Detail Cantuman

Image of Rancangan program pelatihan peningkatan pemahaman guru TK mengenai pentingnya pengembangan kemampuan persepsi visual pada siswa TK

 

Rancangan program pelatihan peningkatan pemahaman guru TK mengenai pentingnya pengembangan kemampuan persepsi visual pada siswa TK


Berbagai macam penelitian yang dilakukan sekitar tahun 1950-1980an di
Amerika Serikat mengungkapkan bahwa kemampuan persepsi visual merupakan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001110700010370.71 Okt r/R,19.221Perpustakaan Pusat (REF.19.221)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    370.71 Okt r/R,19.221
    Penerbit Magister Psikologi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiv, 101 hlm. ; il. ; 29 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    370.71 Okt r/R,19.221
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Berbagai macam penelitian yang dilakukan sekitar tahun 1950-1980an di
    Amerika Serikat mengungkapkan bahwa kemampuan persepsi visual merupakan
    salah satu faktor terpenting yang harns dipersiapkan sebelum anak dilatih belajar
    membaca sesuai dengan tahapan perkembangan membaca. Berdasarkan
    pengamatan terlihat bahwa guru TK "X" belum memahami pentingnya
    pengembangan kemampuan persepsi visual sebagai salah satu kemampuan dasar
    yang harns dikembangkan pada anak usia 4-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk
    membuat rancangan pelatihan untuk meningkatkan pemahaman guru TK
    mengenai pentingnya pengembangan kemampuan persepsi visual pada siswanya
    usia 4-6 tabun.

    Rancangan pelatihan ini kemudian diuji cobakan dan dilakukan evaluasi
    terhadap proses belajar peserta yaitu dengan menggunakan kuesioner pengetahuan
    kemampuan persepsi visual. Untuk melihat pengarnh dari rancangan pelatihan,
    kuesioner diberikan kepada peserta sebanyak 3 kali yaitu 1 kali sebelum dan 2
    kali setelab pelatihan, lalu hasilnya dibandingkan. Uji coba pelatihan ini dilakukan
    pada 6 orang guru TK "X", memiliki latar belakang pendidikan minimal D 1
    PGTK, rentang usia antara 24-40 tahun dan memiliki pengalaman mengajar 2

    tahun. - . - - .

    Hasil uji statistik menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara
    pemahaman subjek penelitian sebelum dan sesudah diberikan pelatihan (dengan
    taraf signifikasi 95%). Rancangan pelatihan kemampuan persepsi visual berperan
    dalam meningkatkan pemahaman peserta akan pentingnya pengembangan
    kemampuan persepsi visual pada siswa TK (usia 4-6 tahun).
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi