Detail Cantuman

Image of Pengaruh Program Edukasi Hipertensi Terhadap Perilaku Self-Management Lansia Penderita Hipertensi Primer di Puskesmas Bnjar III Kota Banjar

 

Pengaruh Program Edukasi Hipertensi Terhadap Perilaku Self-Management Lansia Penderita Hipertensi Primer di Puskesmas Bnjar III Kota Banjar


Hipertensi merupakan salah satu penyakit tidak menular yang menjadi
masalah kesehatan kronik di masyarakat. Pemberian edukasi hipertensi pada ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001140700209610.73 Yun p/R.22.257Perpustakaan Pusat (REF.257)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    610.73 Yun p/R.22.257
    Penerbit MAGISTER KEPERAWATAN KEPERAWATAN UNPAD : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xix, 102 hlm. ; il. ; 29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    610.73 Yun p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Hipertensi merupakan salah satu penyakit tidak menular yang menjadi
    masalah kesehatan kronik di masyarakat. Pemberian edukasi hipertensi pada lansia
    penderita hipertensi primer merupakan salah satu upaya dalam mengendalikan dan
    mempertahankan tekanan darah dalam batas normal. Tujuan penelitian ini untuk
    menguji pengaruh program edukasi hipertensi terhadap perilaku self-management
    lansia penderita hipertensi primer.

    Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan
    rancangan pre and post-test control group design. Teknik pengambilan sampel
    menggunakan metode cluster random sampling dengan jumlah 44 sampel dalam
    setiap kelompok dan total 88 sampel. Subyek dibagi menjadi kelompok kontrol yang
    menerima perawatan rutin, dan kelompok perlakuan yang menerima perawatan rutin
    dan perawatan dari program edukasi hipertensi dalam bentuk modul. Data
    dikumpulkan sebanyak dua kali dengan menggunakan kuesioner self-management
    yang valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi
    dan analisis inferensial.

    Hasil penelitian menunjukkan bahwa total skor perilaku manajemen diri pada
    kelompok eksperimen secara signifikan lebih tinggi setelah menerima perawatan dari
    program pendidikan hipertensi dibandingkan total skor sebelum berpartisipasi dalam
    program (p < 0,00). Selain itu, total skor perilaku manajemen diri dari kelompok
    eksperimen secara signifikan lebih tinggi daripada kelompok kontrol pada minggu
    kelima (p < 0,00).

    Penelitian ini merekomendasikan bahwa program pendidikan hipertensi dapat
    meningkatkan perilaku pengelolaan diri lansia dengan hipcrtensi primer. Saran
    dibuat untuk. memperluas penerapan program ini dalam berbagai konteks dan untuk
    memperluas pengetahuan untuk praktek keperawatan dan penelitian.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi