Detail Cantuman

Image of Rancangan program pelatihan working memory untuk penguasaan basic facts perkalian pada siswa SD elas IV

 

Rancangan program pelatihan working memory untuk penguasaan basic facts perkalian pada siswa SD elas IV


Lukna Harini, 2014. Rancangan Program Pelatihan Working Memory untuk
penguasaan Basic Facts perkalian pada Siswa SD Kelas IV

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001140700295370.15 Har r/R.19.206Perpustakaan Pusat (REF.206)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    370.15 Har r/R.19.206
    Penerbit Magister Psikologi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xi, 72 hlm. ; il. ; 29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    370.15 Har r/R.19.206
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Lukna Harini, 2014. Rancangan Program Pelatihan Working Memory untuk
    penguasaan Basic Facts perkalian pada Siswa SD Kelas IV

    Konselor

    Pembimbing: Dr. Hj. Hendriati Ahustiani, Msi & Dr. Hj. Indun Lestari Setyono,
    M.Psi

    Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas dari intervensi berupa
    rancangan program pelatihan working memory untuk penguasaan basic facts pada
    siswa SD kelas 4

    Pelatihan dibuat dengan mengacu pada konsep teori working memory dari
    Margaret W Matlin dan konsep basic facts dari Reys, Robert E; Lindquist, Mary
    M; Lambdin, Diana V & Smith, Nancy L. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4
    SDI (X) Bekasi, berjumlah 7 orang ( 4 laki-laki dan 3 perempuan)

    Working memory adalah kemampuan untuk mengingat seketika materi yang
    diperlukan untuk menyelesaikan materi yang sedang diproses dan
    mengkoordinasikan aktivitas mental yang sedang berlangsung, dan pada siswa
    berkorelasi dengan prestasi sekolahnya.

    Pengoperasian angka seperti penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian
    yang disebut basic facts merupakan materi yang sudah harus dipahami, dikuasai
    dan diingat (mastery of basic facts) oleh siswa kelas 4 agar dapat menyelesaikan
    berbagai persoalan matematika.

    Program pelatihan disusun dan dikembangkan dengan mengacu pada kesulitan
    siswa menyelesaikan soal-soal matematika pecahan. Untuk bisa menyelesaikan
    persoalan pecahan, maka siswa harus sudah menguasai basic facts perkalian.

    Penelitian 1111 menggunakan metoda penelitian Single-sub jest (small-n)
    Experimental Design dengan rancangan one group pretest post test. Hasil
    penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dalam ketepatan dan
    kecepatan menyelesaikan soal-soal perkalian setelah pelathan yang berarti siswa
    mampu menguasai basic fact perkalian
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi