Daya tarik pasar dan kompetensi bisnis untuk mengembangkan kemitraan strategis dalam pemasaran serta implikasinya terhadap kinerja pemasaran
Batubara menjadi suatu komoditas penting bagi perekonomian Indonesia
melalui kontribusinya yang signifikan terhadap penerimaan negara, ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001120100040 658.8 Tan d.R.12.295 Perpustakaan Pusat (REF.12.295) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 658.8 Tan d.R.12.295Penerbit Program doktor fakultas ekonomi UNPAD : Bandung., 2012 Deskripsi Fisik xiv,;334 hlm,;29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 658.8 Tan dTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Tanwir, Reza Achmad Maulana -
Batubara menjadi suatu komoditas penting bagi perekonomian Indonesia
melalui kontribusinya yang signifikan terhadap penerimaan negara, pemberdayaan
ekonomi lokal, dan pemasok energi primer maupun pembangkit tenaga listrik. Namun
disisi lain, belum optimalnya kepastian hukum, rendahnya nilai daya saing Indonesia,
minimnya konsep pembangunan berkelanjutan secta kehadiran pertambangan liar
menjadikan tantangan tersendiri bagi perkembangan industri batubara nasional.
Disamping itu, struktur pasar batubara memungkinkan perantara dan pemodal jangka
pendek untuk berpartisipasi secara aktif sehingga melahirkan perusahaan-perusahaan
kelas menengah. Tercatat lebih dari 3,000 perusahaan menengah dan 70 perusahaan
besar pertambangan batubara dimana 69% dari produksi batubara nasional dihasilkan
hanya oleh 40 perusahaan besar. Ketimpangan struktur industri tersebut diakibatkan
kurang mampunya perusahaan menengah pertambangan batubara nasional untuk
mengamankan rantai logistik operasi pertambangan yang tergo long kompleks.
Berdasarkan uraian diatas, terdapat fenomena bisnis yang layak diteliti dalam
rangka mengetahui pengaruh daya tarik pasar dan kompetensi bisnis terhadap
kemitraan strategis dalam pemasaran pada perusahaan pertambangan batubara di
Indonesia. Penelitian yang dilakukan pada pertengahan tahun 2011 ini menggunakan
survey deskriptif dan eksplanatori yang ditujukan kepada perusahaan menengah
pertambangan batubara di Indonesia. 200 perusahaan digunakan sebagai sampel
melalui metodologi random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya
tarik pasar dan kompetensi bisnis mampu mendorong perusahaan pertambangan
batubara nasional untuk melakukan kemitraan strategis dalam pemasaran dan
meningkatkan kinerja pemasaran. Dalam meningkatkan kinerja pemasaran,
perusahaan pertambangan batubara di Indonesia perlu mempertimbangkan beberapa
hal agar meningkatkan kemampuan dalam menjalankan kemitraan strategis baik
dengan perusahaan pembeli, saluran, maupun mitra.
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.