Detail Cantuman

Image of Analisis news Slant Pada Surat Kabar Dan Variabel Fundamental Serta Pengaruhnya Pada nilai Perusahaan : Studi Slant Pada Surat Kabar Dan Variabel Fundamental Perusahaan Yang Beriklan Pada Surat Kabar Serta Pengaruhnya Pada Nilai Perusahaan

 

Analisis news Slant Pada Surat Kabar Dan Variabel Fundamental Serta Pengaruhnya Pada nilai Perusahaan : Studi Slant Pada Surat Kabar Dan Variabel Fundamental Perusahaan Yang Beriklan Pada Surat Kabar Serta Pengaruhnya Pada Nilai Perusahaan


Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh media slant dan variabel

fundamental dengan variabel return on asset (ROA), total ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    010030007410658.15 Oct a/R.12.226Perpustakaan PusatTersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    658.15 Oct a/R.12.226
    Penerbit Program Magister Manajemen Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    v, 91 hlm. Ilus ; 29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    658.15
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    2015
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    Tesis
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh media slant dan variabel

    fundamental dengan variabel return on asset (ROA), total asset turnover (TATO)
    dan debt to equity (DER) terhadap nilai perusahaan yang direpresentasikan oleh
    earning per share.

    Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan
    kriteria (1) berita surat kabar dengan pembaca terbanyak dan (2) perusahaan yang
    beriklan di surat kabar tersebut, serta terdaftar di pasar modal Indonesia. Data
    diperoleh berdasarkan portal online surat kabar dan laporan keuangan publikasi
    IDX dengan rentang waktu dari tahun 2012 hingga 2014 dalam satuan triwulan.
    Diperoleh jumlah sampel sebanyak 50 perusahaan dari seluruh perusahaan yang
    terdaftar di BEl serta memasang iklan di surat kabar yang dijadikan sampel.
    Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji hipotesis
    menggunakan Uji Chow, Hausman, F hitung, dan t hitung untuk menguji
    keberartian pengaruh secara bersama-sama dengan level of significance 5%. Serta
    uji korelasi dan determinasi.

    Berdasarkan hasil pengujian spesifikasi model, menunjukkan bahwa
    model yang paling cocok untuk penelitian adalahfixed effect. Untuk uji bersama
    atau F hitung, media slant dan variabel fundamental yakni ROA, T ATO, dan DER
    terbukti berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan pengiklan. Sementara
    secara parsial, media slant, ROA, dan DER secara signifikan berpengaruh
    terhadap nilai perusahaan pengiklan dari 2012 hingga 2014 pada level of
    significance kurang dari 5%. Kemampuan prediksi dari kelima variabel tersebut
    terhadap return saham sebesar 69,5%.

    Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media massa sangat berperan
    dalam perkembangan suatu perusahaan, namun tentunya dalam pemberitaan yang
    positif. Media tentunya apabila dimanfaatkan dapat menjadi suatu alat yang
    efektif dalam menyebarkan pesan secara serempak kepada khalayak. Apabila
    perusahaan menggunakannya secara efektif maka media ini akan mampu
    membangun nilai perusahaan. selain itu, tetap terbukti bahwa nilai ROA, TA TO,
    dan DER adalah merupakan komponen utama dalam membentuk nilai perusahaan
    dan merupakan aliran dana perusahaan.

  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi