Detail Cantuman

Image of MANAJEMEN KUALITAS TERPADU PADA UNIVERSITAS TERBUKA INDONESIA DARI PERSPEKTIF SISTEM MANAJEMEN MUTU

 

MANAJEMEN KUALITAS TERPADU PADA UNIVERSITAS TERBUKA INDONESIA DARI PERSPEKTIF SISTEM MANAJEMEN MUTU


Disertasi ini merupakan suatu kaj ian tentang adopsi Manajemen Kualitas
Terpadu pada Universitas Terbuka - Indonesia dari Perspektif Sistem ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001150100130658.401 3 Jul m/R.17.509Perpustakaan Pusat (REF.17.509)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    658.401 3 Jul m/R.17.509
    Penerbit Program Pascasarjana Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xx,;230 hlm,;29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    658.401 3
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Disertasi ini merupakan suatu kaj ian tentang adopsi Manajemen Kualitas
    Terpadu pada Universitas Terbuka - Indonesia dari Perspektif Sistem Manajemen
    Mutu. Universitas Terbuka (UT) telah mengadopsi sistem jaminan kualitas sejak
    awal tahun 2001 untuk menjawab tantangan dari lingkungan eksternal dan internal
    UT terkait kualitas akademik dan manajemen internal, serta untuk mencapai visi,
    misi, dan tujuan yang diharapkan secara institusional.

    Pada kajian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Informan pada
    penelitian ini adalah para pembuat kebijakan kualitas di Kantor UT Pusat (Rektor,
    Pembantu Rektor, Dekan, Kepala Pusat Jaminan Kualitas, Kepala Pusat
    Pengembangan Sumber Daya Manusia), pelaksana kebijakan kualitas (Ketua
    Jurusan, Kepala UPBJJ-UT) dan pengendali pelaksanaan kebijakan kualitas
    (Konsultan Sistem Manajemen Mutu, para auditor Internal dan Eksternal). Untuk
    memperoleh data dan informasi, penulis menggunakan metode wawancara,
    diskusi kelompok terfokus, observasi dan studi dokumentasi.

    Temuan penelitian menunjukkan bahwa sebelas prinsip manajemen kualitas
    terpadu (TQM) belum seluruhnya dapat diadopsi dengan baik, karena
    keterbatasan pemahaman tentang prinsip-prinsip TQM di lingkungan staf UT.
    Diantara sebelas prinsip TQM, yang sudah dapat diadopsi dengan baik (walaupun
    belum dapat mencapai tataran ideal) oleh UT adalah prinsip-prinsip: 1)
    Didasarkan pada strategi, 2) Obsesi terhadap kualitas, 3) Komitmen jangka
    panjang, 4) Kerja kelompok, 5) Perbaikan sistem secara terus menerus, 6)
    Kebebasan melalui kontrol, 7) Kesatuan tujuan, dan 8) Pelibatan dan pemberian
    wewenang kepada karyawan. Hal ini tidak terlepas dari dukungan konsistensi
    komitmen pimpinan dan penerapan sistem manajemen mutu berstandar ISO 9001.

    Kajian ini menyimpulkan bahwa dalam proses adopsi prinsip-prinsip
    manajemen kualitas terpadu pada organisasi PTJJ seperti Universitas Terbuka,
    diperlukan strategi sosialisasi dan internalisasi yang rasional, sistematis,
    terstruktur dan terus menerus untuk diperoleh hasil yang maksimal.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi