Strategi komunikasi pemasaran PT. Prima Vision Banjarmasin
Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Primavision dalam Upaya Membangun
Loyalitas Pelanggan TV Langganan Berbayar Di Banjarmasin
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001140700182 302.2 Faj s/R.21.81 Perpustakaan Pusat (REF.21.81) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 302.2 Faj s/R.21.81Penerbit Magister Ilmu Komunikasi : Bandung., 2014 Deskripsi Fisik v, 139 hlm. ; ill. ; 29 cm.Bahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 302.2 Faj s/R.21.81Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Surya Fajar -
Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Primavision dalam Upaya Membangun
Loyalitas Pelanggan TV Langganan Berbayar Di Banjarmasin
Oleh : Surya Fajar
ABSTRAK
Persaingan diantara televisi berlangganan semakin lama semakin meningkat,
sehingga upaya rnernbangun loyalitas pelanggan terhadap perusahaan menjadi
masalah utama. PT. Primavision merupakan televisi berlangganan yang beroperasi di
Banjarmasin yang berdiri sejak 2 April 2004 telah memiliki dua puluh ribu pelanggan
tetapi karena persaingan di bidang usaha sejenis di Banjarmasin dewasa ini sangat
tajam dan membuat langkah Primavision menarik pasar lebih luas lagi menjadi
sedikit terhambat maka Primavison mernerlukan strategi komunikasi pemasaran
kembali untuk dapat mempertahankan dan menambah jumlah pelanggannya. Karena
itu, peneliti mengambil judul pelelitian ini; Strategi Komunikasi Pemasaran PT
Primavision dalam Upaya Membangun Loyalitas Pelanggan TV Langganan
Berbayar Di Banjarmasin.
Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan desain penelitian Studi
Kasus yang berangkat dari sebuah persoalan atau kasus yang menurut peneliti layak
untuk diangkat sebagai objek penelitian. Penelitian ini juga didukung dengan
informant yang peneliti tentukan kriterianya sesuai kebutuh peneliti.
Hasil dari penelitian ini diantaranya; (I) Strategi pemasaran itu difokuskan
pada kualitas isi siaran, pelayanan dalam aspek teknis Primavision terhadap
pelanggan, dan pemeliharaan yang baik melalui umpan balik yang dijaga secara lebih
kekeluargaan, (2) Aktivitas gathering dipilih sebagai strategi pemasaran karena dua
alasan, pertama, sebagai sarana bagi terciptanya umpan balik yang lebih lengkap dari
pelanggan Primavision, dan kedua, sebagai wahana evaluasi dari kegiatan word of
mouth yang selama ini dijalankan PT Primavision, dan (3) untuk menciptakan nilai
dan kekhasan, Primavision menerapkan strategi komunikasi pemasaran melalui tiga
jalan; Pertama, memberikan harga yang sangat murah kepada konsumen, kedua,
memberikan layanan pemasangan gratis bagi pelanggan baru atau calon pelanggan,
dan ketiga, menyediakan informasi lokal yang sangat diinginkan pelanggan.
Saran dalam penelitian ini bagi PT. Primavision adalah aspek teknis dan
pelayanan bagi konsumen harus ditingkatkan sehingga loyalitas tetap terbangun,
melakukan komunikasi yang intensif dengan pelanggan, serta menambah isi siaran
atau program agar lebih menarik. -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.