Text
SINERGITAS SEKOLAH DENGAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK (Analisis tentang Pelaksanaannya di SMAN 3 Unggulan Martapura Sumatera Selatan)
Heni Ismiati. 170320150506. Sinergitas Sekolah dengan Orang Tua dalam
Pendidikan Anak (Analisis tentang Pelaksanaannya di SMAN 3 Unggulan
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 010030008319 370.114 598 161 12 Hen s Perpustakaan Pusat (Reference Kls. 300) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 370.114 598 161 12 Hen s/R.17.199.1Penerbit Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Unpad : Bandung., 2018 Deskripsi Fisik xvi, 129 hlm. ; ill. ; 29,5 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 370.114 598 161 12Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik ReferencePernyataan Tanggungjawab HENI ISMIATI -
Heni Ismiati. 170320150506. Sinergitas Sekolah dengan Orang Tua dalam
Pendidikan Anak (Analisis tentang Pelaksanaannya di SMAN 3 Unggulan
Martapura Sumatera Selatan). Program Magister Sosiologi. Fakultas Ilmu
Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran, 2018.
Tesis ini mengenai sinergitas sekolah dengan orang tua dalam pendidikan anak, khususnya
pada jenjang Sekolah Menengah Atas. Pada tahap ini memungkinkan anak sudah dapat
membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, dan interaksi sosial anak semakin luas,
dengan demikian akan semakin banyak hal-hal yag mempengaruhinya. Tuntutan dari orang
tua dalam memberikan pendidikan kepada anak-anaknya adalah menjadikan anaknya
berprestasi dengan tujuan untuk masa depan anak guna memenuhi tuntutan lapangan
peketjaan. Sedangkan disisi lain menurut data yang dihimpun oleh KP AI tahun 2016-2017,
menunjukkan bahwa anak usia 14-18 tahun sebanyak 247 siswa melakukan pelanggaran di
sekolah. Oleh karena itu diperlukan sinergitas sekolah dengan orang tua dalam pendidikan
anak, sehingga penyimpangan yang dilakukan anak dapat diminimalisir dan prestasi anak
dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sinergitas sekolah
dengan orang tua dalam pendidikan anak yang meliputi, bagaimana peran sekolah dan
orang tua dalam membangun sinergitas serta proses sinergitas yang terjadi di SMA Negeri
3 Unggulan Martapura Sumatera Selatan. Metode penelitian yang digunakan yaitu
kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam pene1itian ini yaitu
dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa,
sinergitas terjadi dengan adanya komitmen yang kuat dari orang tua dalam pendidikan
anak. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal yang membantu orang tua memfasilitasi
pendidikan anak dengan perannya dalam membangun sinergitas tersebut yaitu:
menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan tertib, memiliki misi dan target mutu yang
ingin dicapai, memiliki pemimpin yang kuat, mengembangkan staf sekolah secara terus
menerus, melakukan komunikasi secara terus-menerus dengan orang tua peserta didik, dan
melakukan evaluasi secara terus menerus pada bidang akademik dan administratif.
Sedangkan peran orang tua yaitu, sebagai motivator, monitoring dan manajemen jam
belajar anak, menjalin komunikasi dengan sekolah, dan membayar iuran wajib sekolah.
Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa dengan terjadinya sinergitas ini tidak hanya
meningkatkan prestasi belajar anak namun juga anak lebih disiplin dalam belajar.
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.