Detail Cantuman

Image of BAKTERI PENGHASIL ENZIM DAN GEN PENYANDI SELULASE BERASAL DARI RUMPUT LAUT Eucheuma sp., Gracilaria sp., Saargassum sp.

 

BAKTERI PENGHASIL ENZIM DAN GEN PENYANDI SELULASE BERASAL DARI RUMPUT LAUT Eucheuma sp., Gracilaria sp., Saargassum sp.


ABSTRAK
Mauli Dian Pertiwi (Dibimbing Oleh: Ayi Yustiati dan Iskandar). 2014. Bakteri Penghasil Enzim dan Gen Penyandi Selulase Berasal dari ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001140700030639 Per b / R 15.12Perpustakaan Pusat (Ref 15.12)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    639 Per b / R 15.12
    Penerbit Program Pasca Sarjana : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiii,;125 hlm,;29,5 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    639
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK
    Mauli Dian Pertiwi (Dibimbing Oleh: Ayi Yustiati dan Iskandar). 2014. Bakteri Penghasil Enzim dan Gen Penyandi Selulase Berasal dari Rumput Laut Eucheuma sp., Gracilaria sp., Sargassum sp.
    Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan isolat murni bakteri selulolitik dari rumput taut yang berpotensi sebagai penghasil enzim selulase, mengidentifikasi jenis bakteri menggunakan marks molekuler gen 16S rRNA dan mengkarakterisasi gen penyandi selulase dari isolat bakteri tersebut. Sampel rumput laut Eucheuma sp berasal dari perairan Cantigi, Indramayu dan sampel Gracilaria sp serta Sargassum sp berasal dari perairan Sancang, Garut. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Mikrobiologi dan Bioteknologi, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Padjadjaran. Metode penelitian adalah analisis deskriptif dengan membandingkan hasil identifikasi molekuler gen 16S rRNA dan gen penyandi selulase dengan sekuen dari data GeneBank. Tahapan penelitian meliputi isolasi dan pemurnian bakteri, uji indeks selulolitik dengan CMC, uji gula pereduksi menggunakan metode Somogyi-Nelson, analisis molekuler gen 16S rRNA serta fragmen gen penyandi selulase dan analisis bioinformatika. Hasil penelitian menunjukkan indeks selulolitik pada isolat bakteri dari Eucheuma sp sebesar 1.02 mm, isolat bakteri dari Gracilaria sp sebesar 2.11 mm dan isolat bakteri dari Sargassum sp sebesar 1.89 mm. Hasil identifikasi molekuler menggunakan gen 16S rRNA homolog dengan sekuen bakteri Oceanobacillus sp dan Bacillus cereus dan hasil verifikasi sekuen penyandi selulase yang berasal dari bakteri di rumput !ant homolog dengan Bacillus subtilis BSn5, Bacillus subtilis dan Bacillus amyloliquefaciens. Karakterisasi gen penyandi selulase dari bakteri Bacillus subtilis BSn5, Bacillus subtilis dan Bacillus amyloliquefaciens memiliki domain katalitik Glyco Hydrolase 5 (GH 5) dan domain Carbohidrate binding modul tipe 3 (CBM3).
    Kata kunci: Eucheuma sp, Gracilaria sp, Sargassum sp, Bakteri Sell&litik, 16S rRNA, Selulase
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi