Citra diri dan popularitas artis (studi fenomenologis dengan pendekatan dramaturgis artis penyanyi perempuan dalam membentuk citra dirinya di media massa dan populartasnya di publik)
ESTHERMEILANYPATTIPEILOHY; 170220080029; CITRA DIRI DAN
POPULARITAS ARTIS (Studi Fenomenologis dengan Pendekatan Dramaturgis Artis
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 0100114070018 302.2 Mei c/R.17.21 Perpustakaan Pusat (REF.17.21) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 302.2 Mei c/R.17.21Penerbit Magister Ilmu Sosial Dan Politik : Bandung., 2014 Deskripsi Fisik xi,;183 hlm,;29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 302.2 Mei cTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Esther Meilany P -
ESTHERMEILANYPATTIPEILOHY; 170220080029; CITRA DIRI DAN
POPULARITAS ARTIS (Studi Fenomenologis dengan Pendekatan Dramaturgis Artis
Penyanyi Perempuan dalam Membentuk Citra Dirinya di Media Massa dan Popularitasnya di
Publik), Tesis Magister dibawah bimbingan Dr. Hj. Betty RFS Soemirat, M.S. (Ketua), Dr.
Dadang Rahmat, S.H, S.Sos, M.Si. (Anggota), Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran
Bandung
Penelitian ini memfokuskan pada fenomena pembentukan citra diri artis di media massa dan
popularitas artis di publik. Dalam menjalankan profesinya, citra diri menjadi sangat penting bagi
artis, karena itu yang akan menentukan kesan yang ingin dibentuk dalam media massa. Artis
akan berusaha membentuk citra mereka dengan baik, sehingga mereka juga semakin populer di
publik.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian fenomenologis dengan
pendekatan Dramaturgis. Subyek penelitian ini adalah empat orang artis penyanyi, dua orang
wartawan hiburan, satu orang manager artis, dan satu orang staf management label musik.
Hasil peneIitian menunjukkan bahwa artis memahami jika citra dirinya ditentukan oleh
bagaimana dia menjadi pembuat trend. Citra yang baik akan membuat artis semakin populer dan
memiliki peluang untuk berbisnis, juga memiliki hubungan baik dengan pebisnis, pejabat negara,
dan lain-lain. Persiapan yang dilakukan artis sebelum bertemu wartawan adalah selalu berusaha
tampil rapi dan merias diri, menenangkan diri, dan berdiskusi dengan manajemen. Pada saat
bertemu wartawan artis akan berusaha selalu tersenyum, mengatur ritme pembicaraan, dan
mengatur kalimat sehingga kalimat yang dikatakan cukup bijaksana.
Artis memahami jika popularitas adalah dampak yang diraih dari pemberitaan tentang
dirinya di media massa. Semakin populer seorang artis, semakin tinggi juga pendapatan yang
akan didapa dari pertunjukan, iklan, dan lain-lain, juga bertambahnya fans. Tetapi jika berita
negatif, maka dampaknya adalah pemutusan hubungan kerja dengan pihak ketiga, kehilangan
kesempatan mendapatkan iklan, off air, dan lain-lain, juga kehilangan fans.
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.