Detail Cantuman

Image of RANCANGAN PELATIHAN ?LITERACY DEVELOPMENT? Studi tentang Rancangan Pelatihan Literacy Development dalam Meningkatkan Pengetahuan Guru TK Mengenai dan Cara MengoptimasikannyaPerkembangan Membaca Anak Usia 4-6 Tahun

 

RANCANGAN PELATIHAN ?LITERACY DEVELOPMENT? Studi tentang Rancangan Pelatihan Literacy Development dalam Meningkatkan Pengetahuan Guru TK Mengenai dan Cara MengoptimasikannyaPerkembangan Membaca Anak Usia 4-6 Tahun


Eva Fauzah. L2H050517. Rancangan Pelatihan "Literacy Development".

Kemampuan membaca mempunyai peranan yang penting dalam

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001100700325372.6 Fau r/R.19.227Perpustakaan Pusat (REF.227)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    372.6 Fau r/R.19.227
    Penerbit Magister Psikologi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiv, 118 hlm. ; il. ; 29 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    372.6 Fau r
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Eva Fauzah. L2H050517. Rancangan Pelatihan "Literacy Development".

    Kemampuan membaca mempunyai peranan yang penting dalam
    kehidupan manusia. Membaca merupakan bekal bagi keberhasilan individu di
    sekolah dan dalam kehidupan selanjutnya kelak di masyarakat. Kemampuan
    membaea tidak muncul begitu saja pada diri seseorang, tetapi harus mengikuti
    suatu proses yang panjang dan melewati beberapa tahapan yang sifatnya
    kontinum, tahapan ini dinamakan literacy development atau perkembangan
    membaca (Tea le & Sulzby, 1986). Literacy development terjadi mulai dari anak
    usia TK (usia 4-6 tahun) sampai usia sekolah dasar dan sekolah lanjutan.
    Penelitian ini menitikberatkan pada perkembangan membaea anak usia 4-6 tahun,
    dimana pada usia ini anak dilatih untuk memiliki kemampuan serta keterampilan
    yang dibutuhkan untuk belajar membaca sehingga anak memiliki kesiapan untuk
    memasuki tahap pengenalan huruf, fonem dan kata.

    Mengingat pentingnya kemampuan membaca, tujuan dari penelitian ini
    adalah membuat suatu rancangan pelatihan "Literacy Development" yang akan
    diberikan kepada guru TK daJam meningkatkan pengetahuan guru TK mengenai
    perkembangan membaca anak usia 4-6 tahun dan eara mengoptimasikannya.
    Raneangan pelatihan ini kemudian diujicobakan dan dilakukan evaluasi terhadap
    proses belajar peserta yaitu dengan menggunakan kuesioner pengetahuan
    perkembangan membaea. Kuesioner ini diberikan kepada peserta sebelum dan
    setelah pelatihan, JaJu hasilnya dibandingkan. Evaluasi juga dilakukan terhadap
    reaksi peserta atas materi, eara penyampaian materi, alokasi waktu, alur pelatihan,
    tempat pelatihan dan setting ruangan pelatihan.

    Uji coba pelatihan ini diJakukan pada 10 orang guru TK yang sedang
    menjalani pendidikan SI di PGTK "X", berada di semster 2 dan 4, rentang usia
    antara 20-30 tahun dan memiliki pengalaman mengajar 2-5 tahun.

    Hasil dari perhitungan kuantitatif menyebutkan bahwa rancangan
    pelatihan literacy development berperan dalam meningkatkan pengetahuan peserta
    mengenai perkembangan membaca anak usia 4-6 tahun' dan cara
    mengoptimasikannya.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi