Text
EFEKTIVITAS COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN SOSIAL DALAM BERELASI PADA REMAJA
Kecemasan sosial adalah masalah kesehatan mental terbesar ketiga di dunia
saat ini dan remaja menjadi usia dari onset kecemasan sosial ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 010030008305 155.5 Afi e Perpustakaan Pusat (Reference Kls. 100 REF.19.86.1) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 155.5 Afi e REF.19.86.1Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Bandung., 2018 Deskripsi Fisik xix, 302 hlm. ; ill. ; 29,5 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 155.5Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik ReferencePernyataan Tanggungjawab Afinnisa Rasyida -
Kecemasan sosial adalah masalah kesehatan mental terbesar ketiga di dunia
saat ini dan remaja menjadi usia dari onset kecemasan sosial tersebut. Intervensi
terhadap kecemasan ini menjadi sangat penting untuk mencegah kecemasan sosial
berkembang menjadi gangguan kecemasan sosial pada masa dewasa. Cognitive
Behavior Therapy merupakan salah satu jenis intervensi psikologi yang diketahui
dapat digunakan untuk intervensi kecemasan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui efektivitas dari pemberian Cognitive Behavior Therapy terhadap
penurunan tingkat kecemasan sosial dalam berelasi pada remaja. Rancangan
penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design yang merupakan
sebuah desain penelitian dimana peneliti menggunakan satu kelompok dan
melakukan intervensi pada kelompok tersebut. Subjek penelitian adalah 5 orang
siswi SMA yang mengalami kecemasan sosial dalam berelasi. Kepada 5 orang
partisipan diberikan alat ukur kuesioner Liebowitz Social Anxiety Scale (LSAS)
yang sudah diadaptasi dalam Bahasa Indonesia dan intervensi CBT dalam 6 sesi.
Rancangan intervensi CBT diadaptasi dari teori Judith Beck (2011). Selain melalui
kuesioner, data juga diperoleh dengan menggunakan wawancara dan observasi.
Hasil Wilcoxon-signed Ranked Test memperlihatkan adanya perbedaan tingkat
kecemasan sosial dalam berelasi pada partisipan yang signifikan antara sebelum
dan sesudah diberikan intervensi CBT (z= -2.023, p -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.