Detail Cantuman

Image of Komunikasi nonverbal proksemik dalam metode quantum learning

 

Komunikasi nonverbal proksemik dalam metode quantum learning


ABSTRAK

Agus Setiaman, L2G04062, 2009, Bidang Kajian Utama Ilmu Komunikasi,
Program Pascasarjana, Universitas Padjadjaran. ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001090700007302.259 823 31 Set k/R.P.16Perpustakaan Pusat (REF.P.16)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    302.259 823 31 Set k/R.P.16
    Penerbit Program Pascasarjana Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xvi,;231 hlm,;29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    302.259 823 31 Set k
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK

    Agus Setiaman, L2G04062, 2009, Bidang Kajian Utama Ilmu Komunikasi,
    Program Pascasarjana, Universitas Padjadjaran. Tesis ini berjudul,
    "Komunikasi Nonverbal Proksemik dalam Metode Quantum Learning, dibawah
    bimbingan Pro! Dr. Hj. Mien Hidayat, Dra., MS sebagai dosen pembimbing
    pertama dan pembimbing kedua Pro! Dr. H Soeganda Priyatna, Drs., MM

    Tujuan penelitian adalah mengetahui penggunaan komunikasi nonverbal
    proksemikfixed-features space (bentuk ruang kelas), semi-fixed featured space
    (atribut ruang kelas) dan informal space (penggunaan jarak/wilayah) dalam
    metode quantum learning di SMU Plus Muthahhari Bandung.

    Penelitian ini menggunakan metode studi kasus eksploratif dengan tehnik
    pengumpulan data wawancara mendalam, observasi, studi kepustakaan dan
    dokumentasi, adapun tehnik pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui
    credibility sumber yakni pakar yang memiliki kapabilitas dan kompetensi yang
    tidak diragukan lagi.

    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan ruang kelas dalam metode
    quantum learning yang khas terletak pada kebijakan pihak sekolah dimana siswa
    memiliki kebebasan dalam menetapkan pengelolaan itu, otonomi yang dimiliki
    siswa yang menjadikan siswa mengembangkan diri termasuk kreatifitas yang
    dimilikinya, pada akhirnya iklim kreatif inilah yang memacu kompetisi yang
    se hat. Penggunaan semi-fixed featured yang khas dalam metode quantum
    learning adalah lingkungan sosial yang menyenangkan yang menumbuhkan rasa
    percaya diri, harga diri dan bersikap kritis. Jarak atau wilayah ketika
    berkomunikasi yang dominan adalah jarak sosial dan jarak personal.

    Saran-saran dari hasil penelitian ini adalah sebaiknya sekolah menetapkan
    program berorientasi kepada kebutuhan siswa (student oriented), siswa diberikan
    kebebasan dalam pengelolaan ruang kelas dan sebaiknya lingkungan sekolah di
    tata sedemikian rupa sehingga tercipta lingkungan sosial yang menyenangkan,
    sehingga lingkungan sosial yang kondusif dapat diraih.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi