Text
PENGARUH STRATEGI PEMASARAN UNTUNG BELIUNG BRITAMA TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI BRI KANTOR CABANG DEWI SARTIKA BANDUNG
Pasar perbankan senantiasa berubah dan dinamis, terlebih dalam dunia modem seperti saat mi.
Menghadapi kenyataan demikian, perusahaan ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001100700101 658.8 Iqb p/R.12.327 Perpustakaan Pusat (REF.12.327) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 658.8 Iqb p/R.12.327Penerbit Magister Ekonomi Dan Bisnis : Bandung., 2010 Deskripsi Fisik xii,;104 hlm,;29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 658.8 Iqb pTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Muhammad Iqbal -
Pasar perbankan senantiasa berubah dan dinamis, terlebih dalam dunia modem seperti saat mi.
Menghadapi kenyataan demikian, perusahaan dituntut untuk dapat mengembangkan strategi pemasaran
yang aktif serta senantiasa mengikuti perkembangan teknologi dan ekonomi. Jumlah bank pesaing yang
relative banyak menuntut PT. BRI harus memiliki kinerja bank yang baik serta mampu bersaing,
mengingat pada masa mendatang persaingan antar bank akan semakin kompleks dengan tingkat
perubahan masyarakat yang semakin cepat. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menargetkan
penambahan jumlah nasabah baru sebesar 4 juta rekening dalam tahun ini. Penambahan ini diharapkan
dicapai melalui program Untung Beliung Britama Program undian Untung Beiiung Britama ini terbuka
bagi seluruh nasabah tabungan BR! Britama di seluruh Indonesia, baik nasabah lama maupun nasabah
baru
Penelitian ini secara khusus ditujukan untuk menunjukkan pemahaman mengenai seberapa besar
pengaruh strategi pemasaran Untung Beliung Britama terhadap loyalitas nasabah di BR! kantor cabang
Dewi Sartika Bandung.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif melalui penelitian lapangan dengan
penyebaran kuesioner dan studi kepustakaan. Penelitian .lapangan dilakukan dengan melakukan
wawancara dan penyebaran kuesioner kepada nasabah yang mengikuti program Untung Beliung
BRITAMA. Dalam studi kepustakaan, data dan informasi dikumpulkan melalui penelitian dokumenter
dan dianalisis untuk memperkuat hasil penelitian lapangan.
Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa
implementasi strategi Program Untung Beliung Britama secara garis besar sudah terlaksana dengan baik
hal ini terlihat dari product strategy yang meliputi keanekaragaman produk, kelengkapan informasi
promo dan penyajian yang digarap dengan apik. Begitupun dengan price strategy, dilihat dari suku bunga
maupun hadiah dinilai nasabah cukup menarik. Hanya saja sistem penarikan undian masih dinilai kurang
menguntungkan nasabah. Yang menyangkut place strategy seperti tersedianya jumlah cabang pemberi
layanan dianggap cukup memadai, termasuk di dalamnya distribusi informasi. Hal lain yang dianggap
menguntungkan nasabah adalah pemberlakuan program yang dapat diikuti oleh nasabah dengan saldo
minimum. Hanya saja ada beberapa hal seperti pelayanan program yang kurang baik dan cabang BR!
yang dinilai kurang memadai. Hal lain yang menyangkut promotion strategy Program Untung Beliung
Britama dinilai nasabah sudah cukup baik, mulai dari daya tarik pes an, hadiah maupun akurasi informasi.
Penilaian nasabah mengenai loyalitas, untuk jasa baik dilihat dari pembelian jasa bank,
kecenderungan untuk menabung maupun penambahan frekuensi tidak terpengaruh oleh Program Untung
Beliung Britama. Hal serupa juga berlaku untuk pembelian produk bank lain yang ditawarkan kepada
responden, karena yang terpenting bagi mereka pilihan dijatuhkan karena mereka sudah merasa senang
dan puas dengan adanya program Untung Beliung Britama sehingga nasabah bersedia merekomendasikan
program ini kepada Iingkungan di mana mereka berinteraksi. Keberadaan Program Untung Beliung
Britama .dinilai nasabah sebagai program yang berdaya saing tinggi, hanya saja kelengkapan informasi
yang disajikan masih dianggap kurang. -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.