Text
PENGALAMAN KOMUNIKASI PASIEN LUPUS DENGAN DOKTER DALAM PROSES KONSULTASI KESEHATAN DI RUMAH SAKIT
PENGALAMAN KOMUNlKASI PASIEN LUPUS DENGAN DOKTER
DALAM PROSES KONSULTASI KESEHATAN DI RUMAH SAKIT
Titih Nurhaipah, ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 010030008299 302.259 824 32 Tit p Perpustakaan Pusat (Reference Kls. 300) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 302.259 824 32 Tit p/R.21.210.5Penerbit Fakultas Ilmu Komunikasi UNPAD : Bandung., 2018 Deskripsi Fisik xiv, 287 hlm. ; ill. ; 29,5 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 302.259 824 32Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik ReferencePernyataan Tanggungjawab Titih Nurhaipah -
PENGALAMAN KOMUNlKASI PASIEN LUPUS DENGAN DOKTER
DALAM PROSES KONSULTASI KESEHATAN DI RUMAH SAKIT
Titih Nurhaipah, 210120150017. 2017. Tesis ini berjudul Pengalaman
Komunikasi Pasien Lupus dengan Dokter dalam Konsultasi Kesehatan di Rumah
Sakit, dengan ketua tim pembimbing Dr. Atwar Bajari, M.Si dan dengan anggota
tim pembimbing Dr. H. Antar Venus, MA. Comm. Fenomena komunikasi yang
terjadi dalam proses konsultasi kesehatan antara pasien dan dokter menjadi hal
penting untuk diperhatikan keduanya, agar tercapai komunikasi yang efektif serta
mencapai tujuan yang diharapkan. Tesis ini bertujuan untuk memahami makna
komunikasi, motif pasien melakukan komunikasi dan perilaku komunikasi pasien
dengan dokter dalam proses konsultasi kesehatan di rumah sakit.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis studi
fenomenologi. Subjek penelitiannya adalah pasien penyakit systemic lupus yang
dipilih secara purposive. Pengumpulan data utamanya diperoleh melalui
wawancara mendalam. Hasil penelitian mengungkapkan, bahwa makna
komunikasi bagi pasien terbagi 3 kategori, yakni pengertian, tujuan dan dampak.
Motif pasien melakukan komunikasi terbagi menjadi dua yakni Pertama, motif
untuk kesembuhan dan potensial. Kedua adalah motif karena kebutuhan,
kebiasaan dan pengaruh. Terkait perilaku komunikasi pasien terbagi menjadi dua
kategori yakni perilaku komunikasi positif dan negative baik verbal maupun
nonverbal. Perilaku komunikasi positif (verbal) diantaranya empati, suportif, dan
efektif. Sedang (nonverbal) diantaranya senyuman, tatapan mata, dan jabatan
tangan. Perilaku komunikasi yang bernuansa negatif, secara verbal diantaranya
adalah ketidakpedulian, menghindar, dan ketidakpatuhan. Komunikasi secara
nonverbal berupa menunduk.
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.