Detail Cantuman

Image of Wacana politik M. Amien Rais dan A. Syafi'i Ma'Arif dalam dinamika komunikasi politik Muhammadiyah

 

Wacana politik M. Amien Rais dan A. Syafi'i Ma'Arif dalam dinamika komunikasi politik Muhammadiyah


Disertasi ini berjudul Wacana Politik M. Amien Rais dan A. Syafi'i Ma'arifDalam
Dinamika Komunikasi Politik Muhammadiyah ; Analisis Wacana ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001120100126302.2 Yam w/R.17.143Perpustakaan Pusat (REF.17.143)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    302.2 Yam w/R.17.143
    Penerbit Program Pascasarjana Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xxi,;551 hlm,;29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    302.2 Yam w
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Disertasi ini berjudul Wacana Politik M. Amien Rais dan A. Syafi'i Ma'arifDalam
    Dinamika Komunikasi Politik Muhammadiyah ; Analisis Wacana Kritis Nounnan
    Fairc1ough. Penelitian ini didasarkan pada alasan bahwa Muhammadiyah sebagai
    organisasi non politik, tetapi, memiliki kekuatan politik. Praksis komunikasi politik
    Muhammadiyah dikaji dalam bingkai teori "praktik sosial" (social practices) yang
    dikembangkan oleh Anthony Giddens. Sedangkankan wacana politik M. Amien Rais dan
    A. Syafi'i Ma'arif dikaji dengan teori Konstruksi Realitas Sosial Analisis Berger &
    Luckmann dan Analisis Wacana Kritis Nourman Fairc1ough. Data penelitian diperoleh
    melalui dokumen-dokumen resmi organisasi, dokumentasi teks wacana politik M. Amien
    Rais dan A. Syafi"i Ma'arif saat menjabat sebagai Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah,
    dan wawancara.

    Komunikasi politik Muhammadiyah memiliki akar pada ideologi Muhammadiyah
    yang tertransformasi ke dalam strategi komunikasi politik Muhammadiyah dalam tiga
    bentuk strategi, yaitu strategi komunikasi politik iman dan amal shaleh, strategi
    komunikasi politik struktural kekuasaan, dan strategi komunikasi politik kultural
    kebangsaan. Dalam praksisnya, komunikasi politik Muhammadiyah berangkat dari
    konstruksi faham keagamaan dan konstruksi sosial ke konstruksi politik Muhammadiyah.
    Di samping itu, komunikasi politik Muhammadiyah terdapat kesenjangan antara
    normatifitas dan hi storisitasnya. Ketiga strategi komunikasi politik Muhammadiyah
    berjalan secara kolaboratif, disebut sebagai Model Komunikasi Politik Kolaboratif
    (Collaboration Political Communication Model).

    Wacana politik M. Amien Rais pada level teks merepresentasikan suatu gerakan
    reformasi politik di Indonesia, dinamisasi pemikiran keagamaan ke dalam persoalan
    kontemporer, dan kecenderungan Iebih kuat politik "nahi munkar". Wacana politik M.
    Amien Rais bercirikan gaya komunikasi berkonteks rendah. Pada aspek relasi
    merepresentasikan relasi kekuasaan Orde Barn, individu M. Amien Rais selaku pencipta
    wacana, Muhammadiyah. Pada aspek identitas, memperkokoh identitas diri sebagai sosok
    yang memiliki karakteristik ; intelektual politik muslim, pembaharu anti kemapanan,
    pejuang demokratisasi, serta sosok yang selalu bersikap kritis. Sedangkan, wacana politik
    A. Syafi'i Ma'arif pada level teks merepresentasikan universalisme politik Islam,
    demokratisasi, spirit pluralisme dan anti radikalisme, reinterpretasi amar ma'ruf nahi
    munkar, peran kebangsaan Muhammadiyah, rekonstniksi peradaban Islam. Wacana politik
    A. Syafi'i Ma'arif bercirikan gaya komunikasi berkonteks tinggi. Pada aspek relasi
    merepresentasikan relasi kekuasaan Orde Reformasi, aspek individu A. Syafi'i Ma'arif
    selaku pencipta wacana, dan aspek Muhammadiyah. Pada aspek identitas, memperkokoh
    identitas diri sebagai sosok ; intelektual sejarah muslim, komitmen pada nilai
    keindonesiaan, komitmen kemanusiaan. Sedangkan pada level practice discourse, wacana
    politik M. Amien Rais dan A. Syafi'i Ma'arifdipengaruhi oleh faktor keluarga, pendidikan
    formal, serta faktor lingkungan sosial dan beragam aktivitas organisasi. Pada level socio
    cultural practice wacana politik M. Amien Rais dan A. Syafi'i Ma'arif dipengaruhi aspek
    kultural, institusional, situasi nasional, dan situasi global. Konstruksi realitas di balik
    wacana politik M. Amien Rais dan A. Syafi'i Ma'arif menunjukkan peran politik
    masyarakat sipil, citra politik Muhammadiyah, personalisasi politik Muhammadiyah, serta
    konfigurasi pohon komunikasi politik Muhammadiyah.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi