Pelatihan Mediated Learning Experience bagi calon guru TK agar mampu menerapkan dalam interaksi belajar mengajar : studi tentang kemampuan mahasiswa PGPAUD UPI Angkatan 2009 menerapkan " Mediated Learning Experince " dalam PBM Siswa TK B ( usia 5-6 tahun )
Metode belajar rnelalui rnediasi (Mediated Learning Experience) rnerniliki
beberapa kelebihan, diantaranya yaitu rnarnpu menjadikan siswa ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001100700115 371.3 Bud p/R.19.222 Perpustakaan Pusat (REF.19.222) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 371.3 Bud p/R.19.222Penerbit Magister Psikologi : Bandung., 2010 Deskripsi Fisik xvii, 109 hlm. ; ill. ; 29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 371.3 Bud p/R.19.222Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Budi, Mayrina, Eka, Prasetyo -
Metode belajar rnelalui rnediasi (Mediated Learning Experience) rnerniliki
beberapa kelebihan, diantaranya yaitu rnarnpu menjadikan siswa rnerniliki
pengendalian diri yang baik (self regulation), rnerniliki strategi dalam
memecahkan rnasalah (strategi problem solving), dan representational thinking
(Lidz, 2003). Pelatihan dalam penelitian ini bertujuan rnenjadikan calon guru TK
mampu rnenerapkan metode Mediated Learning Experience dalam interaksi
belajar rnengajar, karena dari hasil asesrnen diketahui rnahasiswa SI PGPAUD
UPI angkatan 2009 dalarn perkuliahan belum pemah diberi rnetode rnengajar
untuk rnenjalin interaksi berkualitas antara guru dan siswa. Selarna ini rnahasiswa
ditekankan untuk trial and eror dalarn rnetode rnengajar dengan terjun langsung
ke TK saat PLP.
Pelatihan ini rnenggunakan rnetode Experiential Learning rnengacu pada
konsep teori dan rnetode MLE (Mediated Learning Experience) dari Pnina Klein
(1996) yang terdiri dari 5 aspek, yaitu Focusing-Intentionality and Reciprocity
Mediation of meaning and excitement, Expanding and Going beyond the
Immediate-Trancendence, Rewarding-Mediated feelings of competence,
Regulation of Behavior-Helping the Child to Plan before Acting. Alat ukur yang
digunakan Mediated Learning Experience Rating Scale yang dikernbangkan oleh
Carol S. Lidz (2003). Analisis statistik rnenggunakan Mann-Whitney U. Pelatihan
dilakukan 2 hari dengan rnenekankan aspek kernampuan peserta rnenerapkan
metode MLE dalarn interaksi belajar rnengajar. Rancangan penelitian
menggunakan randomized two-groups design, posttest only. Populasi penelitian
mahasiswa PGPAUD UPI angkatan 2009 yang rnerniliki karakteristik, yaitu usia
] 8-21 tahun, bel urn menikah, Iulusan SLT A, belum rnerniliki pengalaman
mengajar di TK, belurn rnenernpuh praktek PLP, belurn pemah mengikuti
pelatihan yang berkaitan dengan profesi guru TK. Sampel penelitian 12 orang,
terbagi dalarn kelornpok kontrol (KK) dan kelornpok eksperimen (KE), masing
masing 6 orang.
Hasil penelitian: 1) Ada perbedaan kernarnpuan rnenerapkan rnetode MLE
antara kelornpok kontrol (KK) dan kelornpok eksperirnen (KE), Exact [2*(1-
tailed)] ~ taraf nyata (a= 0.05), rnaka Ho ditolak, dan dapat dikatakan ada
pengaruh pelatihan terhadap kernarnpuan rnenerapkan rnetode MLE; 2) Mean 1 <
Mean 2 , rnenunjukkan pelatihan MLE rnenjadikan calon guru TK lebih rnarnpu
menerapkan rnetode MLE dalarn interaksi belajar rnengajar. Berdasarkan hasil
penelitian disarankan kepada lernbaga pendidikan tinggi untuk rnemberikan
pelatihan MLE bagi sernua rnahasiswa PGPAUD untuk mernbekali rnereka agar
mampu rnengajar dengan rnetode yang lebih baik. -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.