Detail Cantuman

Image of Pengaruh perilaku aparat terhadap kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat miskin

 

Pengaruh perilaku aparat terhadap kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat miskin


Masalah penelitian ini adalah kualitas layanan kesehatan bagi
masyarakat miskin pada Rumah Sakit Umum Daerah di Kabupaten Bogor

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001100100273362.104 22 Dio p/R.17.472Perpustakaan Pusat (REF.17.472)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    362.104 22 Dio p/R.17.472
    Penerbit Program Pascasarjana Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xii,;269 hlm,;29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    362.104 22 Dio p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Masalah penelitian ini adalah kualitas layanan kesehatan bagi
    masyarakat miskin pada Rumah Sakit Umum Daerah di Kabupaten Bogor
    rendah. Hal ini disebabkan oleh perilaku aparat dalam menjalankan tugas
    dan fungsinya sebagai pemberi layanan kesehatan yang tidak sesuai dengan
    harapan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menemukan fakta
    tentang pengaruh perilaku aparat terhadap kualitas layanan kesehatan bagi
    masyarakat miskin.

    Pendekatan penelitian IDI adalah kuantitatif dengan metode
    Explanatory Survey Method. Populasi penelitian seluruh pasien miskin yang
    terdaftar pad a Rumah Sakit Umum Daerah di Kabupaten Bogor. Teknik
    Penarikan Sampel menggunakan proporsional random sampling. Teknik
    pengumpulan data menggunakan angket dari Responden dengan jumlah
    sampel381 orange Data yang diperoleh, diolah dan dianalisis dengan metode
    utama Structural Equation Model (SEM), dengan menggunakan bantuan
    perangkat lunak komputer Lisrel dan SPSS.

    Hasil penelitian, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
    signifikan antara perilaku pegawai terhadap kualitas layanan kesehatan bagi
    masyarakat miskin. Dimensi yang paling dominan menentukan perilaku
    aparat adalah dimensi disiplin. Dimensi yang paling dominan menentukan
    kualitas layanan kesehatan adalah dimensi prestasi pegawai.

    Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa disiplin merupakan
    performa utama perilaku yang paling dominan dan paling mudah diamati.
    Temuan lainnya adalah bahwa kualitas layanan kesehatan ditentukan oleh
    kecepatan, kecermatan, keterjangkauan dan kesederhanaan dalam proses
    pelayanan. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa harapan masyarakat
    miskin terhadap kualitas layanan kesehatan itu rendah sebab pelayanan
    yang diterimanya hampir gratis.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi