Pengaruh pemasaran eksperiensial dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa di Universitas Widyatama Bandung
Annisa Lisdayanti 120820080201, Pengaruh Pemasaran Eksperiensial dan
Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Universitas Widyatama ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001130700032 658 Lis p/R. 12.143 Perpustakaan Pusat (REF.12.143) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 658 Lis p/R. 12.143Penerbit Program Magister Manajemen Unpad : Bandung., 2013 Deskripsi Fisik xii,159 hlm. Ilus ; 29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 658Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek -Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Lisdayanti, Annisa -
Annisa Lisdayanti 120820080201, Pengaruh Pemasaran Eksperiensial dan
Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Universitas Widyatama
Bandung, di bawah bimbingan Prof. Dr. H. Surachman Sumawiharja dan Dr. Hj.
Meydia Hasan, SE, MS.
Universitas Widyatama adalah salah satu perusahaan pemberi jasa di bidang
pendidikan yang merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di kota Bandung.
Dengan pesatnya permintaan jasa pendidikan sudah tentu diiringi timbulnya
persaingan di antara perguruan tinggi. Mahasiswa sebagai konsumen jasa
perguruan tinggi pada dasamya menilai pengalaman yang dirasakannya selama
mengkonsumsi jasa pendidikan tinggi tersebut. Selain itu kualitas pelayanan dari
perguruan tinggi menjadi salah satu faktor penting dalam jasa pendidikan,
termasuk untuk menciptakan kepuasan mahasiswa itu sendiri.
Akan tetapi, permasalahan yang dialami oleh perguruan tinggi swasta adalah
turunnya minat mahasiswa yang mendaftar di perguruan tinggi swasta tersebut hal
ini disebabkan kurangnya pemasaran yang mampu menyentuh emosi dan rasio.
Selain itu kurangnya kualitas pelayanan dari pihak manajemen perguruan tinggi.
Hal ini dialami pula oleh Universitas Widyatama. Sebagaimana telah diungkapkan
di atas, maka pada penelitian ini diidentifikasi hal-hal sebagai berikut: bagaimana
tanggapan mahasiswa mengenai pemasaran eksperiensial, bagaimana tanggapan
mahasiswa mengenai kualitas pelayanan, bagaimana pemenuhan kepuasan
mahasiswa oleh Universitas Widyatama dan sejauh mana pemasaran eksperiensiai
dan kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan mahasiswa.
Penelitian ini bersifat deskriptif dan verifikatif, terhadap 373 sampel mahasiswa
dari populasi mahasiswa Universitas Widyatama sebanyak 5565 mahasiswa.
Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analisys).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran eksperiensial dan kualitas
pelayanan yang dilakukan oleh Universitas Widyatama sudah cukup baik. Dan
mahasiswa sudah merasa puas terhadap Universitas Widyatama.
Dari hasil pengujian statistik dengan menggunakan analisis jalur menunjukkan
bahwa pengaruh pemasaran eksperiensial dan kualitas pelayanan terhadap
kepuasan mahasiswa Universitas Widyatama cukup tinggi, akan tetapi faktor
faktor di luar pemasaran eksperiensial dan kualitas pelayanan yang tidak diteliti
oleh penulis seperti bauran pemasaran mungkin berpengaruh lebih besar terhadap
kepuasan mahasiswa Universitas Widyatama. -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.