Detail Cantuman

Image of Pelatihan Meningkatkan Pengetahuan Ibu Mengenai Motivasi Belajar Dan Pengelolaan Waktu Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Pada Anak Usia 8-9 Tahun

 

Pelatihan Meningkatkan Pengetahuan Ibu Mengenai Motivasi Belajar Dan Pengelolaan Waktu Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Pada Anak Usia 8-9 Tahun


SANTI DANIA TY. Pelatihan Meningkatkan Pengetahuan Ibu Mengenai Motivasi
Belajar Dan Pengelolaan Waktu Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001120700270155.424 dan p/R.19.83Perpustakaan Pusat (REF.19.83)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    155.424 dan p/R.19.83
    Penerbit Magister Psikologi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xvi, 112 hlm. ; il. ; 29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    155.424 dan p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • SANTI DANIA TY. Pelatihan Meningkatkan Pengetahuan Ibu Mengenai Motivasi
    Belajar Dan Pengelolaan Waktu Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Pada Anak
    Usia 8-9 Tabun.

    Pembimbing: Prof.Dr. Juke Roosjati Siregar, M.Pd, dan Retno Hanggarani
    inin, S.Psi. M.Psi

    Penelitian ini dilakukan atas dasar pentingnya ibu memiliki pengetahuan
    mengenai motivasi belajar dan pengelolaan waktu khususnya berkaitan dengan
    belajar dalam rangka menumbuhkan kemandirian belajar anak. Motivasi belajar
    dan pengelolaan waktu merupakan salah satu faktor yang dapat digunakan untuk
    menumbuhkan kemandirian belajar pada anak. Selain itu, untuk menumbuhkan
    kemandirian belajar diperlukan pula peran dari ibu sebagai individu yang berperan
    dalam optima si perkembangan anak termasuk juga dalam bidang akademis

    Adapun tujuan dari penelitian untuk memperoleh suatu rancangan program
    pelatihan dan dapat meningkatkan pengetahuan ibu yang memiliki anak pertama
    usia 8-9 tahun untuk menumbuhkan kemandirian belajar anak. Penyusunan
    pelatihan ini dilakukan dalam 3 tahap yaitu tahap persiapan (meliputi asesmen
    kebutuhan melalui wawancara, menentukan masalah dan merancang pelatihan),
    tahap pelaksanaan (pelaksanaan kegiatan, dan pengolahan data), dan tahap
    terakhir yaitu pembahasan (pembahasan hasil pengolahan data dan perbaikan
    pelatihan). Pencapaian dari pelatihan ini adalah ranah kognitif peserta, yaitu
    peserta dapat memiliki pengetahuan, pemahaman dan penerapan dari pengetahuan
    mengenai motivasi belajar dan pengelolaan waktu terutama pada kegiatan belajar.

    Rancangan program penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan
    desain one group pre-test - post-test untuk melihat peningkatan pengetahuan ibu
    mengenai motivasi belajar dan pengelolaan waktu dalam menumbuhkan
    kemandirian belajar anak usia 8-9 tahun. Pengukuran dilakukan dengan
    pemberian kuesioner mengenai motivasi belajar dan pengelolaan waktu sebelum
    dan sesudah pelatihan. Subjek dalam penelitian ini adalah 7 orang ibu yang
    mempunyai anak pertama yang berusia 8-9 tahun.

    Penguj ian statistik terhadap pengukuran pengetahuan ibu dilakukan
    dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank dengan bantuan SPSS 17 dengan
    taraf kepercayaan 95%. P-value pengetahuan motivasi belajar 0,018 < a = 0,05,
    dan p-value pengetahuan pengelolaan waktu 0,027 < a = 0,050, yang berarti
    program pelatihan yang dilakukan memberikan pengaruh dalam meningkatkan
    pengetahuan ibu mengenai motivasi belajar dan pengelolaan waktu dalam
    menumbuhkan kemandirian belajar anak usia 8-9 tahun .
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi