Gerak Shadow Pada Anak Usia 9 Tahun Yang Mengalami Attention Deficit- Hyperactivity Disorder (ADHD)


Saat anak memasuki sekolah maka diharapkan mereka sudah dapat
memfokuskan atensi, mengontrol diri, mampu mengatur diri dan mampu

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    0100115070010155.4 kar p/R.19.50Perpustakaan Pusat (REF.19.50)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    155.4 kar p/R.19.50
    Penerbit Magister Psikologi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiii, 136 hlm. ; il. ; 29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    155.4 kar p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Saat anak memasuki sekolah maka diharapkan mereka sudah dapat
    memfokuskan atensi, mengontrol diri, mampu mengatur diri dan mampu
    mengarahkan diri pada tujuan sehingga mereka dapat menyelesaikan tugas dan
    mampu menerima informasi atau materi yang disampaikan dengan baik oleh guru.
    Tuntuan tersebut sui it untuk dipenuhi oleh anak ADHD karena mereka memiliki
    kekurangmampuan untuk mengontrol dirinya dalam melakukan kegiatan sehingga
    tugas-tugas yang mereka lakukan menjadi tidak efektif. Pada akhimya output
    yang dihasilkan ialah anak menjadi tidak paham dengan apa yang disampaikan
    oleh guru atau tidak mampu menyelesaikan tugas. Kondisi ini mendorong peneliti
    untuk menyusun penangangan yang dapat membantu anak agar dapat memenuhi
    tuntutan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu modul latihan
    gerak "shadow" untuk meningkatkan kemampuan regulasi gerak pada anak usia 9
    Tahun yang mengalami Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).

    Modul latihan gerak shadow ini disusun secara sistematis dengan
    menggunakan metode psikoedukasi. Serangkaian aktivitas gerak dilakukan
    meniru gerakan pelatih secara perlahan selama 20 detik dan bertahap dimulai dari
    berjongkok hingga berdiri disertai gerakan, kemudian dilanjutkan secara perlahan
    kembali mengulang rangkaian gerak dari berdiri sampai berjongkok kembali .
    . Serangkaian aktivitas gerak ini dilakukan secara berulang sebanyak 2 set, dengan
    repetisi sebanyak 10 kali per set. Aktivitas ini diberikan secara berulang sebanyak
    8 kali dengan menggunakan umpan balik untuk menurunkan frekuensi gerak 'tidak
    terarah yang diukur pada saat belajar di kelas.

    Rancangan penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan
    desain Single Subject Research : A-B-A-B Reversal Designs. Pengukuran
    kemampuan regulasi gerak dilakukan dengan menggunakan panduan observasi.
    Subjek dalam penelitian ini adalah 1 anak yang berusia 9 tahun dan mengalami
    ADHD.

    Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan membaca hasil
    pengukuran di setiap fase yang ditampilkan dalam bentuk grafik. Hasil pengujian
    tersebut adalah pelatihan regulasi gerak melalui latihan gerak shadow yang telah
    dirancang dapat meningkatkan kemampuan regulasi gerak pada anak usia 9 Tahun
    yang mengalami Attention Deficit - Hyperactivity Disorder (ADHD).
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi