Motif Penggunaan Surat Kabar Harian Pikiran Rakyat Dan Kepuasan Yang Diperoleh Dari Kebutuhan - Kebutuhan Khalayak
Anye Diah Muthia, 210220100009. Judul penelitian "Motif Penggunaan
Surat Kabar Harian Pikiran Rakyat Dan Kepuasan Yang Diperoleh Dari
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001120700292 302.232 2 Mut m/R.21.205 Perpustakaan Pusat (REF.21.205) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 302.232 2 Mut m/R.21.205Penerbit Magister Ilmu Komunikasi : Bandung., 2012 Deskripsi Fisik xv, 128 hlm. ; il. ; 29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 302.232 2 Mut mTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Anye Diah Muthia -
Anye Diah Muthia, 210220100009. Judul penelitian "Motif Penggunaan
Surat Kabar Harian Pikiran Rakyat Dan Kepuasan Yang Diperoleh Dari
Pemenuhan Kebutuhan-Kebutuhan Khalayak". Penelitian ini dibawah bimbingan
Dr. Atwar Bajari, MSi. sebagai ketua tim pembimbing dan H. Hadi Suprapto A.,
Drs., M.Si. sebagai anggota tim pembimbing. Program pendidikan magister
program studi ilmu komunikasi, bidang kajian utama komunikasi bisnis
Universitas Padjadjaran.
Teori yang diuji dalam penelitian ini adalah teori uses and gratifications,
dengan menggunakan metode survey. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
kepuasaan pelanggan surat kabar harian Pikiran Rakyat melalui motif penggunaan
media. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan surat kabar harian Pikiran
Rakyat yang berdomisili di Cimahi. Teknik penarikan sampel menggunakan
teknik acak sederhana dan besar ukuran sampel sebanyak 33 orang, pengujian
hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t berpasangan.
"
0'
Uji hipotesis menunjukkan bahwa, Pada motif informasi, terdapat
kesenjangan yang signifikan kepuasan yang diharapkan (Gratification Sought)
sebelum membaca harian Pikiran Rakyat dengan kepuasan yang diperoleh
(Gratification Obtained) setelah membaca harian Pikiran Rakyat. Selanjutnya
Pada motif identitas pribadi,. motif integrasi dan interaksi sosial, serta motif
hiburan, temyata tidak terdapat kesenjangan yang signifikan kepuasan yang
diharapkan (Gratification Sought) sebelum membaca harian Pikiran Rakyat
dengan kepuasan yang diperoleh (Gratification Obtained) setelah membaca harian
Pikiran Rakyat.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah secam umum pelanggan surat kabar
harian Pikiran Rakyat di Cimahi mendapatkan kepuasan setelah menggunakan
membaca Pikiran Rakyat. Hal ini diketahui dari perbandingan antara kepuasaan
yang diharapkan (Gratification Sought) sebelum membaca dan kepuasan yang
diperoleh (Gratification Obtained) setelah membaca. Dan dari 4 motif
penggunaan media, didapatkan basil bahwa motif informasi yang memberikan
kepuasan terbesar bagi pelanggan. -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.