Program Pelatihan Pengasuhan Bagi Ibu Yang Memiliki Anak Usia 7-9 Tahun Dengan Gangguan Pemusatan Perhatian Disertai Hiperaktivitas (GPPH)
M~fi~Yil N~~~JJia w~. 19P1~00799~5. Program Pelatihan re~g~~tlha.n Bagi Ibu yimg Me!11iJ!l Anak Usia 7 - 9 tahun dengan Gangguan Pemusatan ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 0100110700068 158.3 Nuz p/R.19.151 Perpustakaan Pusat (REF.19.151) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 158.3 Nuz p/R.19.151Penerbit Magister Psikologi : Bandung., 2010 Deskripsi Fisik xix, 178 hlm. ; il. ; 29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 158.3 Nuz p/R.19.151Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Nuzullia WS, Mefisya -
M~fi~Yil N~~~JJia w~. 19P1~00799~5. Program Pelatihan re~g~~tlha.n Bagi Ibu yimg Me!11iJ!l Anak Usia 7 - 9 tahun dengan Gangguan Pemusatan Perhatian disertai Hiperaktivitas (GPPH).
Saat anak mulai mengikuti pendidikan formal, tuntutan bagi anak menjadi lebih besar
dibandingkan ketika mereka masih di prasekolah. Pada saat ini mulai banyak muncul keluhan
keluhan kesulitan pada anak terutama yang terkait dengan kesulitan belajar, seperti kesulitan
mernbaca, menulis, berhitung, duduk diam di kelas, dan berkonsentrasi. Keluhan ini apabila
menetap dalam jangka waktu yang cukup lama dan konsisten dalam berbagai setting, maka
merupakan gambaran dari perilaku yang menunjukkan adanya gangguan pemusatan perhatian
disertai hiperaktivitas (GPPH).
Kurangnya pengetahuan orangtua mengenai keterbatasan anak GPPH membuat pola
perilaku orangtua terhadap anak menjadi tidak tepat. Orang tua menjadi banyak mengontrol,
kurang responsif terhadap pertanyaan anak, sering memerintah, tidak konsisten, memberikan
hukuman sebagai metode pendisiplinan, dan hanya sedikit memberikan perhatian terhadap
perilaku yang positif. Akibatnya gejala GPPH terus berlanjut dan berkembangnya berbagai
komorbid. Oleh karena itu intervensi terhadap orangtua khususnya ibu, merupakan hal yang
penting di dalam program intervensi awal untuk anak-anak GPPH.
Cukup banyak program pelatihan pengasuhan yang teJah ditawarkan sebagai intervensi
untuk menangani anak dengan GPPH dan kebanyakan menggunakan tehnik modifikasi perilaku.
Peneliti tertarik untuk merancang suatu program pelatihan pengasuhan berdasarkan prinsip
pendekatan "behaoioral parent training" dari Barkley dan melalui pendekatan modifikasi perilaku,
yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman ibu dalam menangani permasalahan tingkah
laku anak usia 7 - 9 tahun yang mengalami gangguan pemusatan perhatian disertai hiperaktivitas
(GPPH).
Penyusunan program pelatihan pengasuhan dilakukan dalam dua tahap, yaitu (1) Tahap
Persiapan, yang dimaksudkan untuk proses asesmen kebutuhan dan perancangan program
pelatihan pengasuhan, dan (2) Tahap Pengembangan, yaitu proses uji coba program pelatihan
pengasuhan terhadap aspek penyusunan materi, metode yang digunakan, pemilihan lokasi dan
p~n?,t?,an ruang;m latihan, pros~s ~v?,luasi, clan ?,W ukur penelitian. Dari hasil uji coba t~rs~\;>\l~
kemudian dilakukan revisi terhadap program pelatihan pengasuhan.
Rancangan penelitian daiam uji coba program pelatihan pengasuhan ini adalah' quasi
experimental dengan menggunakan desain one group pre test - post test untuk melihat peningkatan
. pemahaman ibu dalam menangani permasalahan tingkah laku anak usia 7 - 9 tahun yang
mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian disertai Hiperaktivitas (GPPH) setelah mengikuti
program pelatihan pengasuhan. Subjek dalam uji coba ini adalah 3 orang ibu yang mempunyai
anak GPPH usia 7 - 9 tahun. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan kuesioner pengetahuan
GPPH dan Manajemen Perilaku GPPH, dan panduan observasi demonstrasi pemahaman ibu
menangani permasalahan tingkah laku anak GPPH.
Pengujian statitistik terhadap pengukuran pengetahuan ibu dilakukan dengan
menggunakan Wilcoxon signed-rank test, Untuk hasil pengukuran pengetahuan GPPH dan
Manajemen Perilaku GPPH diperoleh nilai Z = -1.970 dan nilai t = 0.0245. Sedangkan untuk hasil
pengukuran demonstrasi pengetahuan ibu menangani permasaJahan tingkah laku anak GPPH,
diperoJeh nilai Z sebesar -2.023 dan nilai t adalah 0.0215. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa
nilai ZOlltput > Ztabcl dan nilai T < 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa pelatihan pengasuhan
berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman ibu dalam menangani permasalahan tingkah laku
usia 7 - 9 tahun yang mengalami gangguan pemusatan perhatian disertai hiperaktivitas (GPPH)
untuk ketiga subjek uji coba. -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.