Detail Cantuman

Image of Kampanye inisiasi menyusu dini dan asi eksklusif (studi kasus di rumah sakit immanuel bandung)

 

Kampanye inisiasi menyusu dini dan asi eksklusif (studi kasus di rumah sakit immanuel bandung)


Penelitian ini berjudul "Kampanye Inisiasi Menyusu Dini dan ASI
Eksklusif' (Studi Kasus Kampanye Inisiasi Menyusu Dini dan ASI Eksklusif di ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001110700325302.2 Mar k/R.21.118Perpustakaan Pusat (REF.21.118)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    302.2 Mar k/R.21.118
    Penerbit Magister Ilmu Komunikasi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    v, 161 hlm. ; ill. ; 29 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    302.2 Mar k
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini berjudul "Kampanye Inisiasi Menyusu Dini dan ASI
    Eksklusif' (Studi Kasus Kampanye Inisiasi Menyusu Dini dan ASI Eksklusif di
    Rumah Sakit Immanue1 Bandung) diteliti oleh Ratna Martina, NPM
    210120080009 Fakultas Ilmu Komunikasi Program Pascasarjana Universitas
    Padjadjaran Bandung. Tim Pembimbing Dr. Bety R.F Sabur, dra., MS, sebagai
    ketua Tim Pembimbing dan Dr. Susanne Dida, dra., MM sebagai anggota Tim
    Pembimbing.

    Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengidentifikasi dan menganalisis proses
    komunikasi dalam kampanye IMD yang dilakukan RS. Immanue1 Bandung. 2)
    Menganalisis komponen komunikasi dalam kampanye IMD yang dilakukan RS.
    Immanuel Bandung. 3) Merumuskan model strategi komunikasi kampanye IMD
    yang dilakukan RS. Immanuel Bandung melalui pendekatan komunikasi
    kesehatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
    dengan menggunakan Studi Kasus. Data penelitian dikumpulkan dengan
    wawancara mendalam, observasi, dan studi pustaka. Dengan teknik analisis data
    dilakukan melalui tahap reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.

    Berdasarkan pembahasan hasil penelitian diperoleh simpulan sebagai
    berikut: Strategi kampanye yang dilakukan oleh Rumah Sakit Immanuel ini terdiri
    dari beberapa tahapan, yaitu: 1) Advokasi dan Pelatihan kepada tenaga kesehatan
    (Perawat dan Bidan), 2) Direct Campagne (Mother Teaching dan Komunikasi
    Interpersonal antara tenaga kesehatan dan pasien), 3) Media Campagne (Buku
    Panduan, Leaflet, Poster). Dari hasil penelitian mengenai komponen proses
    komunikasi dalam kampanye IMD dan ASI Eksklusif, komponen komunikasi
    dibagi menjadi 4 (cmpat) komponen, yaitu: 1) Komunikator adalah dari pihak
    KMS Obgyn Rumah Sakit Immanuel, yang terdiri dari dokter spesialis obsteri dan
    gynekologi, bidan, perawat, eo. Assistant. 2) Media yang digunakan adalah materi
    presentasi dalam bentuk slide, makalah dan buku pedoman untuk tenaga
    kesehatan, leaflet dan poster. 3) Komunikan terdiri dari ultimate target yaitu
    pasien dan intermediate target yaitu perawat dan bidan, 4) Pesan da1am kampanye
    ini adalah informasi tentang IMD dan ASI Eksklusif. Model kampanye IMD dan
    ASI Eksklusif di Rumah Sakit immanuel ini sesuai dengan teori health believe
    model, karena model ini dekat dengan pendidikan kesehatan.model ini
    menjelaskan kondisi-kondisi yang sangat diperlukan bagi terjadinya suatu
    perubahan perilaku. Model ini dapat digunakan untuk menganalisis berbagai
    pemikiran yang harus ditumbuhkan dalam diri khalayak melalui pesan-pesan
    kampanye, agar terjadi perubahan perilaku sesuai yang diinginkan. Health believe
    model memprediksi kemungkinan seseorang untuk lebih memperhatikan dan
    menjalankan anjuran untuk menjadi sehat. (melakukan tindakan preventif maupun
    kuratif.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi