Public relation politik di media massa televisi dalam debat politik pada pilpres 2009: studi kasus pada tim sukses kandidat capres-cawapres Megawati Prabowo
PUBLIK RELATIONS POLITIK DI MEDIA MASSA TELEVISI DALAM
DEBAT POLITIK P ADA PILPRES 2009
Studi Kasus Pad a Tim Sukses Kandidat ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 010011201000498 659.2 Dam P/R.17.526 Perpustakaan Pusat (REF.17.526) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 659.2 Dam P/R.17.526Penerbit Pascasarjana Program Doktor Ilmu Politik UNPAD : Bandung., 2012 Deskripsi Fisik xx.;591 hlm,;29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 659.2 Dam PTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Damayanti Novita -
PUBLIK RELATIONS POLITIK DI MEDIA MASSA TELEVISI DALAM
DEBAT POLITIK P ADA PILPRES 2009
Studi Kasus Pad a Tim Sukses Kandidat Capres - Cawapres Megawati Prabowo
Disertasi dengan judul Public Relations Politik di Media Massa Televisi
dalam Debat Politik pada Pilpres 2009 adalah penelitian yang bertujuan untuk
mengetahui konstruksi makna Debat Capres-Cawapres pilpres 2009 di Metro Tv dan
Tv One. Penelitian ini juga untuk mengetahui bagaimana tim sukses mengkonstruksi
Megawati-Prabowo pada debat tersebut dan peneliti memaknai upaya tim sukses
sebagai public relations politik.
Penelitian nu merupakan penelitian kualitatif dengan paradigma
konstruktivis. Penelitian ini menjadi dua bagian yang pertama adalah konstruksi
Metro tv dan tv One dengan analisis framing dan bagian kedua adalah analisis sosial
tim sukses Megawati-Prabowo. Subyek penelitian ini adalah tim redaksi Metro Tv,
Tim redaksi Tv One dan tim sukses Megawati-Prabowo. Pengumpulan data dengan
wawancara mendalam.
Hasil penelitian adalah konstruksi makna Metro Tv dalam tayangan debat
"Indonesia Bersatu" frame: Debat capres-cawapres pilpres 2009 adalah peristiwa
politik pesta demokrasi bangsa Indonesia. Konstruksi makna Metro TV berusaha
memberikan pemahaman pada rakyat Indonesia khususnya pemirsa agar menjadi
pemilih yang rasional bukan pemilih emosional dengan adanya pembahasan
mengenai Debat Pilpres 2009. Konstruksi makna tayangan Menuju Istana di TV One
adalah sebagai pertandingan yang harus dimenangkan oleh salah satu kubu. Tv One
memunculkan pembahasan bagaimana para capres dan cawapres dalam debat
sehingga masyarakat dapat menilai mana yang lebih baik. Frame: Tayangan Menuju
Istana sebagai referensi pemilih. Konstruksi makna tim sukses pada debat Pilpres
2009 menjadi ajang bagi Megawati-Prabowo untuk membentuk citra yang nasional,
pemimpin yang "Pro Rakyat" dengan "Ekonomi Kerakyatan". Upaya tim sukses
mengkonstruksi Megawati-Prabowo pada debat dengan: pencitraan, media
campaign, events, riset dan informasi, penanganan isu, dan kordinasi tim. Upaya tim
sukses tersebut dimaknai sebagai public relations politik oleh peneliti. Peneliti
membangun model public relations politik pada kampanye pilpres, dengan
~ komponen sebagai berikut: image management, media management, informations
management, internal communication, positioning, event management, issue
management, political reputation management, government relations, community
relation, dan political sosial responsibility. -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.