Detail Cantuman

Image of Pengaruh pemasaran eksperiensial dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa di Universitas Widyatama Bandung

 

Pengaruh pemasaran eksperiensial dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa di Universitas Widyatama Bandung


Annisa Lisdayanti 120820080201, Pengaruh Pemasaran Eksperiensial dan
Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Universitas Widyatama ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001130700032658 Lis p/R. 12.143Perpustakaan Pusat (REF.12.143)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    658 Lis p/R. 12.143
    Penerbit Program Magister Manajemen Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xii,159 hlm. Ilus ; 29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    658
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Annisa Lisdayanti 120820080201, Pengaruh Pemasaran Eksperiensial dan
    Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Universitas Widyatama
    Bandung, di bawah bimbingan Prof. Dr. H. Surachman Sumawiharja dan Dr. Hj.
    Meydia Hasan, SE, MS.

    Universitas Widyatama adalah salah satu perusahaan pemberi jasa di bidang
    pendidikan yang merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di kota Bandung.
    Dengan pesatnya permintaan jasa pendidikan sudah tentu diiringi timbulnya
    persaingan di antara perguruan tinggi. Mahasiswa sebagai konsumen jasa
    perguruan tinggi pada dasamya menilai pengalaman yang dirasakannya selama
    mengkonsumsi jasa pendidikan tinggi tersebut. Selain itu kualitas pelayanan dari
    perguruan tinggi menjadi salah satu faktor penting dalam jasa pendidikan,
    termasuk untuk menciptakan kepuasan mahasiswa itu sendiri.

    Akan tetapi, permasalahan yang dialami oleh perguruan tinggi swasta adalah
    turunnya minat mahasiswa yang mendaftar di perguruan tinggi swasta tersebut hal
    ini disebabkan kurangnya pemasaran yang mampu menyentuh emosi dan rasio.
    Selain itu kurangnya kualitas pelayanan dari pihak manajemen perguruan tinggi.
    Hal ini dialami pula oleh Universitas Widyatama. Sebagaimana telah diungkapkan
    di atas, maka pada penelitian ini diidentifikasi hal-hal sebagai berikut: bagaimana
    tanggapan mahasiswa mengenai pemasaran eksperiensial, bagaimana tanggapan
    mahasiswa mengenai kualitas pelayanan, bagaimana pemenuhan kepuasan
    mahasiswa oleh Universitas Widyatama dan sejauh mana pemasaran eksperiensiai
    dan kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan mahasiswa.

    Penelitian ini bersifat deskriptif dan verifikatif, terhadap 373 sampel mahasiswa
    dari populasi mahasiswa Universitas Widyatama sebanyak 5565 mahasiswa.
    Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analisys).

    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran eksperiensial dan kualitas
    pelayanan yang dilakukan oleh Universitas Widyatama sudah cukup baik. Dan
    mahasiswa sudah merasa puas terhadap Universitas Widyatama.

    Dari hasil pengujian statistik dengan menggunakan analisis jalur menunjukkan
    bahwa pengaruh pemasaran eksperiensial dan kualitas pelayanan terhadap
    kepuasan mahasiswa Universitas Widyatama cukup tinggi, akan tetapi faktor­
    faktor di luar pemasaran eksperiensial dan kualitas pelayanan yang tidak diteliti
    oleh penulis seperti bauran pemasaran mungkin berpengaruh lebih besar terhadap
    kepuasan mahasiswa Universitas Widyatama.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi