Pelatihan Meningkatkan Pengetahuan Ibu Mengenai Motivasi Belajar Dan Pengelolaan Waktu Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Pada Anak Usia 8-9 Tahun
SANTI DANIA TY. Pelatihan Meningkatkan Pengetahuan Ibu Mengenai Motivasi
Belajar Dan Pengelolaan Waktu Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001120700270 155.424 dan p/R.19.83 Perpustakaan Pusat (REF.19.83) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 155.424 dan p/R.19.83Penerbit Magister Psikologi : Bandung., 2013 Deskripsi Fisik xvi, 112 hlm. ; il. ; 29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 155.424 dan pTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Santi Daniaty -
SANTI DANIA TY. Pelatihan Meningkatkan Pengetahuan Ibu Mengenai Motivasi
Belajar Dan Pengelolaan Waktu Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Pada Anak
Usia 8-9 Tabun.
Pembimbing: Prof.Dr. Juke Roosjati Siregar, M.Pd, dan Retno Hanggarani
inin, S.Psi. M.Psi
Penelitian ini dilakukan atas dasar pentingnya ibu memiliki pengetahuan
mengenai motivasi belajar dan pengelolaan waktu khususnya berkaitan dengan
belajar dalam rangka menumbuhkan kemandirian belajar anak. Motivasi belajar
dan pengelolaan waktu merupakan salah satu faktor yang dapat digunakan untuk
menumbuhkan kemandirian belajar pada anak. Selain itu, untuk menumbuhkan
kemandirian belajar diperlukan pula peran dari ibu sebagai individu yang berperan
dalam optima si perkembangan anak termasuk juga dalam bidang akademis
Adapun tujuan dari penelitian untuk memperoleh suatu rancangan program
pelatihan dan dapat meningkatkan pengetahuan ibu yang memiliki anak pertama
usia 8-9 tahun untuk menumbuhkan kemandirian belajar anak. Penyusunan
pelatihan ini dilakukan dalam 3 tahap yaitu tahap persiapan (meliputi asesmen
kebutuhan melalui wawancara, menentukan masalah dan merancang pelatihan),
tahap pelaksanaan (pelaksanaan kegiatan, dan pengolahan data), dan tahap
terakhir yaitu pembahasan (pembahasan hasil pengolahan data dan perbaikan
pelatihan). Pencapaian dari pelatihan ini adalah ranah kognitif peserta, yaitu
peserta dapat memiliki pengetahuan, pemahaman dan penerapan dari pengetahuan
mengenai motivasi belajar dan pengelolaan waktu terutama pada kegiatan belajar.
Rancangan program penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan
desain one group pre-test - post-test untuk melihat peningkatan pengetahuan ibu
mengenai motivasi belajar dan pengelolaan waktu dalam menumbuhkan
kemandirian belajar anak usia 8-9 tahun. Pengukuran dilakukan dengan
pemberian kuesioner mengenai motivasi belajar dan pengelolaan waktu sebelum
dan sesudah pelatihan. Subjek dalam penelitian ini adalah 7 orang ibu yang
mempunyai anak pertama yang berusia 8-9 tahun.
Penguj ian statistik terhadap pengukuran pengetahuan ibu dilakukan
dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank dengan bantuan SPSS 17 dengan
taraf kepercayaan 95%. P-value pengetahuan motivasi belajar 0,018 < a = 0,05,
dan p-value pengetahuan pengelolaan waktu 0,027 < a = 0,050, yang berarti
program pelatihan yang dilakukan memberikan pengaruh dalam meningkatkan
pengetahuan ibu mengenai motivasi belajar dan pengelolaan waktu dalam
menumbuhkan kemandirian belajar anak usia 8-9 tahun . -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.