Detail Cantuman

Image of SINERGITAS SEKOLAH DENGAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK (Analisis tentang Pelaksanaannya di SMAN 3 Unggulan Martapura Sumatera Selatan)

Text  

SINERGITAS SEKOLAH DENGAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK (Analisis tentang Pelaksanaannya di SMAN 3 Unggulan Martapura Sumatera Selatan)


Heni Ismiati. 170320150506. Sinergitas Sekolah dengan Orang Tua dalam
Pendidikan Anak (Analisis tentang Pelaksanaannya di SMAN 3 Unggulan

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    010030008319370.114 598 161 12 Hen sPerpustakaan Pusat (Reference Kls. 300)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    370.114 598 161 12 Hen s/R.17.199.1
    Penerbit Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xvi, 129 hlm. ; ill. ; 29,5 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    370.114 598 161 12
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    Reference
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Heni Ismiati. 170320150506. Sinergitas Sekolah dengan Orang Tua dalam
    Pendidikan Anak (Analisis tentang Pelaksanaannya di SMAN 3 Unggulan
    Martapura Sumatera Selatan). Program Magister Sosiologi. Fakultas Ilmu
    Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran, 2018.

    Tesis ini mengenai sinergitas sekolah dengan orang tua dalam pendidikan anak, khususnya
    pada jenjang Sekolah Menengah Atas. Pada tahap ini memungkinkan anak sudah dapat
    membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, dan interaksi sosial anak semakin luas,
    dengan demikian akan semakin banyak hal-hal yag mempengaruhinya. Tuntutan dari orang
    tua dalam memberikan pendidikan kepada anak-anaknya adalah menjadikan anaknya
    berprestasi dengan tujuan untuk masa depan anak guna memenuhi tuntutan lapangan
    peketjaan. Sedangkan disisi lain menurut data yang dihimpun oleh KP AI tahun 2016-2017,
    menunjukkan bahwa anak usia 14-18 tahun sebanyak 247 siswa melakukan pelanggaran di
    sekolah. Oleh karena itu diperlukan sinergitas sekolah dengan orang tua dalam pendidikan
    anak, sehingga penyimpangan yang dilakukan anak dapat diminimalisir dan prestasi anak
    dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sinergitas sekolah
    dengan orang tua dalam pendidikan anak yang meliputi, bagaimana peran sekolah dan
    orang tua dalam membangun sinergitas serta proses sinergitas yang terjadi di SMA Negeri
    3 Unggulan Martapura Sumatera Selatan. Metode penelitian yang digunakan yaitu
    kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam pene1itian ini yaitu
    dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa,
    sinergitas terjadi dengan adanya komitmen yang kuat dari orang tua dalam pendidikan
    anak. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal yang membantu orang tua memfasilitasi
    pendidikan anak dengan perannya dalam membangun sinergitas tersebut yaitu:
    menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan tertib, memiliki misi dan target mutu yang
    ingin dicapai, memiliki pemimpin yang kuat, mengembangkan staf sekolah secara terus
    menerus, melakukan komunikasi secara terus-menerus dengan orang tua peserta didik, dan
    melakukan evaluasi secara terus menerus pada bidang akademik dan administratif.
    Sedangkan peran orang tua yaitu, sebagai motivator, monitoring dan manajemen jam
    belajar anak, menjalin komunikasi dengan sekolah, dan membayar iuran wajib sekolah.
    Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa dengan terjadinya sinergitas ini tidak hanya
    meningkatkan prestasi belajar anak namun juga anak lebih disiplin dalam belajar.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi