Pemberian Modul Pelatihan Kerjasama Orangtua Dan Guru Terhadap Peningkatan Pengetahuan Orangtua Dan Guru Untuk mengoptimalkan Perkembangan Sosial Anak Usia 4-6 Tahun
Modul pelatihan Kerjasama Orang Tua dan Guru merupakan program
sistematis dan terencana yang terdiri dari materi-materi untuk orang tua murid ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001100700077 155.42 wul p/R.19.78 Perpustakaan Pusat (REF.19.78) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 155.42 wul p/R.19.78Penerbit Magister Psikologi : Bandung., 2010 Deskripsi Fisik xii, 115 hlm. ; il. ; 29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 155.42 wul pTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Wulansari, Nira -
Modul pelatihan Kerjasama Orang Tua dan Guru merupakan program
sistematis dan terencana yang terdiri dari materi-materi untuk orang tua murid dan
guru TK mengenai pengetahuan dan cara-cara dalam menangani perilaku bermasalah
disiplin anak usia 4-6 tahun untuk mengoptimalkan perkembangan sosialnya.
"Merupakan bukti nyata . Ketika sekolah bekerjasama dengan keluarga dalam
mendidik anaknya dalam belajar dengan menggunakan pendekatan kelas yang
pdositif, dan secara aktif mendukung kemampuan dan kompetensi sosial, akan
membuat anak tidak hanya sukses di sekolah saja tetapi juga dalam seluruh aspek
kehidupannya ( Webster-Stratton&Reid (2000), dalam buku A New Generation of
Evidence: The Family Is Critical to Student Achievement).
Modul pelatihan ini untuk mengacu pada konsep kerjasama orang tua dan
guru dari Webster-Stratton&Reid (2000), yang terdiri dari 7 aspek yaitu (1)
Meningkatkan pengetahuan orang tua dan guru mengenai disiplin pada anak. (2)
Meningkatkan kerjasama antara rumah dan sekolah dalam mengenalkan anak
ketaatan pada aturan. (3) Memberikan perhatian dan penghargaan sosial pada anak.
(4) Membangun relasi yang positif dengan anak yang memiliki masalah perilaku. (5)
Mendukung kemampuan sosial anak di rumah, di kelas, di tempat bermain, dan di
tempat-tempat umum. (6) Meningkatkan kompetensi sosial dan kemampuan belajar
anak. (7) Menurunkan masalah perilaku anak.
Rancangan penelitian ini menggunakan metoda Pre-Eksperimental dengan
desain penelitian Single Group Pretest-Postest. Desain ini digunakan untuk
mengetahui apakah terdapat perbedaan yaitu peningkatan pengetahuan orang tua dan
guru dalam menangani perilaku bermasalah disiplin pada anak usia 4 - 6 tahun
sebelum dan setelah diberikannya modul pelatihan "Kerjasama Orang tua dan Guru".
Sampel penelitian ini adalah orang tua murid TK sebanyak 23 orang dan guru TK
sebanyak 3 orang yang ada di TK Kartika IX Seskoad. Data penelitian diperoleh
melalui Kuesioner Pengetahuan Kerjasama Orang Tua dan Guru yang diisi oleh orang
tua dan guru. Untuk mengolah data yang diperoleh yaitu dengan statistik deskriptif
dengan menggunakan Uji beda rata-rata data berpasangan.
Hasil penelitian dengan taraf kepercayaan 95% menunjukkan bahwa
pemberian modul pelatihan kerjasama orang tua dan guru dalam menangani perilaku
bermasalah disiplin anak usia 4-6 tahun berpengaruh terhadap meningkatnya
pengetahuan orang tua dan guru (P hit = 0,0003). Kesimpulan, dengan diberikan modul
pelatihan Kerjasama Orang Tua dan Guru berpengaruh terhadap peningkatan
pengetahuan orang tua dan guru dalam menangani perilaku bermasalah disiplin anak
usia 4-6 tahun di TK Kartika IX -1 Seskoad Bandung. Agar pelatihan ini lebih efektif,
diperlukan waktu pelatilian yang lebih lama, diberikan dengan metode simulasi agar
orang tua dan guru lebih menghayati permasalahan perilaku dan cara pemecahan
masalah yang dihadapinya. -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.