Detail Cantuman

Image of PERANCANGAN STROOP COLOR-NAMING TASK UNTUK MENGUKUR BIAS ATENSI PADA REMAJA DENGAN TEST ANXIETY

Text  

PERANCANGAN STROOP COLOR-NAMING TASK UNTUK MENGUKUR BIAS ATENSI PADA REMAJA DENGAN TEST ANXIETY


Test anxiety (TA) merupakan kecemasan yang terjadi ketika seseorang berada dalam
situasi penilaian, misalnya tes, ujian, ulangan. Tes atau ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    010030008349153.9 Dew pPerpustakaan Pusat (Reference Kls. 100 REF.19.21.1)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    153.9 Dew p/R.19.21.1
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xvii, 120 hlm. ; ill. ; 29,5 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    153.9
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    Reference
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Test anxiety (TA) merupakan kecemasan yang terjadi ketika seseorang berada dalam
    situasi penilaian, misalnya tes, ujian, ulangan. Tes atau ujian merupakan salah satu
    bagian penting dalam kehidupan seseorang, khususnya selama masa pendidikan.
    Siswa seringkali mengalami tekanan, perasaan cemas, dan perasaan tidak nyaman
    ketika akan dan selama ujian, yang dapat berdampak pada prestasi hasil belajar yang
    tidak maksimal. Pada individu dengan TA, situasi penilaian dimaknakan sebagai
    sesuatu yang mengancam dan membahayakan, dikarenakan ia memiliki pengalaman
    buruk terkait penilaian yang dialami sendiri atau orang lain. Individu dengan TA
    mengalami bias atensi yang membuat mereka cenderung memfokuskan atensinya pada
    situasi terkait penilaian sebagai ancaman yang menyebabkan upaya penyelesaian tugas
    utama menjadi terdistraksi. Pengukuran mengenai TA dengan menggunakan metode
    implisit telah dikembangkan oleh Lawson (2006). Namun di Indonesia pengukuran ini
    belum pernah dikembangkan. Penelitian ini merupakan upaya awal untuk
    mengembangkan pengukuran implisit dengan menggunakan Stroop color-naming
    task. Karakteristik partisipan dalam penelitian ini adalah siswa SMP yang dibagi
    kedalam kelompok TA tinggi (n = 43) dan kelompok TA rendah (n = 41)
    menggunakan norma kelompok berdasarkan hasil kuesioner Reactions to Tests (RTT)
    dari Sarason (1984). Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu l ) pemilihan kata­
    kata stimuli yang berkaitan dengan situasi tes dan kata netral; 2) merancang Stroop
    col or-naming task; dan 3) melakukan pengukuran bias atensi pada kata yang berkaitan
    dengan tes dengan cara membandingkan waktu reaksi kelompok eksperimen dan
    kontrol dalam menekan tombol warna pada keyboard yang sesuai dengan warn a kata
    threat, yang berkaitan dengan situasi tes (test threat-stimuli words) dan kata netral,
    yang berupa kata benda (neutral words). Hasil dari pengukuran Stroop color-naming
    task menunjukkan bahwa kelompok TA tinggi memiliki waktu reaksi yang lebih lama
    untuk merespon kata yang berkaitan dengan situasi tes (test threat-stimuli words) dan
    berbeda secara signifikan jika dibandingkan dengan kelompok TA rendah (Sig. =
    0.009).
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi