KOMUNIKASI DALAM TRANSFORMASIBUDAYA PERUSAHAAN : Studi Kasus mengenai Perubahan Budaya Perusahaan melalui Program Implementasi Nilai-Nilai Budaya di PT Dahana (Persero) Tasikmalaya
Disertasi IDI berjudul Komunikasi Dalam Transformasi Budaya
Perusahaan. Studi Kasus Mengenai Perubahan Budaya Perusahaan Melalui
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 0100113010041 302.2 Per k/R.17.107 Perpustakaan Pusat (REF.17.107) Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 302.2 Per k/R.17.107Penerbit Program Pascasarjana Unpad : Bandung., 2013 Deskripsi Fisik xvii,;401 hlm,;29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 302.2 Per kTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Susie Perbawasari -
Disertasi IDI berjudul Komunikasi Dalam Transformasi Budaya
Perusahaan. Studi Kasus Mengenai Perubahan Budaya Perusahaan Melalui
Program-Program Implementasi Nilai-nilai Budaya Baru di PT Dahana (Persero)
Tasikmalaya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman karyawan
mengenai budaya lama sebelum dilakukan transformasi budaya perusahaan,
mengetahui pemahaman karyawan mengenai budaya baru setelah dilakukan
transformasi budaya peru sahaan , serta mengetahui program-program
implementasi budaya baru perusahaan.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan paradigma
konstruktivisme, dan jenis studi adalah Studi Kasus.Subjek penelitian adalah
pimpinan dan karyawan di lingkungan PT Dahana (Persero) serta orang-orang
yang terkait dengan transformasi budaya perusahaan yang dipilih secara
purposive.Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi
langsung, serta analisis dokumen.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa karyawan memahami budaya
lama perusahaan sebagai budaya kekeluargaan, kepemimpinan, santai, birokrasi,
kurang kompetitif, kurang client oriented, tidak berbasis kompetensi.Hasil
pemahaman tersebut peneliti kelompokkan menjadi dua kategori, yaitu nilai
budaya yang positif yakni kekeluargaan dan kepemimpinan serta nilai budaya
yang negatif yang terdiri atas santai, birokrasi, kurang kompetitif, kurang client
oriented, tidak berbasis kompetensi.
Karyawan memahami budaya baru perusahaan sebagai budaya yang
memiliki nilai disiplin, adanya reward dan punishment, efisien, berdasarkan
kompetensi, mengutamakan pendidikan adalah nilai budaya yang positif;
sementara nilai budaya yang negatif adalahkurang adanya keteladanan.
Program-program yang dilaksanakan dalam upaya implementasi budaya
perusahaan dikategorikan menjadi empat jenis yaitu program yang
dikompetisikan, program pembinaan, program pendidikan,serta sarana penunjang
lairmya.Faktor pendukung dalam transformasi budaya perusahaan adalah karena
PT Dahana (Persero) merupakan leader dalam perusahaan sejenis, adanya
penerimaan dan dukungan dari karyawan, kebanggaan bagi karyawan, serta
karyawan respek dan responsif. Adapun faktor yang menjadi kendala dalam
transformasi budaya perusahaan adalah karyawan tidak mudah dipersuasi untuk
melakukan perubahan, kurang adanya pemahanan dari karyawan, program tidak
dilaksanakan secara kontinyu dan konsisten, adanya kendala lokasi yang terpisah
di tiga tempat yaitu Tasikmalaya, Jakarta, dan Subang, kurang adanya keteladanan
dari pimpinan sebagai komunikator, karyawan ada yang ke luar masuk dari
perusahaan, dan adanya kendala struktural. -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.