Detail Cantuman

Image of Model Realized Volatility Untuk seleksi Saham Pada Jakarta Islamic Index Di Indonesia

 

Model Realized Volatility Untuk seleksi Saham Pada Jakarta Islamic Index Di Indonesia


ABSTRAK

Kondisi pasar modal di Indonesia berkembang pesat sejak krisis ekonomi 1998, sehingga menimbulkan banyak perubahan baik ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001110100223332.6 Gin m/R.12.20Perpustakaan Pusat (REF.12.20)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    332.6 Gin m/R.12.20
    Penerbit Program Pascasarjana Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xi,;213 hlm,;29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    332.6
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK

    Kondisi pasar modal di Indonesia berkembang pesat sejak krisis ekonomi 1998, sehingga menimbulkan banyak perubahan baik berupa data yang tersedia di Bursa Efek Indonesia maupun pola transaksi harian di Bursa Efek Indonesia. Perubahan¬perubahan tersebut menyebabkan salah satunya adalah adanya pola transaksi yang spekulatif yang sangat dihindari oleh investasi berdasarkan syariah Islam. Akibatnya adalah munculnya pemikiran model apa yang terbaik bisa menghitung volatilitas harga saham yang merefleksikan tingkat spekulatif.
    Penelitian ini didasarkan pada fenomena yang terjadi di pasar saham di mana terjadi perubahan harga saham yang fluktuatif sementara berbeda pada teori EMH khususnya weak form efficiency hypothesis yang mengatakan bahwa harga masa lalu tercermin pada harga sekarang yang berarti tidak ada anomali pasar. Hasilnya digunakan untuk menentukan tingkat efisiensi pasar saham di Indonesia yang bertujuan untuk memastikan pentingnya pengukuran volatilitas dilakukan. Selain teori EMH, penelitian juga berdasar kepada teori market microstructure.
    Penelitian ini melakukan pemodelan alat pengukur volatilitas dengan melakukan langkah-langkah matematis dan uji statistik. Langkah-langkah yang dilakukan adalah melakukan uji nomialitas atas hasil estimasi angka volatilitas dibanding angka aslinya selama 10 hari bursa terakhir, Kemudian diuji juga apakah ada pengaruh lagged positive return maupun lagged negative return dengan melakukan regresi antara variabel independen berupa lagged positive return dan lagged negative return terhadap variabel dependen berupa alat ukur volatilias harga saham untuk memastikan apakah teori EMH dapat diterapkan sepenuhnya di Indonesia dan apabila tidak maka diperlukan pengukuran volatilitas. Hasilnya memperlihatkan bahwa lagged positive return dan lagged negative return tidak berpengaruh positif terhadap volatilitas harga saham. Langkah terakhir, menggunakan pengujian atas perumusan matematika untuk model volatilitas yang telah dibuat dengan memilih alat estimasi terbaik dan terakurat antara ARIMA dan ARFIMA untuk menguji model realized volatility.
    Hasil dan penelitian ini adalah model pengukuran volatilitas yang terbaik dan terakurat antara model ARCH dan model realized volatility yakni model realized volatility. Model ini digunakan sebagai alat dalam proses seleksi saham untuk menjadi bagian JII.
    Kata Kunci : Realized Volatility, ARCH, ARIMA, ARFIMA.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi