Detail Cantuman

Image of PENGARUH DAYA TARIK PASAR DAN KEUNIKAN SUMBER DAYA TERHADAP STRATEGI BERSAING DAN KREASI NILAI SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA BISNIS

 

PENGARUH DAYA TARIK PASAR DAN KEUNIKAN SUMBER DAYA TERHADAP STRATEGI BERSAING DAN KREASI NILAI SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA BISNIS


Peran industri strategis sangatlah penting, khususnya sebagai penunjang industri
pengolahan menuju industri berteknologi tinggi, menciptakan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001130100145658 Yul p/R.12.227Perpustakaan Pusat (REF.12.227)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    658 Yul p/R.12.227
    Penerbit Program doktor fakultas ekonomi UNPAD : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xv,;239 hlm,;29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    658 Yul p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Peran industri strategis sangatlah penting, khususnya sebagai penunjang industri
    pengolahan menuju industri berteknologi tinggi, menciptakan sinergi dan mempersiapkan
    pembangunan prasarana yang lengkap dalam rangka mendukung pembangunan ekonomi
    nasional dan membangun industri pertahanan yang dibutuhkan. Si si ironi yang terjadi
    adalah sedemikian pentingnya peran sektor industri ini akan tetapi lebih dari 10 tahun
    terakhir sektor industri strategis malah semakin terpuruk. Fakta yang ada dari hasil survey
    pendahuluan (Maret, 2012), pada umumnya Unit-unit Bisnis Industri Strategis masih sulit
    untuk mencapai target penjualan capaian target pada umumnya dalam kurun waktu lima
    tahun terakhir sulit mencapai 80%, apa lagi mencapai 100 % atau lebih. Keuntungan yang
    diperoleh masih kecil dan bahkan ada beberapa Unit Bisnis yang merugi.

    Tidak optimalnya kinerja bisnis industri strategis berbasis pertahanan dewasa ini
    diduga disebabkan karena masih memiliki kelemahan dalam perancangan strategi bersaing
    serta penciptaan kreasi nilai (value creation) cenderung belum sepenuhnya mengacu
    kepada tuntutan pasar, serta disamping itu tidak maksimalnya kinerja bisnis industri
    strategis, juga ditunjang oleh belum mampunya pihak manajemen mengekplorasi daya
    tarik pasar di wilayah operasinya secara optimal, serta masih banyak peluang bisnis yang
    tampaknya masih sui it untuk dimanfaatkan. Dari fenomena di atas jelas bahwa industri
    strategis berbasis pertahanan saat ini belum mampu secara seksama melakukan antisipasi
    peluang bisnis yang ada, belum siap berkompetisi secara inten karena masih terbatasnya
    sumber daya, serta masih sulitnya mengakses pasar karena keterbatasan kapabilitas SDM
    dan sarana penunjang.

    Berdasarkan uraian di atas, maka menarik dikaji ke dalam sebuah penelitian dengan
    tujuan untuk menggali dan mengkaji data dan informasi tentang pengaruh daya tarik pasar,
    keunikan sumber daya terhadap strategi bersaing dan kreasi nilai serta implikasinya pada
    kinerja bisnis unit bisnis industri strategis berbasis pertahanan di Indonesia. Adapun tipe
    penyelidikan yang digunakan adalah kausalitas yakni melakukan pengujian hubungan dan
    pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat. Pendekatan analisis serta teknik solusi
    yang akan dipergunakan sebagai alat analisis (tool analysis) di dalam penelitian ini adalah
    Partial Least Square (PLS). PLS merupakan metode altematif analisis dengan Structural
    Equation Modelling (SEM) yang berbasis variance.

    Dari hasil pengujian hipotesis verifikatif terungkap bahwa keunikan sumber daya
    Unit-Unit Bisnis Industri Strategis Berbasis Pertahanan memiliki pengaruh yang dominan
    bila dibandingkan dengan pengaruh daya tarik pasar dalam menciptakan strategi bersaing
    dan mengembangkan kreasi nilai.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi