Pengaruh Informasi Website Perpustakaan Terhadap Sikap Mahasiswa
Penggunaan intern et telah menjadi bagian penting dalam segala aspek
kehidupan terutama pada bidang pendidikan. Infonnasi website ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001140700208 020 Sul p/ 21.28 Perpustakaan Pusat (REF 21.28) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 020 Sul p/ 21.28Penerbit Magister Ilmu Komunikasi : Bandung., 2014 Deskripsi Fisik xvi, 222 hlm. ; ill. ; 29 cm.Bahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 020 Sul pTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Sulastri,Sri -
Penggunaan intern et telah menjadi bagian penting dalam segala aspek
kehidupan terutama pada bidang pendidikan. Infonnasi website perpustakaan
Universitas Bina Nusantara merupakan sumber infonnasi yang dapat dipergunakan
oleh mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan informasi ilmiahnya. Hal ini ditandai
dengan banyaknya akses mahasiswa pada website perpustakaan setiap bulannya.
Akses terhadap infonnasi dalam website dipengaruhi oleh pengetahuan terdahulu
mahasiswa dan juga infonnasi yang mempunyai nilai dan kualitas. Penelitian
dilakukan untuk mengetahui besarnya pengaruh infonnasi website perpustakaan
berdasarkan teori integrasi informasi menurut Feishbein dilihat dari aspek valensi atau
nilai infonnasi dan bobot infonnasi sebagai variable bebas (X) terhadap sikap
mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan infonnasi ilmiah dalam hal ini variabcl terikat
(Y). Selain itu juga untuk mengetahui besarnya pengaruh pengetahuan terdahulu
sebagai variabel antisendent (A) terhadap valensi dan bobot informasi. Dalam
penelitian ini populasi sebesar 1371 orang, dan untuk penarikan sampel digunakan
rumus Yamane dengan tingkat kesalahan 5%, sehingga diperoleh 310 sampel,
penentuan sampel dilakukan dengan cara mengundi Nomor Registrasi Pokok
Mahasiswa. Pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis jalur dengan terlebih
dahulu merubah skala data ordinal menjadi interval melalui teknik Method of
Successive Interval. Dari penelitian yang dilakukan diketahui bahwa secara simultan
infonnasi website perpustakaan memiliki pengaruh secara signifikan terhadap sikap
mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan infonnasi ilmiah, melalui valensi dan bobot
infonnasi. Berdasarkan hasil analisis jalur, valensi dan bobot infonnasi berpengaruh
baik secara langsung maupun tidak langsung dengan bobot infonnasi merupakan
variable yang paling berpengaruh terhadap sikap mahasiswa. Se11a pengetahuan
terdahulu memiliki pengaruh yang signifikan terhadap valensi dan bobot informasi. -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.