Detail Cantuman

Image of Motif Penggunaan Surat Kabar Harian Pikiran Rakyat Dan Kepuasan Yang Diperoleh Dari Kebutuhan - Kebutuhan Khalayak

 

Motif Penggunaan Surat Kabar Harian Pikiran Rakyat Dan Kepuasan Yang Diperoleh Dari Kebutuhan - Kebutuhan Khalayak


Anye Diah Muthia, 210220100009. Judul penelitian "Motif Penggunaan
Surat Kabar Harian Pikiran Rakyat Dan Kepuasan Yang Diperoleh Dari

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001120700292302.232 2 Mut m/R.21.205Perpustakaan Pusat (REF.21.205)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    302.232 2 Mut m/R.21.205
    Penerbit Magister Ilmu Komunikasi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xv, 128 hlm. ; il. ; 29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    302.232 2 Mut m
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Anye Diah Muthia, 210220100009. Judul penelitian "Motif Penggunaan
    Surat Kabar Harian Pikiran Rakyat Dan Kepuasan Yang Diperoleh Dari
    Pemenuhan Kebutuhan-Kebutuhan Khalayak". Penelitian ini dibawah bimbingan
    Dr. Atwar Bajari, MSi. sebagai ketua tim pembimbing dan H. Hadi Suprapto A.,
    Drs., M.Si. sebagai anggota tim pembimbing. Program pendidikan magister
    program studi ilmu komunikasi, bidang kajian utama komunikasi bisnis
    Universitas Padjadjaran.

    Teori yang diuji dalam penelitian ini adalah teori uses and gratifications,
    dengan menggunakan metode survey. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
    kepuasaan pelanggan surat kabar harian Pikiran Rakyat melalui motif penggunaan
    media. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan surat kabar harian Pikiran
    Rakyat yang berdomisili di Cimahi. Teknik penarikan sampel menggunakan
    teknik acak sederhana dan besar ukuran sampel sebanyak 33 orang, pengujian
    hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t berpasangan.

    "

    0'

    Uji hipotesis menunjukkan bahwa, Pada motif informasi, terdapat
    kesenjangan yang signifikan kepuasan yang diharapkan (Gratification Sought)
    sebelum membaca harian Pikiran Rakyat dengan kepuasan yang diperoleh
    (Gratification Obtained) setelah membaca harian Pikiran Rakyat. Selanjutnya
    Pada motif identitas pribadi,. motif integrasi dan interaksi sosial, serta motif
    hiburan, temyata tidak terdapat kesenjangan yang signifikan kepuasan yang
    diharapkan (Gratification Sought) sebelum membaca harian Pikiran Rakyat
    dengan kepuasan yang diperoleh (Gratification Obtained) setelah membaca harian
    Pikiran Rakyat.

    Kesimpulan dari penelitian ini adalah secam umum pelanggan surat kabar
    harian Pikiran Rakyat di Cimahi mendapatkan kepuasan setelah menggunakan
    membaca Pikiran Rakyat. Hal ini diketahui dari perbandingan antara kepuasaan
    yang diharapkan (Gratification Sought) sebelum membaca dan kepuasan yang
    diperoleh (Gratification Obtained) setelah membaca. Dan dari 4 motif
    penggunaan media, didapatkan basil bahwa motif informasi yang memberikan
    kepuasan terbesar bagi pelanggan.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi