Pengaruh Program Edukasi Hipertensi Terhadap Perilaku Self-Management Lansia Penderita Hipertensi Primer di Puskesmas Bnjar III Kota Banjar
Hipertensi merupakan salah satu penyakit tidak menular yang menjadi
masalah kesehatan kronik di masyarakat. Pemberian edukasi hipertensi pada ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001140700209 610.73 Yun p/R.22.257 Perpustakaan Pusat (REF.257) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 610.73 Yun p/R.22.257Penerbit MAGISTER KEPERAWATAN KEPERAWATAN UNPAD : Bandung., 2014 Deskripsi Fisik xix, 102 hlm. ; il. ; 29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 610.73 Yun pTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Yuningsih,Aneng -
Hipertensi merupakan salah satu penyakit tidak menular yang menjadi
masalah kesehatan kronik di masyarakat. Pemberian edukasi hipertensi pada lansia
penderita hipertensi primer merupakan salah satu upaya dalam mengendalikan dan
mempertahankan tekanan darah dalam batas normal. Tujuan penelitian ini untuk
menguji pengaruh program edukasi hipertensi terhadap perilaku self-management
lansia penderita hipertensi primer.
Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan
rancangan pre and post-test control group design. Teknik pengambilan sampel
menggunakan metode cluster random sampling dengan jumlah 44 sampel dalam
setiap kelompok dan total 88 sampel. Subyek dibagi menjadi kelompok kontrol yang
menerima perawatan rutin, dan kelompok perlakuan yang menerima perawatan rutin
dan perawatan dari program edukasi hipertensi dalam bentuk modul. Data
dikumpulkan sebanyak dua kali dengan menggunakan kuesioner self-management
yang valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi
dan analisis inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa total skor perilaku manajemen diri pada
kelompok eksperimen secara signifikan lebih tinggi setelah menerima perawatan dari
program pendidikan hipertensi dibandingkan total skor sebelum berpartisipasi dalam
program (p < 0,00). Selain itu, total skor perilaku manajemen diri dari kelompok
eksperimen secara signifikan lebih tinggi daripada kelompok kontrol pada minggu
kelima (p < 0,00).
Penelitian ini merekomendasikan bahwa program pendidikan hipertensi dapat
meningkatkan perilaku pengelolaan diri lansia dengan hipcrtensi primer. Saran
dibuat untuk. memperluas penerapan program ini dalam berbagai konteks dan untuk
memperluas pengetahuan untuk praktek keperawatan dan penelitian.
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.