Detail Cantuman

Image of Peranan Pemberian Treatment The Elephant Terhadap Peningkatan Durasi Atensi Pada Anak Yang Mengalami Attention Deficit Disorder (ADD)

 

Peranan Pemberian Treatment The Elephant Terhadap Peningkatan Durasi Atensi Pada Anak Yang Mengalami Attention Deficit Disorder (ADD)


PERANAN PEMBERIAN TREATMENT THE ELEPHANT
TERBADAP PENlNGKATAN DURASI ATENSI PADA ANAK
Y ANG MENGALAMI ATTENTION DEFICIT DISORDER ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001120700497155.4 uma p/R.19.72Perpustakaan Pusat (REF.19.72)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    155.4 uma p/R.19.72
    Penerbit Magister Psikologi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xx, 130 hlm. ; il. ; 29 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    155.4 uma p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • PERANAN PEMBERIAN TREATMENT THE ELEPHANT
    TERBADAP PENlNGKATAN DURASI ATENSI PADA ANAK
    Y ANG MENGALAMI ATTENTION DEFICIT DISORDER (ADD)

    Siti Hawa Umayya

    Universitas Padjadjaran

    ABSTRAK

    ADD merupakan salah satu tipe dari Attention Deficit Hyperactivity
    Disorder (ADHD), yaitu tipe inatensi (kurang dapat memperhatikan). Menurut
    Diagnostic and Statistical Marrual of Mental Disorders Text Rivised (DSM IV­
    TR). individu dikatakan mengalami ADHD tipe inatensi (ADD) jika pada
    individu tersebut kriteria inatensi terpenuhi tetapi kriteria hiperaktivitas dan
    impulsivitas tidak dipenuhi selama 6 bulan terakhir. Hat seperti ini juga terjadi di
    salah satu SD swasta X di kotamadya Bandung didapatkan kondisi bahwa saat
    guru menerangkan materi pelajaran, enam orang anak kelas 2 terlihat tidak
    memperhatikan guru dan merupakan tipe ADD. Dan untuk mencapai hasil yang
    maksimal, dalam proses belajar diperlukan atensi (kemampuan untuk
    menfokuskan terhadap suatu tugas) yang baik. Hannaford mengatakan bahwa
    Brain Gym efektif mengatasi permasalahan yang dialami anak-anak tersebut
    Salah satu gerakan Brain Gym yang menurutnya efektif digunakan bagi anak
    ADD adalah The Elephant. The Elephant adalah treatment yang dapat
    meningkatkan atensi dengan cara melatib anak melakukan gerakan tertentu yang
    dapat merangsang keseluruhan sistem vestibuler, sebingga RAS menjadi
    teraktivasi dan atensi akan meningkat

    Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengukuran mengenai peranan
    treatment The Elephant terhadap peningkatan durasi atensi pada anak yang
    mengalami Attention Deficit Disorder (ADD) sebelum dan sesudah diberikan
    treatment. Untuk mengrji peranan treatment The Elephant digunakan pendekatan
    quasi experiment dan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
    adalah One Group Pre-Test-Post-Test Design. Subjek penelitian ini adalab lima
    orang murid SD swasta X keJas 2, satu laki-Iaki dan 4 perempuan, usia 7-8 tabun
    yang didiagnosis mengalami ADD berdasarkan kriteria DSM IV - TR. Data
    mengenai durasi atensi diperoleh dari hasil observasi saat anak harus
    memfokuskan perhatian pada tugas yang sedang dikerjakmmya dengan
    menggunakan Jembar panduan observasi durasi atensi, stopwatch untuk
    menghitung durasi atensi anak, serta alat bantu kamera perekam. Selain data PERANAN PEMBERIAN TREATMENT THE ELEPHANT
    TERBADAP PENlNGKATAN DURASI ATENSI PADA ANAK
    Y ANG MENGALAMI ATTENTION DEFICIT DISORDER (ADD)

    Siti Hawa Umayya

    Universitas Padjadjaran

    ABSTRAK

    ADD merupakan salah satu tipe dari Attention Deficit Hyperactivity
    Disorder (ADHD), yaitu tipe inatensi (kurang dapat memperhatikan). Menurut
    Diagnostic and Statistical Marrual of Mental Disorders Text Rivised (DSM IV­
    TR). individu dikatakan mengalami ADHD tipe inatensi (ADD) jika pada
    individu tersebut kriteria inatensi terpenuhi tetapi kriteria hiperaktivitas dan
    impulsivitas tidak dipenuhi selama 6 bulan terakhir. Hat seperti ini juga terjadi di
    salah satu SD swasta X di kotamadya Bandung didapatkan kondisi bahwa saat
    guru menerangkan materi pelajaran, enam orang anak kelas 2 terlihat tidak
    memperhatikan guru dan merupakan tipe ADD. Dan untuk mencapai hasil yang
    maksimal, dalam proses belajar diperlukan atensi (kemampuan untuk
    menfokuskan terhadap suatu tugas) yang baik. Hannaford mengatakan bahwa
    Brain Gym efektif mengatasi permasalahan yang dialami anak-anak tersebut
    Salah satu gerakan Brain Gym yang menurutnya efektif digunakan bagi anak
    ADD adalah The Elephant. The Elephant adalah treatment yang dapat
    meningkatkan atensi dengan cara melatib anak melakukan gerakan tertentu yang
    dapat merangsang keseluruhan sistem vestibuler, sebingga RAS menjadi
    teraktivasi dan atensi akan meningkat

    Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengukuran mengenai peranan
    treatment The Elephant terhadap peningkatan durasi atensi pada anak yang
    mengalami Attention Deficit Disorder (ADD) sebelum dan sesudah diberikan
    treatment. Untuk mengrji peranan treatment The Elephant digunakan pendekatan
    quasi experiment dan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
    adalah One Group Pre-Test-Post-Test Design. Subjek penelitian ini adalab lima
    orang murid SD swasta X keJas 2, satu laki-Iaki dan 4 perempuan, usia 7-8 tabun
    yang didiagnosis mengalami ADD berdasarkan kriteria DSM IV - TR. Data
    mengenai durasi atensi diperoleh dari hasil observasi saat anak harus
    memfokuskan perhatian pada tugas yang sedang dikerjakmmya dengan
    menggunakan Jembar panduan observasi durasi atensi, stopwatch untuk
    menghitung durasi atensi anak, serta alat bantu kamera perekam. Selain data
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi