Pemanfaatan Situs Jejaring Sosial "Facebook" Sebagai Media Pemasaran di Internet
Penggunaan situs jejaring sosial sangat marak dalam beberapa tahun belakangan ini.
Situs tersebut tidak hanya digunakan untuk ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001110700326 302.23 Put p/R.21.199 Perpustakaan Pusat (REF.199) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 302.23 Put p/R.21.199Penerbit Magister Ilmu Komunikasi : Bandung., 2011 Deskripsi Fisik xiv, 176 hlm. ; il. ; 29 cm.Bahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 302.23 Put pTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Putri, Dian Widya -
Penggunaan situs jejaring sosial sangat marak dalam beberapa tahun belakangan ini.
Situs tersebut tidak hanya digunakan untuk berhubungan satu sama lain melainkan juga untuk
kegiatan-kegiatan lain salah satunya kegiatan pemasaran. Dalam menggunakan face book
sebagai media pemasaran ada beberapa kegiatan pemasaran yang dilakukan terutama oleh
technopreuner atau enterpreuner yang memanfaatkan media dan teknologi dalam kegiatan
pemasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan dan strategi
pemasaran yang dilakukan technopreuner di situs jejaring sosial facebookyaitubauran
pemasaran, Komunikasi dari mulut kemulut atau Electronic Word of Mouth (EWOM), dan
pemeliharaan hubungan (Nurturing Relationship).
Adapun metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan studi kasus. Pada penelitian ini penulis menggunakan konsep computer mediated
communication (CMC), situs jejaring sosial, technopreuner, interaktivitas, dan kegiatan
pemasaran di internet. Selain itu peneliti juga menggunakan beberapa teori yaitu teori
kekayaan media dan teori pertukaran sosial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa para penggunafacebook di kota Bandung dalam
hal ini technopreuner melakukan kegiatan dan strategi berupa bauran pemasaran, Electronic
Word of Mouth (EWOM), dan Pemeliharaan Hubungan (nurturing relationship). Hasilnya
yaitu bauran pemasaran 4p yaitu product, price, place, dan promotion ditambah dengan
komunitas dan branding masih dapat digunakan dalam kegiatan pemasaran di internet di
internet walaupun tidak semua dapat diaplikasikan secara maksimal. Sementara itu EWOM
juga merupakan jenis promosi yang cocok dan efektif terhadap pemasaran di internet.
Selanjutnya pengguna facebook juga menggunakan situs jejaring sosial facebook dalam
melakukan pembinaan hubungan dengan pelanggan.
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.