Detail Cantuman

Image of Program pelatihan bagi ib yang memiliki anak yang mengalami Autism Spectrum Disorder (ASD)

 

Program pelatihan bagi ib yang memiliki anak yang mengalami Autism Spectrum Disorder (ASD)


ANGGIT SUKMAWATI. NPM. 190420100063. Program Pelatiban untuk
Meningkatkan Pengetabuan Ibu mengenai Cara Membangun Kontak Mata dengan

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001140700154615.851 2 Suk p/R.19.241Perpustakaan Pusat (REF.19.241)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    615.851 2 Suk p/R.19.241
    Penerbit Magister Psikologi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xv, 124 hlm. ; il. ; 29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    615.851 2 Suk p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ANGGIT SUKMAWATI. NPM. 190420100063. Program Pelatiban untuk
    Meningkatkan Pengetabuan Ibu mengenai Cara Membangun Kontak Mata dengan
    Anak Usia 2-3 Tabun yang Mengalami Autism Spectrum Disorder (ASD) dengan
    Level Mild berdasarkan Prinsip Theraplay.

    Pembimbing : ProfDr. Juke R. Siregar, M.Pd dan Dr. Poeti Joefiani, M.Si

    Kontak mata merupakan pintu gerbang anak me1akukan kontak dengan
    orang-orang di sekitamya dalam proses interaksi sosial. Hambatan dalam
    melakukan kontak mata adalah salah satu ciri utama yang dimiliki oleh anak
    dengan Autism Spectrum Disorder (ASD). Tidak adanya kontak mata
    menyebabkan anak kesulitan untuk menerima infonnasi dari luar dirinya,
    sehingga seringkali dikatakan anak memiliki dunianya sendiri tanpa peduli pada
    lingkungan sekitamya. Ibu merupakan orang yang paling dekat (significant
    person) dengan anak, yang memiliki peran yang besar dalam upaya membangun
    kontak mata dengan anak ASD. Oleh karena itu, ibu perlu memiliki pengetahuan
    mengenai cara membangun kontak mata khususnya dengan anak ASD, yang ke1ak
    dapat bennanfaat dalam interaksi antara ibu dan anak.

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh dan melaksanakan
    program pelatihan, untuk meningkatkan pengetahuan ibu dalam membangun
    kontak mata dengan anak usia 2-3 tahun yang mengalami ASD dengan Level Mild
    berdasarkan Prinsip Theraplay. Pencapaian akhir dari pelatihan ini adalah ranah
    kognitif ibu sebagai partisipan penelitian, yaitu ibu dapat memiliki pengetahuan
    dan pemahaman mengenai cara membangun kontak mata dengan anak ASD.
    Desain pada penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan desain one
    group pre test-post test. Pelatihan dilakukan se1ama empat hari dengan durasi
    selama empat jam setiap harinya. Subjek dalam pene1itian ini adalah empat orang
    ibu yang memiliki anak usia 2-3 tahun yang mengalami ASD dengan Level Mild.

    Alat ukur yang digunakan untuk me1ihat peningkatan pengetahuan ibu
    adalah kuesioner yang mencakup materi mengenai ASD, kontak mata, theraplay,
    dan cara membangun kontak mata. Peningkatan pengetahuan dilihat melalui
    perubahan skor pada kuesioner pengetahuan pada saat sebe1um dan sesudah
    pe1atihan. Proses pengolahan data dilakukan menggunakan uji Wilcoxon Signed
    Rank, dengan SPSS dengan tarafkepercayaan 0.1 %. Hasil yang didapatkan adalah
    p-value pengetahuan ibu lebih kecil dari tarafkepercayaan 0,1 % (p-value 0.058 <
    a = 0.1). Hal ini menunjukkan bahwa program pelatihan yang dilakukan
    memberikan pengaruh dalam meningkatkan pengetahuan ibu mengenai cara
    membangun kontak mata dengan anak usia 2-3 tahun yang mengalami ASD
    dengan Level Mild berdasarkan Prinsip Theraplay.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi