Rancangan program pelatihan peningkatan pemahaman guru TK mengenai pentingnya pengembangan kemampuan persepsi visual pada siswa TK
Berbagai macam penelitian yang dilakukan sekitar tahun 1950-1980an di
Amerika Serikat mengungkapkan bahwa kemampuan persepsi visual merupakan ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001110700010 370.71 Okt r/R,19.221 Perpustakaan Pusat (REF.19.221) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 370.71 Okt r/R,19.221Penerbit Magister Psikologi : Bandung., 2011 Deskripsi Fisik xiv, 101 hlm. ; il. ; 29 cm.Bahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 370.71 Okt r/R,19.221Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Oktoga, Adimia Rila -
Berbagai macam penelitian yang dilakukan sekitar tahun 1950-1980an di
Amerika Serikat mengungkapkan bahwa kemampuan persepsi visual merupakan
salah satu faktor terpenting yang harns dipersiapkan sebelum anak dilatih belajar
membaca sesuai dengan tahapan perkembangan membaca. Berdasarkan
pengamatan terlihat bahwa guru TK "X" belum memahami pentingnya
pengembangan kemampuan persepsi visual sebagai salah satu kemampuan dasar
yang harns dikembangkan pada anak usia 4-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk
membuat rancangan pelatihan untuk meningkatkan pemahaman guru TK
mengenai pentingnya pengembangan kemampuan persepsi visual pada siswanya
usia 4-6 tabun.
Rancangan pelatihan ini kemudian diuji cobakan dan dilakukan evaluasi
terhadap proses belajar peserta yaitu dengan menggunakan kuesioner pengetahuan
kemampuan persepsi visual. Untuk melihat pengarnh dari rancangan pelatihan,
kuesioner diberikan kepada peserta sebanyak 3 kali yaitu 1 kali sebelum dan 2
kali setelab pelatihan, lalu hasilnya dibandingkan. Uji coba pelatihan ini dilakukan
pada 6 orang guru TK "X", memiliki latar belakang pendidikan minimal D 1
PGTK, rentang usia antara 24-40 tahun dan memiliki pengalaman mengajar 2
tahun. - . - - .
Hasil uji statistik menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara
pemahaman subjek penelitian sebelum dan sesudah diberikan pelatihan (dengan
taraf signifikasi 95%). Rancangan pelatihan kemampuan persepsi visual berperan
dalam meningkatkan pemahaman peserta akan pentingnya pengembangan
kemampuan persepsi visual pada siswa TK (usia 4-6 tahun). -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.