Detail Cantuman

Image of Pengaruh persepsi gaya kepemimpinan terhadap kualitas pelayanan

 

Pengaruh persepsi gaya kepemimpinan terhadap kualitas pelayanan


Yogya Riau Junction adalah perusahaan yang bergerak dalam bisnis retail
yang merupakan salah satu cabang PT Akur Pratama. Dalam ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001110700154158.7 Man p/R.19.174Perpustakaan Pusat (REF.19.174)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    158.7 Man p/R.19.174
    Penerbit Magister Psikologi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xvi, 132 hlm. ; ill. ; 29 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    158.7 Man p/R.19.174
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Yogya Riau Junction adalah perusahaan yang bergerak dalam bisnis retail
    yang merupakan salah satu cabang PT Akur Pratama. Dalam perkembangannya,
    Yogya Riau Junction selalu mengutamakan kepuasan pelanggan yang dapat
    menguntungkan perusahaan. Kepuasan pelanggan dapat diperoleh dari berbagai
    macam faktor; faktor yang berhubungan dengan produk (kualitas produk, harga
    produk, bentuk produk, dan keandalan) dan pelayanan (jaminan dan respon
    pemecahan masalah). Salah satu hal penting yang menjadi pembeda dan perlu
    diperhatikan dalam dunia bisnis adalah pelayanan. Pelayanan yang diharapkan
    adalah pelayanan yang berkualitas yang terutama diberikan oleh service crew
    sebagai karyawan Yogya Riau Junction yang langsung memberikan pelayanan
    kepada para konsumen. Tampilan kerja mereka dipengaruhi oleh berbagai macam
    faktor salah satunya supervisor. Gaya kepemimpinan yang berbeda dari supervisor
    dapat mempengaruhi service crew dalam bekerja. Hal ini membuat peneliti
    tertarik untuk melihat apakah terdapat pengaruh persepsi gaya kepemimpinan
    terhadap kualitas pelayanan yang diberikan service crew di Toko Yogya Riau
    Junction.

    Subjek penelitian ini adalah service crew Y ogya Riau Junction yang
    berjumlah 42 orang dengan pendidikan minimal SMA dan telah bekerja minimal 3
    bulan di Yogya Riau Junction. Variabel bebas penelitian ini adalah Gaya
    Kepemimpinan supervisor yang dipersepsi oleh service crew dengan empat
    kombinasi dua dimensi gaya kepemimpinan yaitu consideration rendah dan
    initiating structure tinggi (Kl), consideration tinggi dan initiating structure tinggi
    (K2), consideration tinggi dan initiating structure rendah (K3), consideration
    rendah dan initiating structure rendah (K4). Sedangkan variabel terikatnya adalah
    Kualitas Pelayanan yang terdiri dari tangible, empathy, responsiveness, reliability,
    dan assurance.

    Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi diperoleh hasil bahwa
    gaya kepemimpinan consideration tinggi dan initiating structure tinggi (K2)
    memiliki hubungan yang signifikan terhadap kualitas pelayanan sebesar 0,76
    dengan kontribusi sebesar 57,2%. Gaya kepemimpinan yang dianggap sering
    muncul adalah consideration dan initiating structure tinggi (K2) dan
    consideration dan initiating structure rendah (K4). Kualitas pelayanan dimensi
    tangible dan empathy berpusat pada kategori kurang sesuai dan cukup sesuai
    sedangkan responsiveness, reliability, dan assurance sebagian besar berada pada
    kategori cukup sesuai dengan standard perusahaan. Dari hasil penelitian dirancang
    program intervensi untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Toko Yogya Riau
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi