Detail Cantuman

Image of KOMUNIKASI DALAM TRANSFORMASIBUDAYA PERUSAHAAN : Studi Kasus mengenai Perubahan Budaya Perusahaan melalui Program Implementasi Nilai-Nilai Budaya di PT Dahana (Persero) Tasikmalaya

 

KOMUNIKASI DALAM TRANSFORMASIBUDAYA PERUSAHAAN : Studi Kasus mengenai Perubahan Budaya Perusahaan melalui Program Implementasi Nilai-Nilai Budaya di PT Dahana (Persero) Tasikmalaya


Disertasi IDI berjudul Komunikasi Dalam Transformasi Budaya
Perusahaan. Studi Kasus Mengenai Perubahan Budaya Perusahaan Melalui

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    0100113010041302.2 Per k/R.17.107Perpustakaan Pusat (REF.17.107)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    302.2 Per k/R.17.107
    Penerbit Program Pascasarjana Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xvii,;401 hlm,;29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    302.2 Per k
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Disertasi IDI berjudul Komunikasi Dalam Transformasi Budaya
    Perusahaan. Studi Kasus Mengenai Perubahan Budaya Perusahaan Melalui
    Program-Program Implementasi Nilai-nilai Budaya Baru di PT Dahana (Persero)
    Tasikmalaya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman karyawan
    mengenai budaya lama sebelum dilakukan transformasi budaya perusahaan,
    mengetahui pemahaman karyawan mengenai budaya baru setelah dilakukan
    transformasi budaya peru sahaan , serta mengetahui program-program
    implementasi budaya baru perusahaan.

    Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan paradigma
    konstruktivisme, dan jenis studi adalah Studi Kasus.Subjek penelitian adalah
    pimpinan dan karyawan di lingkungan PT Dahana (Persero) serta orang-orang
    yang terkait dengan transformasi budaya perusahaan yang dipilih secara
    purposive.Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi
    langsung, serta analisis dokumen.

    Hasil penelitian mengungkapkan bahwa karyawan memahami budaya
    lama perusahaan sebagai budaya kekeluargaan, kepemimpinan, santai, birokrasi,
    kurang kompetitif, kurang client oriented, tidak berbasis kompetensi.Hasil
    pemahaman tersebut peneliti kelompokkan menjadi dua kategori, yaitu nilai
    budaya yang positif yakni kekeluargaan dan kepemimpinan serta nilai budaya
    yang negatif yang terdiri atas santai, birokrasi, kurang kompetitif, kurang client
    oriented, tidak berbasis kompetensi.

    Karyawan memahami budaya baru perusahaan sebagai budaya yang
    memiliki nilai disiplin, adanya reward dan punishment, efisien, berdasarkan
    kompetensi, mengutamakan pendidikan adalah nilai budaya yang positif;
    sementara nilai budaya yang negatif adalahkurang adanya keteladanan.

    Program-program yang dilaksanakan dalam upaya implementasi budaya
    perusahaan dikategorikan menjadi empat jenis yaitu program yang
    dikompetisikan, program pembinaan, program pendidikan,serta sarana penunjang
    lairmya.Faktor pendukung dalam transformasi budaya perusahaan adalah karena
    PT Dahana (Persero) merupakan leader dalam perusahaan sejenis, adanya
    penerimaan dan dukungan dari karyawan, kebanggaan bagi karyawan, serta
    karyawan respek dan responsif. Adapun faktor yang menjadi kendala dalam
    transformasi budaya perusahaan adalah karyawan tidak mudah dipersuasi untuk
    melakukan perubahan, kurang adanya pemahanan dari karyawan, program tidak
    dilaksanakan secara kontinyu dan konsisten, adanya kendala lokasi yang terpisah
    di tiga tempat yaitu Tasikmalaya, Jakarta, dan Subang, kurang adanya keteladanan
    dari pimpinan sebagai komunikator, karyawan ada yang ke luar masuk dari
    perusahaan, dan adanya kendala struktural.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi