Detail Cantuman

Image of PENGALAMAN KOMUNIKASI KELUARGA ANAK PENGHAFAL AL-QUR?AN DI KAMPUNG MUHAJIRUN (Studi Fenomenologi Mengenai Komunikasi Keluarga pada Orang Tua dalam Mendidik Anak Penghafal Al-Qur?an di Kampung Muhajirun Negararatu, Kecamatan Natar, Lampung Selatan)

 

PENGALAMAN KOMUNIKASI KELUARGA ANAK PENGHAFAL AL-QUR?AN DI KAMPUNG MUHAJIRUN (Studi Fenomenologi Mengenai Komunikasi Keluarga pada Orang Tua dalam Mendidik Anak Penghafal Al-Qur?an di Kampung Muhajirun Negararatu, Kecamatan Natar, Lampung Selatan)


Thalitha Sacharissa Rosyidiani, 210120140015. Program Magister Ilmu
Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01003008034302.259 818 31 Tha p/R.21.210.1Perpustakaan Pusat (REF.21.210.1)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    302.259 818 31 Tha p/R.21.210.1
    Penerbit Magister Ilmu Komunikasi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xv, 184 hlm. ; il. ; 29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    302.259 818 31 Tha p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Thalitha Sacharissa Rosyidiani, 210120140015. Program Magister Ilmu
    Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini
    berjudul "Pengalaman Komunikasi Keluarga Anak Penghafal AI-Qur" an di
    Kampung Muhajirun, scbuah Studi Fenomenologi Mengenai Komunikasi
    Keluarga pada Orang Tua dalam Mendidik Anak Penghafal Al-Quran di
    Kampung Muhajirun" dengan pembimbing Dr. Hj. Nuryah Asri Sjafirah, M.Si,
    selaku ketua komisi pembimbing dan Dr. Uud Wahyudin, M.Si, selaku anggota
    komisi pembimbing

    Penelitian ini dimaksudkan untuk memahami motif orang tua dalam
    mendidik anak melalui pengalaman komunikasi keluarga yang menciptakan
    pemaknaan tentang mendidik anak penghafal AI-Qur'an. Pendekatan penelitian
    yang digunakan adalah kualitatif dengan metode fenomenologi. Data diperoleh
    dengan melakukan wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi
    kepada 8 narasumber.

    Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Motif orang tua dalam mendidik
    anak terdiri dari motif lingkungan, motif sosialisasi tahfidz, motif familiar tahfidz,
    dan motif latar belakang orang tua, 2) Pengalaman komunikasi keluarga pada
    orang tua dalam mendidik anak penghafal Al-Qur'an melibatkan unsur
    pengambilan keputusan, penanganan konflik, otoritas mendidik anak, pembagian
    peran, serta hambatan-hambatan dalam mendidik anak3)Makna mendidik anak
    terbentuk dari proses ekstemalisasi yang dialami orang tua dengan lingkungan
    Kampung Muhajirun. Orang tua secara subyektif mengadopsi nilai-nilai yang
    mereka peroleh dari hasil interaksi mereka dengan lingkungannya kemudian
    melegitimasi nilai-nilai tersebut sebagai realitas obyektif dan menurunkannya
    kepada anak-anak penghafal AI-Qur'an sebagai kenyataan yang harus dijalani.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi