Detail Cantuman

Image of STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK CALON BUPATI PETAHANA PADA PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH KABUPATEN SEKADAU TAHUN 2010

 

STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK CALON BUPATI PETAHANA PADA PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH KABUPATEN SEKADAU TAHUN 2010


Kemenangan mutlak ealon bupati petahana dalam Pilkada Kabupaten Sekadau
merupakan merupakan kajian ilmu politik yang dapat dijelaskan dalam ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001130100002320 Yov s/R.17.258Perpustakaan Pusat (REF.17.258)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    320 Yov s/R.17.258
    Penerbit Program Pascasarjana Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiv,;255 hlm,;29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    320 Yov s
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Kemenangan mutlak ealon bupati petahana dalam Pilkada Kabupaten Sekadau
    merupakan merupakan kajian ilmu politik yang dapat dijelaskan dalam aspek strategi
    komunikasi politik. Komunikasi politik sebagai ujung tombak dalam peneitraan figur
    ealon bupati petahana dapat memberikan gambaran terhadap adanya berbagai saluran
    komunikasi politik sehingga berbagai program dan isu politik yang disampaikan oleh
    ealon petahana sampai hingga kepada komunitas masyarakat pemilih. Oleh karena
    itu penelitian ini berfungsi untuk meneari jawaban tentang mengapa ealon petahana
    kembali terpilih sebagai bupati Kab. Sekadau Tahun 2010, serta menjelaskan pula
    berbagai aspek dan fenomena komunikasi politik yang terjadi pada penyelenggaraan
    Pilkada bupati Kab. Sekadau Tahun 2010.

    Untuk memahami berbagai permasalahan terkait dengan penelitian terhadap
    Strategi Pemenangan ealon petahana yang memfokuskan kajiannya pada aspek
    komunikasi politik pada Pilkada Bupati Kab. Sekadau Tahun 2010, maka metode
    yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif Deskriptif. Hal tersebut
    sesuai dengan maksud dan tujuan penelitian ini yang ingin memberikan gambaran
    secara komprehensif dan mendalam terhadap berbagai fenomena strategi komunikasi
    politik dalam penyelenggaraan Pilkada bupati Kabupaten Sekadau Tahun 2010.

    Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membangun
    strategi komunikasi politik menyebabkan popularitas figur ealon petahana dalam
    penyelenggaraan Pilkada bupati Kabupaten Sekadau Tahun 2010 menjadi meningkat
    pesat. Paparan terhadap berbagai eapaian dan keberhasilan pembangunan yang telah
    diimplementasikan selama masa lima tahun periode pertama pemerintahannya,
    merupakan hal khusus yang tidak dimiliki oleh ealon bupati lain. Berbagai paparan
    tentang data - data empiris yang dapat dilihat dan dirasakan langsung oleh
    masyarakat merupakan keunggulan dari klaim - klaim keberhasilan yang di bawa
    calon petahana dalam berbagai agenda politik untuk pemenangan Pilkada.
    Sinergisitas antara kemapanan penyusunan berbagai isu politik yang populer di
    masyarakat dengan berbagai saluran komunikasi politik berdampak pada penyebaran
    isu politik seeara merata hingga ke pelosok daerah.

    Penelitian ini menyimpulkan bahwa figur calon kepala daerah petahana
    merupakan faktor utama yang membentuk dukungan mayoritas dari masyarakat
    pemilih. Di samping itu sinergisitas antara figur calon petahana yang tercermin
    dalam visi misi yang di usung beserta pemanfaatan maksimal terhadap berbagai
    media komunikasi massa memiliki pengaruh yang besar bagi kemenangan ealon
    kepala daerah petahana. Hal ini sesuai dengan pernyataan yang mengungkapkan
    bahwa, pihak yang mampu menguasai media massa juga akan mampu untuk
    menguasai pilihan publik.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi