Detail Cantuman

Image of Pelatihan Mediated Learning Experience bagi calon guru TK agar mampu menerapkan dalam interaksi belajar mengajar :  studi tentang kemampuan mahasiswa PGPAUD UPI Angkatan 2009 menerapkan

 

Pelatihan Mediated Learning Experience bagi calon guru TK agar mampu menerapkan dalam interaksi belajar mengajar : studi tentang kemampuan mahasiswa PGPAUD UPI Angkatan 2009 menerapkan " Mediated Learning Experince " dalam PBM Siswa TK B ( usia 5-6 tahun )


Metode belajar rnelalui rnediasi (Mediated Learning Experience) rnerniliki
beberapa kelebihan, diantaranya yaitu rnarnpu menjadikan siswa ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001100700115371.3 Bud p/R.19.222Perpustakaan Pusat (REF.19.222)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    371.3 Bud p/R.19.222
    Penerbit Magister Psikologi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xvii, 109 hlm. ; ill. ; 29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    371.3 Bud p/R.19.222
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Metode belajar rnelalui rnediasi (Mediated Learning Experience) rnerniliki
    beberapa kelebihan, diantaranya yaitu rnarnpu menjadikan siswa rnerniliki
    pengendalian diri yang baik (self regulation), rnerniliki strategi dalam
    memecahkan rnasalah (strategi problem solving), dan representational thinking
    (Lidz, 2003). Pelatihan dalam penelitian ini bertujuan rnenjadikan calon guru TK
    mampu rnenerapkan metode Mediated Learning Experience dalam interaksi
    belajar rnengajar, karena dari hasil asesrnen diketahui rnahasiswa SI PGPAUD
    UPI angkatan 2009 dalarn perkuliahan belum pemah diberi rnetode rnengajar
    untuk rnenjalin interaksi berkualitas antara guru dan siswa. Selarna ini rnahasiswa
    ditekankan untuk trial and eror dalarn rnetode rnengajar dengan terjun langsung
    ke TK saat PLP.

    Pelatihan ini rnenggunakan rnetode Experiential Learning rnengacu pada
    konsep teori dan rnetode MLE (Mediated Learning Experience) dari Pnina Klein
    (1996) yang terdiri dari 5 aspek, yaitu Focusing-Intentionality and Reciprocity
    Mediation of meaning and excitement, Expanding and Going beyond the
    Immediate-Trancendence, Rewarding-Mediated feelings of competence,
    Regulation of Behavior-Helping the Child to Plan before Acting. Alat ukur yang
    digunakan Mediated Learning Experience Rating Scale yang dikernbangkan oleh
    Carol S. Lidz (2003). Analisis statistik rnenggunakan Mann-Whitney U. Pelatihan
    dilakukan 2 hari dengan rnenekankan aspek kernampuan peserta rnenerapkan
    metode MLE dalarn interaksi belajar rnengajar. Rancangan penelitian
    menggunakan randomized two-groups design, posttest only. Populasi penelitian
    mahasiswa PGPAUD UPI angkatan 2009 yang rnerniliki karakteristik, yaitu usia
    ] 8-21 tahun, bel urn menikah, Iulusan SLT A, belum rnerniliki pengalaman
    mengajar di TK, belurn rnenernpuh praktek PLP, belurn pemah mengikuti
    pelatihan yang berkaitan dengan profesi guru TK. Sampel penelitian 12 orang,
    terbagi dalarn kelornpok kontrol (KK) dan kelornpok eksperimen (KE), masing­
    masing 6 orang.

    Hasil penelitian: 1) Ada perbedaan kernarnpuan rnenerapkan rnetode MLE
    antara kelornpok kontrol (KK) dan kelornpok eksperirnen (KE), Exact [2*(1-
    tailed)] ~ taraf nyata (a= 0.05), rnaka Ho ditolak, dan dapat dikatakan ada
    pengaruh pelatihan terhadap kernarnpuan rnenerapkan rnetode MLE; 2) Mean 1 <
    Mean 2 , rnenunjukkan pelatihan MLE rnenjadikan calon guru TK lebih rnarnpu
    menerapkan rnetode MLE dalarn interaksi belajar rnengajar. Berdasarkan hasil
    penelitian disarankan kepada lernbaga pendidikan tinggi untuk rnemberikan
    pelatihan MLE bagi sernua rnahasiswa PGPAUD untuk mernbekali rnereka agar
    mampu rnengajar dengan rnetode yang lebih baik.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi