Detail Cantuman

Image of Komunikasi Siswa Berkebutuhan Khusus Di ruang Kelas (Studi Kasus Komunikasi di SMA Mutiara Bunda Bandung - Jawa Barat )

 

Komunikasi Siswa Berkebutuhan Khusus Di ruang Kelas (Studi Kasus Komunikasi di SMA Mutiara Bunda Bandung - Jawa Barat )


Enang Yusuf Nurjaman, 210120120041, Tesis, Komunikasi Siswa
Berkebutuhan Khusus di Ruang Kelas (Etnografi komunikasi di SMA Mutiara

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001120700516302 Nur k/ 21.45Perpustakaan Pusat (REF 21.45.1)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    302 Nur k/ 21.45
    Penerbit Magister Ilmu Komunikai : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    198 HLM,; 29 CM.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    302 Nur k
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Enang Yusuf Nurjaman, 210120120041, Tesis, Komunikasi Siswa
    Berkebutuhan Khusus di Ruang Kelas (Etnografi komunikasi di SMA Mutiara
    Bunda, Bandung-Jawa Barat), Pembimbing : Dr. Antar Venus, M.A.Comm,
    Dr. Dadang Sugiana, M.Si. Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran.

    Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan
    etnografi komunikasi, tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1).menjelaskan
    situasi komunikatif atau konteks terjadinya komunikasi siswa berkebutuhan
    khusus di dalam kelas sekolah inklusif (2). menjelaskan peristiwa komunikasi
    khas yang terjadi di ruang kelas sekolah inklusif, (3). menjelaskan tindak
    komunikatif yang terdapat dalam perilaku siswa berkebutuhan khusus di dalam
    kelas sekolah inklusif. Informan penelitian dipilih secara purposive sampling.
    Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan
    analisis dokumen. Data penunjang penelitian diperoleh dari analisis dokumen
    dan wawancara dengan pihak yang relevan dengan masalah sekolah inklusif
    dan pendidikan siswa berkebutuhan khusus.

    Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Situasi komunikasi siswa
    berkebutuhan khusus di ruang kelas diatur agar kelas kondusif dengan
    memperhatikan ukuran kelas, tata letak bangku, jarak antar siswa,
    pencahayaan, warna dinding kelas dan aroma ruangan kelas (2). Peristiwa
    komunikasi siswa berkebutuhan khusus di ruang kelas terdiri dari (a). interaksi
    siswa berkebutuhan khusus dengan guru home base teacher dan gum mata
    pelajaran, (b). interaksi siswa berkebutuhan khusus dengan siswa reguler.
    lnisiatif komunikasi lebih banyak dimulai oleh guru dan siswa reguler
    (3).Tindak komunikasi siswa berkebutuhan khusus di ruang kelas bersifat
    verbal untuk berinteraksi dalam bentuk pertanyaan, permintaan, perintah clan
    nonverbal untuk menunjukan kehilangan konsentrasi, bad mood dan marah.
    Tindak komunikasi lebih dominan bahasa nonverbal dari pada verbal.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi