Rancangan modul untuk meningkatkan pengetahuan ibu dalam mengoptimalkan kompetensi emosi anak usia 2-3 tahun
ABSTRAK
Eka Yulian Cahyo Sari. L2H050516. Rancangan Modul untuk Meningkatkan
Pengetahuan Ibu dalam Mengoptimalkan Kompetensi ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001110700003 155.42 Sar r/R.P.01 Perpustakaan Pusat (REF.P.01) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 115.422 Sar r/R.P.01Penerbit Program Pascasarjana Unpad : Bandung., 2011 Deskripsi Fisik xii,;98 hlm,;29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 115.422 Sar rTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Sari, Eka Yulian Cahyo -
ABSTRAK
Eka Yulian Cahyo Sari. L2H050516. Rancangan Modul untuk Meningkatkan
Pengetahuan Ibu dalam Mengoptimalkan Kompetensi Emosi Anak Usia 2-3 tahun.
Rancangan modul pelatihan ini dibuat berdasarkan kajian teoritis dari teori
Kompetensi Emosi dari Saarni (1999), kemudian dibandingkan dengan kondisi cara ibu
ibu yang mempunyai anak berusia 2-3 tahun di perumahan "X". Penyusunan modul
pelatihan ini berdasarkan data dari proses asesmen kebutuhan yang digali dari 4 orang ibu
yang mempunyai anak berusia 2-3 tahun, melalui teknik observasi, wawancara dan
pengisian kuesioner.
Dari hasil pengamatan terhadap ibu-ibu tersebut, tampak kurangnya pengetahuan
ibu mengenai bagaimana memberikan arahan pada anak agar anak menyadari
perasaannya sendiri dan mengenali perasaan orang lain, ibu juga kurang mengetahui
bagaimana mengajarkan agar anak mampu mengungkapkan keinginannya dan
bagaimana supaya anak memperoleh keinginannya ketika dihadapkan dengan situasi yang
mungkin memunculkan suatu reaksi emosi. Padahal hal ini sangat bennanfaat untuk anak
ketika ia menjalin hubungan dengan orang lain. Ketika anak dapat diterima di
lingkungan, maka timbul rasa percaya diri pada anak.
Perancangan modul pelatihan ini mengacu pada konsep keterampilan dasar
Kompetensi Emosi dari Saarni (1999), yang terdiri atas keterampilan menyadari
perasaannya sendiri, keterampilan mengenali dan membedakan emosi orang lain,
keterampilan mengungkapkan emosinya melalui kata-kata, dan keterampilan berempati
dengan kondisi orang lain. Adapun penyampaian materi pada rancangan modul pelatihan
ini menggunakan metode ceramah, diskusi, simulasi dan audiovisual. Tujuan
pembelajaran dalan rancangan modul ini lebih mengacu pada ranah kognitif para peserta.
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.