Detail Cantuman

Image of Program Pelatihan Pengasuhan Bagi Ibu Yang Memiliki Anak Usia 7-9 Tahun Dengan Gangguan Pemusatan Perhatian Disertai Hiperaktivitas (GPPH)

 

Program Pelatihan Pengasuhan Bagi Ibu Yang Memiliki Anak Usia 7-9 Tahun Dengan Gangguan Pemusatan Perhatian Disertai Hiperaktivitas (GPPH)


M~fi~Yil N~~~JJia w~. 19P1~00799~5. Program Pelatihan re~g~~tlha.n Bagi Ibu yimg Me!11iJ!l Anak Usia 7 - 9 tahun dengan Gangguan Pemusatan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    0100110700068158.3 Nuz p/R.19.151Perpustakaan Pusat (REF.19.151)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    158.3 Nuz p/R.19.151
    Penerbit Magister Psikologi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xix, 178 hlm. ; il. ; 29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    158.3 Nuz p/R.19.151
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • M~fi~Yil N~~~JJia w~. 19P1~00799~5. Program Pelatihan re~g~~tlha.n Bagi Ibu yimg Me!11iJ!l Anak Usia 7 - 9 tahun dengan Gangguan Pemusatan Perhatian disertai Hiperaktivitas (GPPH).

    Saat anak mulai mengikuti pendidikan formal, tuntutan bagi anak menjadi lebih besar
    dibandingkan ketika mereka masih di prasekolah. Pada saat ini mulai banyak muncul keluhan­
    keluhan kesulitan pada anak terutama yang terkait dengan kesulitan belajar, seperti kesulitan
    mernbaca, menulis, berhitung, duduk diam di kelas, dan berkonsentrasi. Keluhan ini apabila
    menetap dalam jangka waktu yang cukup lama dan konsisten dalam berbagai setting, maka
    merupakan gambaran dari perilaku yang menunjukkan adanya gangguan pemusatan perhatian
    disertai hiperaktivitas (GPPH).

    Kurangnya pengetahuan orangtua mengenai keterbatasan anak GPPH membuat pola
    perilaku orangtua terhadap anak menjadi tidak tepat. Orang tua menjadi banyak mengontrol,
    kurang responsif terhadap pertanyaan anak, sering memerintah, tidak konsisten, memberikan
    hukuman sebagai metode pendisiplinan, dan hanya sedikit memberikan perhatian terhadap
    perilaku yang positif. Akibatnya gejala GPPH terus berlanjut dan berkembangnya berbagai
    komorbid. Oleh karena itu intervensi terhadap orangtua khususnya ibu, merupakan hal yang
    penting di dalam program intervensi awal untuk anak-anak GPPH.

    Cukup banyak program pelatihan pengasuhan yang teJah ditawarkan sebagai intervensi
    untuk menangani anak dengan GPPH dan kebanyakan menggunakan tehnik modifikasi perilaku.
    Peneliti tertarik untuk merancang suatu program pelatihan pengasuhan berdasarkan prinsip
    pendekatan "behaoioral parent training" dari Barkley dan melalui pendekatan modifikasi perilaku,
    yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman ibu dalam menangani permasalahan tingkah
    laku anak usia 7 - 9 tahun yang mengalami gangguan pemusatan perhatian disertai hiperaktivitas
    (GPPH).

    Penyusunan program pelatihan pengasuhan dilakukan dalam dua tahap, yaitu (1) Tahap
    Persiapan, yang dimaksudkan untuk proses asesmen kebutuhan dan perancangan program
    pelatihan pengasuhan, dan (2) Tahap Pengembangan, yaitu proses uji coba program pelatihan
    pengasuhan terhadap aspek penyusunan materi, metode yang digunakan, pemilihan lokasi dan
    p~n?,t?,an ruang;m latihan, pros~s ~v?,luasi, clan ?,W ukur penelitian. Dari hasil uji coba t~rs~\;>\l~
    kemudian dilakukan revisi terhadap program pelatihan pengasuhan.

    Rancangan penelitian daiam uji coba program pelatihan pengasuhan ini adalah' quasi
    experimental dengan menggunakan desain one group pre test - post test untuk melihat peningkatan

    . pemahaman ibu dalam menangani permasalahan tingkah laku anak usia 7 - 9 tahun yang
    mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian disertai Hiperaktivitas (GPPH) setelah mengikuti
    program pelatihan pengasuhan. Subjek dalam uji coba ini adalah 3 orang ibu yang mempunyai
    anak GPPH usia 7 - 9 tahun. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan kuesioner pengetahuan
    GPPH dan Manajemen Perilaku GPPH, dan panduan observasi demonstrasi pemahaman ibu
    menangani permasalahan tingkah laku anak GPPH.

    Pengujian statitistik terhadap pengukuran pengetahuan ibu dilakukan dengan
    menggunakan Wilcoxon signed-rank test, Untuk hasil pengukuran pengetahuan GPPH dan
    Manajemen Perilaku GPPH diperoleh nilai Z = -1.970 dan nilai t = 0.0245. Sedangkan untuk hasil
    pengukuran demonstrasi pengetahuan ibu menangani permasaJahan tingkah laku anak GPPH,
    diperoJeh nilai Z sebesar -2.023 dan nilai t adalah 0.0215. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa
    nilai ZOlltput > Ztabcl dan nilai T < 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa pelatihan pengasuhan
    berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman ibu dalam menangani permasalahan tingkah laku
    usia 7 - 9 tahun yang mengalami gangguan pemusatan perhatian disertai hiperaktivitas (GPPH)
    untuk ketiga subjek uji coba.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi