PENGARUH IDENTITAS MEREK DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (SURVEY PADA KONSUMEN KOPI MEREK GRANDE WHITE COFFEE (GWC) DAN LUWAK WHITE KOFFIE (LWK)
Industri kopi sachet di Indonesia makin kompetitif dan bervariasi. Saat ini PT.
Kapal Api Global menjadi market leader industri kopi sachet ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001150700241 658.81 Nug p/R.12.379 Perpustakaan Pusat (REF.12.379) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 658.81 Nug p/R.12.379Penerbit Magister Ekonomi Dan Bisnis : Bandung., 2015 Deskripsi Fisik -Bahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 658.81 Nug pTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab SYAFWAN NUGRAHA -
Industri kopi sachet di Indonesia makin kompetitif dan bervariasi. Saat ini PT.
Kapal Api Global menjadi market leader industri kopi sachet di Indonesia dengan
share sebesar 53.5%. Market share tersebut mulai tersaingi dengan adanya pesaing
baru yaitu PT.Java Prima Abadi yang memunculkan trend kopi baru yaitu trend
kopi sachet varian white dengan produknya yaitu Luwak White Koffie (L WK).
PT. Kapal Api Global merespon hal tersebut dengan membuat produk baru yaitu
Grande White Coffee (GWC). GWC berusaha menyaingi LWK dengan
memposisikan brand identity dan brand image yang lebih baik dibandingkan
dengan LWK. Tetapi kuatnya loyalitas konsumen LWK menyebabkan market
share GWC masih belum banyak berkembang.
Pene1itian ini menggunakan metode survey melalui kuisioner kepada konsumen
GWC dan LWK. Jumlah responden yang disurvey sebanyak 300 orang yang
terdiri dari 150 orang konsumen GWC dan 150 orang konsumen L WK. Hasil
penelitian dianalisis menggunakan structural equation modeling (SEM) me1alui
program Lisrel 8.72.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis deskriptif, secara
umum brand identity GWC lebih baik dibandingkan dengan L WK. Sedangkan
dari segi brand image dan customer loyalty, L WK lebih baik dibandingkan
dengan GWc. Berdasarkan analisis verifikatif brand identity GWC berpengaruh
sebesar 18.4% terhadap customer loyalty. Sedangkan brand image GWC
berpengaruh sebesar 54.3% terhadap customer loyalty. Berbeda dengan produk
LWK dimana, brand identity LWK berpengaruh sebesar 24.2% terhadap customer
loyalty sedangkan brand image L WK hanya berpengaruh sebesar 52.8% terhadap
customer loyalty.
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.