Detail Cantuman

Image of Konvergensi Telematika Media Komunitas (Studi Kasus Tentang Mediamorfosis Pada Radio Komunitas Di Provinsi Jawa Timur)

 

Konvergensi Telematika Media Komunitas (Studi Kasus Tentang Mediamorfosis Pada Radio Komunitas Di Provinsi Jawa Timur)


ABSTRAK
Penelitian ini berjudul "Konvergensi Telematika Media Komunitas" (Studi Kasus tentang Mediamorfosis pada Radio Komunitas di Provinsi ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001130100229302.2 Pri K/R.17.112Perpustakaan Pusat (REF.17.112)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    302.2 Pri K/R.17.112
    Penerbit Program Pascasarjana Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    x,;282 hlm,;29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    302.2 Pri K
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK
    Penelitian ini berjudul "Konvergensi Telematika Media Komunitas" (Studi Kasus tentang Mediamorfosis pada Radio Komunitas di Provinsi Jawa Timur). Fokus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pendorong media komunitas di Provinsi Jawa Timur melakukan inovasi dengan konvergensi telematika. 2) Penggunaan teknologi internet oleh media komunitas di provinsi Jawa Timur sebagai proses konvergensi telematika. 3) Implikasi konvergensi telematika bagi media komunitas di Provinsi Jawa Timur.
    Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan paradigrna konstrusktivisme dan jenis studi adalah studi kasus. Subjek penelitian adalah pimpinan/pendiri media komunitas di Provinsi Jawa Timur yang sudah melakukan konvergensi telematika dan orang-orang terkait yang dipilih secara purposif. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam serta analisis dokumen.
    Hasil penelitian mengungkapkan bahwa I) alasan mendasar media komunitas di Provinsi Jawa Timur melakukan konvergensi telematika adalah terbatasnya jangkauan wilayah siar (coverage area), kesulitan dalam memperoleh Izin Penyelenggaraan Penyiaran (IPP) dan perkembangan telematika di Indonesia. 2) Penggunaan peralatan media komunitas di provinsi Jawa Timur, awalnya memanfaatkan sistem konvensional (analog) kemudian berintegrasi dengan teknologi internet melalui perusahaan jasa multimedia. 3) Implikasi dari konvergensi telematika bagi media komunitas di provinsi Jawa Timur adalah tuntutan' digitalisasi, perluasan akses melalui interaktivitas (interactivity) dan diperlukannya regulasi yang mengatur konvergensi telematika pada lembaga penyiaran komunitas (LPK).
    Dan hasil penelitian disarankan agar 1) Pemerintah selaku pemegang otoritas kebijakan mengatur konvergensi telematika di Indonesia khususnya media komunitas. 2) Lembaga Penyiaran Komunitas (LPK) untuk menggunakan teknologi telematika berdasarkan kebijakan komunikasi, baik Undang-Undang maupun Peraturan lain yang mendukung. 3) Adanya kajian akademis maupun praktis terhadap fenomena konvergensi telematika di Indonesia secara kontinyu dan komperehensif.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi