Konstruksi Makna Budaya Telkom Studi Fenomenologi KOnstruksi Makna Budaya The Telkom Way Oleh Role Model Buaya Di Kantor Pusat PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk
Hanna Laila Yustitia Dewi, 210220100012. Konstruksi Makna Budaya Telkorn,
Studi Fenornenologi Konstruksi Makna Budaya The Telkom Way oleh ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001130700295 302.2 Dew k/R.21.74 Perpustakaan Pusat (REF.21.74) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 302.2 Dew k/R.21.74Penerbit Magister Ilmu Komunikasi : Bandung., 2013 Deskripsi Fisik xiii, 309 hlm. ; il. ; 29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 302.2 Dew kTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Dewi, Hanna Laila Yustitia -
Hanna Laila Yustitia Dewi, 210220100012. Konstruksi Makna Budaya Telkorn,
Studi Fenornenologi Konstruksi Makna Budaya The Telkom Way oleh Role Model
Budaya PT. Telekornunikasi Indonesia, tbk. Ketua Kornisi Pembimbing Dr. Nuryah
Asri Sjafirah, M.Si., dan anggota Komisi Pernbimbing Drs. Slamet Mulyana, M.Si.
Magister Ilrnu Kornunikasi. Program Pendidikan Magister. Program Studi
Komunikasi. Konsentrasi Komunikasi Bisnis.
Tesis ini bertujuan menelaah dan mernahami lebih lanjut bagairnana pengalarnan role
model budaya PT. Telekornunikasi Indonesia, tbk terhadap Budaya The Telkom Way
dan untuk mengetahui pernaknaan role model budaya PT. Telekornunikasi Indonesia,
tbk terhadap Budaya The Telkom Way; yang mernbentuk konstruksi makna role
model terhadap budaya itu sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenornenologi. Subyek penelitian adalah
para role model budaya PT. Telekornunikasi Indonesia, tbk yang menjadi sasaran
maupun pelaku irnplementasi dan internalisasi Budaya The Telkom Way.
Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam, pengamatan dan
studi dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman karyawan terhadap Budaya The
Telkom Way ditentukan oleh pengalaman masa lalunya terhadap budaya perusahaan
yang menimbulkan harapan terhadap terwujudnya budaya perusahaan yang ideal.
Pengalaman tersebut dibagi melalui simbol-simbol kisah, khususnya kisah mengenai
kepernimpinan para direktur utarna PT. Telkom dan budaya yang diwariskan.
Berdasarkan pengalaman masa lalunya, role model rnengungkapkan bahwa budaya
The Telkom Way termasuk budaya yang diterima dengan baik dan cepat oleh
karyawan. Beberapa nilai dianggap tepat menjawab kebutuhan perusahaan dan telah
diterapkan pula. Akan tetapi role model masih menganggap budaya The Telkom Way
belum maksimal diterapkan karena kurangnya kornitmen dan contoh dari para
mimpinan.
Sementara itu pernaknaan role model terhadap Budaya The Telkom Way juga
ditentukan oleh pernaknaannya terhadap budaya-budaya perusahaan sebelumnya.
Role model mernaknai budaya perusahaan sebagai nilai-nilai positif maupun negatif
yang dimiliki perusahaan. Budaya dapat diarahkan oleh manajemen untuk membantu
mencapai target bisnis dan implernentasinya iebih penting ketimbang konsepnya
sendiri karena harus mampu menyentuh hingga level perilaku karyawan. Didasari
oleh pemaknaan tersebut, role model menyampaikan pernaknaannya tentang Budaya
The Telkom Way yang mana menurut para role model telah diterima dan dipahami
namun implementasinya belum menyentuh level perilaku (behavior) baik pada
karyawan maupun pimpinan. Budaya The Telkorn Way juga dimaknai belurn sukses
menjadi 'power beyond strategi', dimana diharapkan dapat mernberikan impact
terhadap bisnis. -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.