Detail Cantuman

Image of Public relation politik di media massa televisi dalam debat politik pada pilpres 2009: studi kasus pada tim sukses kandidat capres-cawapres Megawati Prabowo

 

Public relation politik di media massa televisi dalam debat politik pada pilpres 2009: studi kasus pada tim sukses kandidat capres-cawapres Megawati Prabowo


PUBLIK RELATIONS POLITIK DI MEDIA MASSA TELEVISI DALAM
DEBAT POLITIK P ADA PILPRES 2009

Studi Kasus Pad a Tim Sukses Kandidat ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    010011201000498659.2 Dam P/R.17.526Perpustakaan Pusat (REF.17.526)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    659.2 Dam P/R.17.526
    Penerbit Pascasarjana Program Doktor Ilmu Politik UNPAD : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xx.;591 hlm,;29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    659.2 Dam P
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • PUBLIK RELATIONS POLITIK DI MEDIA MASSA TELEVISI DALAM
    DEBAT POLITIK P ADA PILPRES 2009

    Studi Kasus Pad a Tim Sukses Kandidat Capres - Cawapres Megawati Prabowo

    Disertasi dengan judul Public Relations Politik di Media Massa Televisi
    dalam Debat Politik pada Pilpres 2009 adalah penelitian yang bertujuan untuk
    mengetahui konstruksi makna Debat Capres-Cawapres pilpres 2009 di Metro Tv dan
    Tv One. Penelitian ini juga untuk mengetahui bagaimana tim sukses mengkonstruksi
    Megawati-Prabowo pada debat tersebut dan peneliti memaknai upaya tim sukses
    sebagai public relations politik.

    Penelitian nu merupakan penelitian kualitatif dengan paradigma
    konstruktivis. Penelitian ini menjadi dua bagian yang pertama adalah konstruksi
    Metro tv dan tv One dengan analisis framing dan bagian kedua adalah analisis sosial
    tim sukses Megawati-Prabowo. Subyek penelitian ini adalah tim redaksi Metro Tv,
    Tim redaksi Tv One dan tim sukses Megawati-Prabowo. Pengumpulan data dengan
    wawancara mendalam.

    Hasil penelitian adalah konstruksi makna Metro Tv dalam tayangan debat
    "Indonesia Bersatu" frame: Debat capres-cawapres pilpres 2009 adalah peristiwa
    politik pesta demokrasi bangsa Indonesia. Konstruksi makna Metro TV berusaha
    memberikan pemahaman pada rakyat Indonesia khususnya pemirsa agar menjadi
    pemilih yang rasional bukan pemilih emosional dengan adanya pembahasan
    mengenai Debat Pilpres 2009. Konstruksi makna tayangan Menuju Istana di TV One
    adalah sebagai pertandingan yang harus dimenangkan oleh salah satu kubu. Tv One
    memunculkan pembahasan bagaimana para capres dan cawapres dalam debat
    sehingga masyarakat dapat menilai mana yang lebih baik. Frame: Tayangan Menuju
    Istana sebagai referensi pemilih. Konstruksi makna tim sukses pada debat Pilpres
    2009 menjadi ajang bagi Megawati-Prabowo untuk membentuk citra yang nasional,
    pemimpin yang "Pro Rakyat" dengan "Ekonomi Kerakyatan". Upaya tim sukses
    mengkonstruksi Megawati-Prabowo pada debat dengan: pencitraan, media
    campaign, events, riset dan informasi, penanganan isu, dan kordinasi tim. Upaya tim
    sukses tersebut dimaknai sebagai public relations politik oleh peneliti. Peneliti
    membangun model public relations politik pada kampanye pilpres, dengan

    ~ komponen sebagai berikut: image management, media management, informations
    management, internal communication, positioning, event management, issue
    management, political reputation management, government relations, community
    relation, dan political sosial responsibility.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi