Detail Cantuman

Image of Strategi Penyajian Informasi Koleksi Wayang Kulit Melalui Media Interaktif Pada Ruang Tata Pamer Museum Wayang Jakarta

Text  

Strategi Penyajian Informasi Koleksi Wayang Kulit Melalui Media Interaktif Pada Ruang Tata Pamer Museum Wayang Jakarta


ABSTRAK

Penulisan tesis yang berjudul Strategi Penyampaian Informasi Koleksi
Wayang Kulit Melalui Media Interaktif pada Ruang ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001110700179069 Dwi sPerpustakaan Pusat (Referensi 18.6)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    069 Dwi s
    Penerbit : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    180320090016
    Klasifikasi
    069 Dwi s
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    Referensi
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK

    Penulisan tesis yang berjudul Strategi Penyampaian Informasi Koleksi
    Wayang Kulit Melalui Media Interaktif pada Ruang Tata Pamer Museum
    Wayang Jakarta bertujuan untuk meningkatkan keefektifan sistem tata pameran
    yang mampu menyediakan informasi yang komunikatif dan memadai bagi
    pengunjung. Saat ini, kondisi faktual penyajian koleksi di ruang tata pamer
    Museum Wayang Jakarta belum optimal, karena koleksi yang disajikan belum
    memiliki alur yang jelas dan juga penyajian koleksi wayang kulit masih berbaur
    dengan koleksi wayang lainnya antara lain, wayang golek, wayang beber, wayang
    klitik, dan lain sebagainya.

    Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif.

    Data yang diperoleh secara deskripsi berupa data primer dan sekunder, data
    tersebut kemudia dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan analisa SWOT
    (Strength, Weakness, Opportunity dan Threath).

    Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem tata pameran pada Museum
    Wayang Jakarta masih banyak terdapat kekurangan dan kelemahan antara lain
    adalah kurangnya informasi mengenai koleksi yang disajikan pada ruang tata
    pamer. Oleh karena itu dibutuhkan suatu perencanaan yang serius dan matang
    untuk penyempumaan dan pengembangan sistem tata pameran pada Museum
    Wayang Jakarta. Sistem tata pameran tersebut dapat diwujudkan oleh adanya
    konsep dan model tata pameran yang efektif, struktur informasi yang jelas dan
    mudah dipahami oleh pengunjung, serta adanya penggunaan strategi komunikasi
    yang tepat.

    Kata kunci :

    Penyajian Informasi, Koleksi Wayang Kulit, Museum Wayang Jakarta.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi