Detail Cantuman

Image of Pelatihan discrimination of figure and ground untuk meningkatkan kemampuan pengidentifikasian huruf di dalam prpses pra membaca pada anak usia pra sekolah

 

Pelatihan discrimination of figure and ground untuk meningkatkan kemampuan pengidentifikasian huruf di dalam prpses pra membaca pada anak usia pra sekolah


Penelitian ini bermaksud untuk menemukan modul pelatihan yang sesuai dalam
embangkan keterampilan Discrimination of Figure and Ground yang ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001120700118370.15 Sar p/R.19.213Perpustakaan Pusat (REF.213)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    370.15 Sar p/R.19.213
    Penerbit Magister Psikologi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    98 hlm.; 27 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    370.15 Sar p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini bermaksud untuk menemukan modul pelatihan yang sesuai dalam
    embangkan keterampilan Discrimination of Figure and Ground yang dibutuhkan anak
    dapat mengindentifikasikan huruf di dalam suatu kata pada proses pra membaca.
    pa penelitian yang telah dilakukan sebelumnya menyebutkan bahwa keterampilan

    tmination of Figure and Ground adalah salah satu keterampilan pra syarat yang penting

    " i oleh anak untuk mempunyai keterampilan Visual Discrimination yang menjadi bekal
    di dalam proses membaca.

    Ketermapilan Discrimination of Figure and Ground merupakan hal yang dapat dilatih
    dikembangkan. Salah satu tipe pembelajaran adalah melalui bentuk: pelatihan. Hasil akhir
    belajaran yang ditujukan dalam penelitian ini adalah sampai tahap kognitif level aplikasi.
    . pelatihan disusun berdasarkan hasil analisa kebutuhan berkaitan dengan kondisi yang

    u ditingkatkan pada keterampilan pra syarat Visual Discrimination subjek penelitian,

    litian ini termasuk penelitian field experimental, yaitu kajian penelitian dalam situasi
    dengan memanipulasi satu variabel bebas dan dengan mengontrol secara cermat
    kondisi yang mungkin timbul dalam suatu situasi. Rancangan penelitian adalah Single Group
    Pre-Test- Post-Test Design (Before-After), dengan melakukan pengukuran dua kali sebelum
    clan dua kali sesudah pemberian treatment berupa pelatihan. Uji statistik yang digunakan
    adalah uji Paired Sample T- Test dan yang menjadi subjek penelitian adalah target populasi,
    'tu anak yang memiliki keterampilan Discrimination of Figure and Ground dengan tingkat
    bmatangan yang kurang dan belum optimal

    Hasil uji statistik menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat
    bterampilan Discrimination of Figure and Ground pada subjek penelitian sebelum dan
    IeSUdah diberikan pelatihan (dengan taraf signifikasi 95%). Hal ini menunjukkan bahwa
    'ek penelitian sudah lebih mampu untuk memfokuskan perhatiannya terhadap huruf yang
    Ida pada suatu kata, mendiskriminasikan bentuk: bentuk: huruf yang beragam, serta
    , dentifikasikanhuruf-huruf pada suatu kata. Di akhir penelitian ada beberapa saran
    diajukan, baik dalam bentuk: teoritis maupun praktis, berkaitan dengan penelitian
    telanjutnya dan hal-hal yang mendukung pengembangan keterampilan Discrimination of
    Figure and Ground di dalam proses pra membaca.

  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi