MANAJEMEN KUALITAS TERPADU PADA UNIVERSITAS TERBUKA INDONESIA DARI PERSPEKTIF SISTEM MANAJEMEN MUTU
Disertasi ini merupakan suatu kaj ian tentang adopsi Manajemen Kualitas
Terpadu pada Universitas Terbuka - Indonesia dari Perspektif Sistem ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001150100130 658.401 3 Jul m/R.17.509 Perpustakaan Pusat (REF.17.509) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 658.401 3 Jul m/R.17.509Penerbit Program Pascasarjana Unpad : Bandung., 2015 Deskripsi Fisik xx,;230 hlm,;29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 658.401 3Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab JULIANA ARI -
Disertasi ini merupakan suatu kaj ian tentang adopsi Manajemen Kualitas
Terpadu pada Universitas Terbuka - Indonesia dari Perspektif Sistem Manajemen
Mutu. Universitas Terbuka (UT) telah mengadopsi sistem jaminan kualitas sejak
awal tahun 2001 untuk menjawab tantangan dari lingkungan eksternal dan internal
UT terkait kualitas akademik dan manajemen internal, serta untuk mencapai visi,
misi, dan tujuan yang diharapkan secara institusional.
Pada kajian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Informan pada
penelitian ini adalah para pembuat kebijakan kualitas di Kantor UT Pusat (Rektor,
Pembantu Rektor, Dekan, Kepala Pusat Jaminan Kualitas, Kepala Pusat
Pengembangan Sumber Daya Manusia), pelaksana kebijakan kualitas (Ketua
Jurusan, Kepala UPBJJ-UT) dan pengendali pelaksanaan kebijakan kualitas
(Konsultan Sistem Manajemen Mutu, para auditor Internal dan Eksternal). Untuk
memperoleh data dan informasi, penulis menggunakan metode wawancara,
diskusi kelompok terfokus, observasi dan studi dokumentasi.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa sebelas prinsip manajemen kualitas
terpadu (TQM) belum seluruhnya dapat diadopsi dengan baik, karena
keterbatasan pemahaman tentang prinsip-prinsip TQM di lingkungan staf UT.
Diantara sebelas prinsip TQM, yang sudah dapat diadopsi dengan baik (walaupun
belum dapat mencapai tataran ideal) oleh UT adalah prinsip-prinsip: 1)
Didasarkan pada strategi, 2) Obsesi terhadap kualitas, 3) Komitmen jangka
panjang, 4) Kerja kelompok, 5) Perbaikan sistem secara terus menerus, 6)
Kebebasan melalui kontrol, 7) Kesatuan tujuan, dan 8) Pelibatan dan pemberian
wewenang kepada karyawan. Hal ini tidak terlepas dari dukungan konsistensi
komitmen pimpinan dan penerapan sistem manajemen mutu berstandar ISO 9001.
Kajian ini menyimpulkan bahwa dalam proses adopsi prinsip-prinsip
manajemen kualitas terpadu pada organisasi PTJJ seperti Universitas Terbuka,
diperlukan strategi sosialisasi dan internalisasi yang rasional, sistematis,
terstruktur dan terus menerus untuk diperoleh hasil yang maksimal. -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.