Detail Cantuman

Image of EFEKTIVITAS COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN SOSIAL DALAM BERELASI PADA REMAJA

Text  

EFEKTIVITAS COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN SOSIAL DALAM BERELASI PADA REMAJA


Kecemasan sosial adalah masalah kesehatan mental terbesar ketiga di dunia
saat ini dan remaja menjadi usia dari onset kecemasan sosial ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    010030008305155.5 Afi ePerpustakaan Pusat (Reference Kls. 100 REF.19.86.1)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    155.5 Afi e REF.19.86.1
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xix, 302 hlm. ; ill. ; 29,5 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    155.5
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    Reference
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Kecemasan sosial adalah masalah kesehatan mental terbesar ketiga di dunia
    saat ini dan remaja menjadi usia dari onset kecemasan sosial tersebut. Intervensi
    terhadap kecemasan ini menjadi sangat penting untuk mencegah kecemasan sosial
    berkembang menjadi gangguan kecemasan sosial pada masa dewasa. Cognitive
    Behavior Therapy merupakan salah satu jenis intervensi psikologi yang diketahui
    dapat digunakan untuk intervensi kecemasan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk
    mengetahui efektivitas dari pemberian Cognitive Behavior Therapy terhadap
    penurunan tingkat kecemasan sosial dalam berelasi pada remaja. Rancangan
    penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design yang merupakan
    sebuah desain penelitian dimana peneliti menggunakan satu kelompok dan
    melakukan intervensi pada kelompok tersebut. Subjek penelitian adalah 5 orang
    siswi SMA yang mengalami kecemasan sosial dalam berelasi. Kepada 5 orang
    partisipan diberikan alat ukur kuesioner Liebowitz Social Anxiety Scale (LSAS)
    yang sudah diadaptasi dalam Bahasa Indonesia dan intervensi CBT dalam 6 sesi.
    Rancangan intervensi CBT diadaptasi dari teori Judith Beck (2011). Selain melalui
    kuesioner, data juga diperoleh dengan menggunakan wawancara dan observasi.
    Hasil Wilcoxon-signed Ranked Test memperlihatkan adanya perbedaan tingkat
    kecemasan sosial dalam berelasi pada partisipan yang signifikan antara sebelum
    dan sesudah diberikan intervensi CBT (z= -2.023, p
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi