Detail Cantuman

Image of Rancangan program untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menerapkan disiplin di kelas

 

Rancangan program untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menerapkan disiplin di kelas


Penelitian ini didasari oleh pentingnya peran guru dalam mengajarkan
perilaku yang sesuai dengan nilai dan aturan di sekolah. Guru merupakan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001100700274371.3 Mas r/R.11.223Perpustakaan Pusat (REF.223)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    371.3 Mas r/R.11.223
    Penerbit Magister Psikologi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xi, 146 hlm. ; il. ; 29 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    371.3 Mas r/R.11.223
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini didasari oleh pentingnya peran guru dalam mengajarkan
    perilaku yang sesuai dengan nilai dan aturan di sekolah. Guru merupakan figure
    otoritas bagi siswa di sekolah. Cara guru dalam memberi perlakuan dalam
    mengembangkan perilaku moral siswa disebut sebagai disiplin. Empat unsur yang
    ada dalam disiplin adalah adanya peraturan sebagai pedoman perilaku, konsistensi
    dalam peraturan tersebut, dan dalam cara yang digunakan untuk mengajarkan dan
    memaksakannya, hukuman untuk pelanggaran yang dilakukan, dan penghargaan
    untuk perilaku yang baik yang sejalan dengan peraturan yang berlaku (Kurtines,
    W. Dan E.B. Grelf, dalam Hurlock, 1995).

    Peneliti menggunakan konsep disiplin untuk melakukan analisa
    kebutuhan. Keterampilan guru dalam menerapkan disiplin terhadap siswa,
    ditunjukkan dengan cara yang tepat dalam menyampaikan aturan, alasan dan
    konsekuensinya serta konsistensi guru dalam menerapkan peraturan yang
    digunakan sebagai pedoman perilaku, dalam cara peraturan ini dipaksakan, dalam
    bentuk hukuman yang diberikan pada siswa yang tidak menaati aturan, dan dalam
    penghargaan bagi siswa yang menaati.. Metode yang digunakan dalam penelitian
    ini adalah metode deskriptif Pengukuran dilakukan melalui kuesioner yang
    diturunkan dari konsep disiplin, dan kemudian didalami melalui wawancara. Hasil
    penelitian berupa analisa statistik deskriptif untuk mengetahui gambaran
    keterampilan guru dalam menerapkan disiplin terhadap siswa. Dari hasil ini
    diketahui bahwa sebagian besar guru SAB cenderung kurang terampil dalam
    menerapkan disiplin yang ditandai oleh kurangnya konsistensi guru dalam
    menjalankan aturan dan sanksi yang telah disepakati bersama Kurang
    terampilnya guru dalam menerapkan disiplin ini disebabkan oleh terbatasnya
    pengetahuan guru mengenai tahap perkembangan siswa dan konsep disiplin yang
    efektif, serta tidak adanya kesepakatan bersama diantara para guru dalam aturan
    dan penerapan disiplin. Hal ini dapat menimbulkan kebingungan bagi siswa, dan
    menjadikan siswa tidak mendapatkan pengajaran disiplin yang
    berkesinambungan. Berdasarkan hasil ini, disusun suatu rancangan program yang
    bertujuan agar guru-guru lebih konsisten dan merniliki keseragaman dalam
    menerapkan disiplin terhadap siswa. Intervensi dirancang dengan menggunakan
    konsep adult learning dan ditujukan kepada seluruh guru dan staf sekolah.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi