Detail Cantuman

Image of Analisis Penentuan Prioritas Teknologi Spesifik Wilayah Prapanen Komoditas Nanas ( Studi kasus di Kecamatan Jalan Cagak Kabupaten Subang )

 

Analisis Penentuan Prioritas Teknologi Spesifik Wilayah Prapanen Komoditas Nanas ( Studi kasus di Kecamatan Jalan Cagak Kabupaten Subang )


ABSTRAK
ARDIANTO RUSDIN. Analisis Penentuan Prioritas Teknologi Spesifik Wilayah Prapanen Komoditas Nanas (Studi kasus di Kecamatan Jalancagak ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001070700003631.5 Rus aPerpustakaan Pusat (Ref 15.9)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    631.5 Rus a/R.15.9
    Penerbit Pascasarjana Unpad : .,
    Deskripsi Fisik
    xx,;133 hlm,;29.5 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    631.5
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK
    ARDIANTO RUSDIN. Analisis Penentuan Prioritas Teknologi Spesifik Wilayah Prapanen Komoditas Nanas (Studi kasus di Kecamatan Jalancagak Kabupaten Subang) dibawah bimbingan Prof Dr. Nurpilihan Bafdal, MSc sebagai Ketua Tim Pembimbing dan Dr. Ari Sufyandi, Ir.,Dipl.,Hydr., MT sebagai Anggota Tim Pembimbing.
    Penelitian ini hertujuan untuk (1) mengidentilikasi teknologi spesifik wilayah prapanen komoditas nanas yang diterapkan oleh petani (2) menganalisis pendapat petani mengenai kriteria teknologi spesifik wilayah prapanen komoditas mnanas yang menjadi prioritas berdasarkan kriteria ekonomi, teknis, sosial dan lingkungan (3) menganalisis pendapat petani mengenai komponen teknologi spesifik wilayah prapanen komoditas nanas yang menjadi prioritas berdasarkan kriteria ekonomi, teknis, sosial dan lingkungan. Penelitian ini dilakukan dengan
    metode survci (studi kasus). Pemilihan responden (sampel) dilakukan
    berdasarkan teknik two .stage cluster method (metode pengambilan sampel kelompok dua tahap). Dua desa dipilih dengan sengaja (purpose) sebagai desa dengan jumlah petani nanas terbanyak yaitu Desa Bunihayu dan Desa Cimanglid. Dari masing-masing desa dipilih petani secara acak (random sampling), 40 responden di Desa Bunihayu dan 32 responden di Desa Cimanglid. Data identifikasi teknologi spesifik wilayah prapanen yang diperoleh dianalisis secara deskriptif sedangkan data kriteria dan komponen teknologi yang menjadi prioritas di analisis dengan Proses ilirarki Analitik (AIIP).
    Hasil penelitian menunjukan teknologi spesifik wilayah prapanen yang yang ada di Desa Bunihayu dan Desa Cimanglid Kecamatan Jalancagak masih perlu diperbaiki dan ditingkatkan terutama masalah pengetahuan atau keteranpilan tentang (1) Pembibitan; (2) Pemupukan; dan (3) Pengendalian hama dan penyakit. Kriteria teknologi yang diprioritaskan petani di Desa Bunihayu dan Desa Cimanglid Kecamatan Jalancagak dalam penentuan teknologi spesifik wilayah prapanen komoditas nanas adalah kriteria teknis yang dapat meningkatkan produktivitas dan kriteria ekonomi yang dapat meningkatkan pendapatan. Dari enam komponen teknologi prapanen tiga komponen yang menjadi prioritas utama dalam penentuan prioritas teknologi spesifik wilayah prapanen komoditas nanas di Desa Bunihayu dan Desa Cimanglid Kecamatan Jalancagak berdasarkan kriteria ekonomi, teknis, sosial dan lingkungan adalah; (1) pengendalian hama penyakit yang ramah lingkungan (2) pemupukan yang secara ekonomi menguntungkan ; dan (3) pembibitan yang secara teknis bisa diterapkan.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi