Text
PENGEMBANGAN ALAT UKUR KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA PADA SISWA SMA KELAS X KOTA BANDUNG
Judul : Pengembangan Alat Ukur Kemampuan Pemahaman Membaca Pada
Siswa Kelas X Kota Bandung. Elizabeth Barbara. Magister Psikologi Profesi
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 010030008279 153 Eli p Perpustakaan Pusat (Reference Kls. 100 REF.19.13.2) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 153 Eli p/R.19.13.2Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor., 2018 Deskripsi Fisik xiv, 163 hlm. ; ill. ; 29,5 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 153Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik referencePernyataan Tanggungjawab ELIZABETH BARBARA SIANTURI -
Judul : Pengembangan Alat Ukur Kemampuan Pemahaman Membaca Pada
Siswa Kelas X Kota Bandung. Elizabeth Barbara. Magister Psikologi Profesi
Universitas Padjadjaran. 2018
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen pengukuran
pemaharnan mernbaca yang dirancang berdasarkan teori Reading Comprehension
(Dechant, 1991). Alat ukur pemahaman mernbaca ini terdiri dari 149 item
persoalan pilihan ganda. Alat ukur ini dirancang untuk rnengukur seberapa
mampu siswa dalam pemahaman mernbaca literal, organizational dan inferential
yang diterapkan pada tiga jenis teks yang berbeda yaitu narasi, eksposisi, dan
deskripsi. Alat ukur ini dikembangkan untuk diujikan kepada siswa SMA kelas
X di kota Bandung.
Sampel penelitian ini sebanyak 659 siswa yang dipillih berdasarkan teknik
non-random sampling. Evaluasi pro p erti psikometrik yang dilakukan pada
pengembangan alat ukur ini berupa reliabilitas, analisis tingkat kesukaran dan
daya pembeda items, serta validasi dari skor tes. Peneliti melakukan pengujian
reliabilitas dengan menggunakan koefisien Cronbach's alpha, dan composite
reliability untuk mengukur konsistensi internal dari instrumen pengukuran.
Pembuktian validitas alat ukur dilakukan melalui evidence based test content, dan
evidence based internal structure melalui confirmatory factor analysis.
Koefisien Cronbachs alpha untuk skor total alat ukur Pemaharnan
Membaca adalah 0,95 sedangkan skor reliabilitas pada masing-masing sub tes
pad a aspek pemahaman mernbaca literal sebesar 0,94; aspek pemahaman
membaca organizational sebesar 0,719;' dan aspek pernahaman membaca
inferential sebesar 0,799. Composite reliability untuk skor total alat ukur
pernahaman membaca sebesar 0,94 sedangkan aspek literal sebesar 0,926,
organizational sebesar 0,736, dan inferential sebesar 0,749.
Item dalam alat ukur kemampuan pemahaman membaca memiliki tingkat
kesukaran yang tergolong sedang. Rata-rata tingkat kesukaran item adalah 0,658.
Indeks daya pembeda pada rnasing-masing items menunjukkan kemampuan
membedakan yang tergolong baik dengan rata-rata indeks sebesar 0,347.
Confirmatory factor analysis pada alat ukur pemahaman membaca literal,
organizational dan inferential menunjukkan model fit. Nilai Goodness Fit of
Index dari kemampuan pernahaman membaca literal adalah X2(3J )=39,55, p=
0,13 , dengan skor RMSEA = 0,02 ; GFI = 0,99; NNFi = 1,0; CFI = 1,0; Nilai
Goodness Fit of Index dari kemampuan pemahaman mernbaca organizational
. adalah X2(26)=33.53, p= 0,1471, dengan skor RMSEA = 0,02 ; GFI = 0.99; NNFi
= 1,0; CFI = 1,0; Sedangkan nilai Goodness Fit of Index dari kernampuan
pcmahaman membaca inferential adalah X2(l4)= 11,89, p= 0,615, dengan skor
RMSEA = 0,026 ; GFl = 0,99; NNFi = 1,0; CFI = 1.0 -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.