Detail Cantuman

Image of Uji efektifitas dan evaluasi modul pelatihan

 

Uji efektifitas dan evaluasi modul pelatihan "literacy development" terhadap peningkatan pengetahuan orang tua dari anak usia 4-6 tahun di TK negeri pembina sumedang


Effiana Dwi Rusmana. 190420070018. Uji Efektivitas dan Evaluasi Pelatihan "Literacy Development"
Terbadap Peningkatan Pengetabuan Orang Tua ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001110700188155.646 rus u/R.19.114Perpustakaan Pusat (REF.114)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    155.646 rus u/R.19.114
    Penerbit Magister Psikologi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiii, 149 hlm. ; il. ; 29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    155.646 rus u
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Effiana Dwi Rusmana. 190420070018. Uji Efektivitas dan Evaluasi Pelatihan "Literacy Development"
    Terbadap Peningkatan Pengetabuan Orang Tua Dari Anak Usia 4 - 6 Tabun di TK Negeri Pembina
    Sumedang.

    Penelitian ini dilaksanakan berawal dari penelitian yang telah dilaksanakan sebelumnya dan modul
    yang telah disusun oleh Eva Fauzah mengenai Rancangan Pelatihan Literacy Development Dalam
    Meningkatkan Pengetahuan Guru TK mengenai Perkembangan Membaca Anak Usia 4 - 6 Tahun. Aspek
    membaca biasanya mulai dilatih secara intensif oleh guru ketika anak mulai memasuki sekolah, oleh karena
    itu penting bagi guru TK untuk memiliki pengetahuan mengenai perkembangan membaca anak. Orang tua
    yang juga sebagai faktor lingkungan, memiliki peran penting untuk membangun landasan dalam
    perkembangan membaca anak. Penting bagi orang tua memiliki pengetahuan mengenai literacy development,
    sehingga mereka bisa menciptakan lingkungan keluarga yang mendukung perkembangan awal kemampuan
    membaca anak dan memberikan proses pembelajaran baca yang sesuai pada anak.

    Berdasarkan basil asesmen awal terhadap para orang tua anak usia 4 - 6 tahun, diperoleh data yang
    sejalan dengan asesmen awal dalam penelitian Eva Fauzah. Para orang tua tidak mengetahui apa itu
    perkembangan membaca; orang tua memiliki pengetahuan terbatas tentang ciri anak siap dilatih membaca
    terbatas pada keterakian anak untuk melihat hump dan buku serta sudah lancar dalam berbicara; orang tua
    tidak tabu pasti kapan anak sudah bisa dikenalkan dengan aktivitas membaca; anak usia 4 - 5 tahun
    ditargetkan sudah hapal humf dan bisa menggabungkan 2 suku kata, dan anak usia 5 - 6 tahun hams sudah
    lancar dalam membaca; pengajaran yang dilakukan oleh orang tua untuk mengembangkan kemampuan
    membaca anak dilakukan secara monoton tanpa melibatkan indra anak secara aktif. Berdasarkan keselarasan
    basil asesmen tersebut dan pentingnya orang tua memiliki pengetahuan mengenai literacy development, maka
    peneliti tertarik untuk memberikan pelatihan literacy development menggunakan modul yang telah disusun
    oJeh Eva Fauzah.

    Penelitian ini menggunakan desain single group pretest - posttest untuk melihat peningkatan
    pengetahuan orang tua mengenai perkembangan membaca anak usia 4 - 6 tahun. Subjek dalam penelitian ini
    adalah 12 orang tua anak usia 4 - 6 tahun. Hasil uji statistik menyatakan bahwa telah terjadi peningkatan
    pengetahuan mengenai perkembangan membaca subyek secara signifikan setelah mengikuti pelatihan.

    Keberhasilan dari proses belajar dalam situasi pelatihan difasilitasi oleh beberapa bagian spesifik dari
    suatu program (Wills, 1993). Bagian spesifik dari program yang dimaksud dalam pelatihan ini adalah aspek
    content dan delivery process dalam pelatihan literacy development. Terdapat 6 materi dari aspek content
    dalam pelatihan yang 4 diantaranya sangat direkomendasikan untuk dipertahankan tanpa perlu melakukan
    perbaikan pada contentnya, yaitu pada materi mengenai karakteristik anak usia 4 - 6 tahun, tahap
    perkembangan membaca, ciri-ciri anak siap dilatih membaca, serta mengenalkan humf, fonem, dan kata. Satu
    materi yang direkomendasikan untuk dipertahankan yaitu mengenai melatih kesiapan membaca anak. Dan
    satu materi yang cukup di rekomendasikan untuk di pertahankan dan diperbaiki karena materinya terlihat
    masih terlalu sulit untuk difaharni subjek yaitu materi mengenai pengertian dan proses membaca. Menurut
    sebagian besar peserta , aspek delivery process pada tahapan pengecekan sebelum sesi dimulai, kedatangan
    peserta, pengenalan sesi latihan, pertengahan sesi, dan penutupan sesi pelatihan sudah dilakukan dengan baik.
    Dari hasil uji statistik yang dilakukan ditemukan bahwa aspek content memiliki pengaruh yang paling tinggi
    bila dibandingkan dengan aspek delivery process terhadap peningkatan pengetahuan peserta mengenai
    literacy development, yaitu content 54,4%, delivery process 14,2%, dan sisanya sebesar 31,4% dari faktor­
    faktor lain yang tidak diteliti. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa program pelatihan literacy
    development ini efektif dalam meningkatkan pengetahuan orang tua mengenai perkembangan membaca anak
    usia 4 - 6 tahun.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi