Detail Cantuman

No image available for this title

 

Pengaruh likopen terhadap kualitas dan kadar malondialdehid spermatozoa yang dipajankan pada zalir peritonium wanita denganedometriosis


ABSTRAK
Kualitas spermatozoa hams optimal agar dapat bertahan pada lingkungan zalir peritoneum, tuba dan uterus, khususnya pada wanita dengan ...

  • Tidak ada salinan data

  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    610 Ast p 13.5 /R.13.5
    Penerbit Program Pasca Sarjana : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    610
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK
    Kualitas spermatozoa hams optimal agar dapat bertahan pada lingkungan zalir peritoneum, tuba dan uterus, khususnya pada wanita dengan endometriosis yang zalir peritoneumnya mengandung oksidan dan zat proinflamasi yang dapat merusak sperma. Likopen merupakan senyawa yang memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi. Metode inkubasi likopen pada rangkaian preparasi spermatozoa menjanjikan penerapan metode baru untuk dapat menghasilkan spermatozoa yang lebih tahan terhadap faktor stres oksidatif dan inflamasi yang ada di dalam zalir peritoneum, tuba dan rongga uterus khususnya pada wanita dengan endometriosis. Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji manfaat penambahan likopen pada preparasi spermatozoa dalam melindungi viabilitas, motilitas, morfologi, fragmentasi DNA, dan kadar MDA dari pengaruh zat oksidatif dan inflamasi zalir peritoneum wanita dengan endometriosis agar kualitas spermatozoa tetap terjaga dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh inkubasi likopen pada preparasi spermatozoa terhadap viabilitas, motilitas, morfologi, fragmentasi DNA dan kadar MDA spermatozoa yang terpajan zalir peritoneum wanita dengan endometriosis. Penelitian ini menggunakan metode kajian intervensional/eksperimental dasar yang dilakukan di laboratorium (in vitro) dengan spermatozoa sebagai subjek penelitian. Penelitian dilakukan di Klinik Aster, RSUP Dr. Hasan Sadikin/Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Bandung sejak Mei sampai dengan November 2013.
    Lima belas sampel spermatozoa dipreparasi dan diberi perlakuan dengan tiga metode yang berbeda. Kelompok perlakuan yang pertama adalah spermatozoa yang direndam dengan 511.M likopen selama 30 menit kemudian diberi zalir peritoneum endometriosis. Kelompok perlakuan kedua adalah spermatozoa yang diberi zalir peritoneum endometriosis. Sedangkan kelompok ketiga adalah spermatozoa yang diberi sperm wash medium. Pemeriksaan viabilitas, motilitas, morfologi, fragmentasi DNA menggunakan metoda SCA, sedangkan kadar MDA menggunakan metode kolorimetrik. Analisis dilakukan pada empat waktu, jam ke-0, -3, -6, dan -24 jam.
    Pada penelitian ini didapatkan viabilitas spermatozoa yang diinkubasi dalam zalir peritoneum wanita dengan endometriosis yang diberi perlakuan likopen lebih tinggi dibandingkan tanpa likopen. Tidak terdapat perbedaan motilitas antara kelompok perlakuan satu dan dua. Morfologi spermatozoa pada kelompok satu dipertahankan lebih baik dibandingkan kelompok dua dan tiga. Tidak terdapat perbedaan fragmentasi DNA antara semua kelompok perlakuan.Tingkat kadar MDA spermatozoa pada kelompok satu lebih rendah dibandingkan dengan kelompok lainnya. Disimpulkan bahwa penggunaan likopen dalam preparasi sperma terbukti dapat mempertahankan kualitas spermatozoa, terutama viabilitas dan morfologinya, juga dapat menekan kadar MDA.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi